Daftar Program Beasiswa Rutin Untuk Mahasiswa S1 Dalam Negeri

Banyak orang yang mengubur impiannya melanjutkan pendidikan karena terbentur biaya. Padahal ada banyak sekali kesempatan untuk bisa berkuliah walau kondisi ekonomi tidak memungkinkan, salah satunya dengan memanfaatkan berbagai program beasiswa.

Pada kesempatan kali ini, Esai Edukasi akan membagikan daftar 9 program beasiswa rutin untuk jenjang S1 dalam negeri. Silahkan baca dan semoga bermanfaat.

daftar beasiswa S1 / esaiedukasi.com
Daftar Beasiswa Untuk Jenjang S1

1. Djarum Beasiswa Plus


Beasiswa Djarum Plus merupakan salah satu program menarik yang harus kamu coba. Program ini terbuka dan bisa diikuti oleh semua mahasiswa S1 ataupun D4 yang telah berada di semester 4 dan terdaftar sebagai mahasiswa di perguruan tinggi yang telah menjadi mitra Djarum Beasiswa Plus.

Setiap pemegang beasiswa S1 dalam negeri satu ini akan mendapatkan dana pendidikan setiap bulan selama satu tahun. Program Djarum Beasiswa Plus juga akan membekali para mahasiswa dengan berbagai program pelatihan untuk mengembangkan soft skills dari praktisi dan pelaku bisnis berpengalaman. Tertarik? Segera cari tahu infonya di situs resmi Djarum Plus 

2. Beasiswa BCA Finance


Pilihan Beasiswa S1 selanjutnya adalah Beasiswa BCA Finance yang rutin diselenggarakan oleh Bank Central Asia. Ternayta pesyaratan yang diperlukan untuk mendaftar beasiswa ini cukup standar, yaitu nilai IPK minimal 3.00 untuk PTN dan 3.40 untuk PTS dan bisa diikuti semua mahasiswa S1 di seluruh Indonesia.

Namun, yang bisa mengikuti beasiswa ini harus mahasiswa yang berada di semester 2 perkuliahan atau lebih tinggi.

Beasiswa BCA Finance akan mensupport mahasiswa hingga semester 8. Penasaran? Silahkan daftar dan cari tahu syarat lebih lanjut di https://www.bcafinance.co.id/

3. Beasiswa Astra 1st


Yayasan Toyota dan Astra atau YTA juga memberikan program beasiswa setiap tahunnya.

Beasiswa dari PT Astra Internasional ini bisa diikuti oleh mahasiswa yang berada di Pulau Jawa semester 2,4, atau 6, khususnya yang berada di jurusan jurusan Teknik, Ekonomi, Psikologi, IT, dan Statistik.

Selain support dana studi, peserta program Beasiswa Astra 1st juga akan dibekali dengan berbagai pelatihan-pelatihan oleh tenaga profesional.

Kunjungi https://www.astra.co.id/CSR/Foundation/YAYASAN-TOYOTA-DAN-ASTRA-YTA untuk melihat syarat dan ketentuan selengkapnya.

4. Beasiswa BFI Finance


Ini adalah program beasiswa rutin yang menjadi favorit para calon mahasiswa di Indonesia. Program beasiswa kuliah S1 selanjutnya adalah bentuk CSR dari BFI Finance dimana pemegang beasiswa tak hanya mendapatkan dana pendidikan untuk menyelesaikan kuliah tapi juga jaminan untuk bisa bekerja di perusahaan BFI Finance sebagai peserta Management Trainee Program (MTP) BFI Finance.

Tak hanya biaya kuliah hingga maksimal semester 9, peserta beasiswa juga akan dibekali uang saku dan tunjangan lainnya untuk mendukung program pendidikan mahasiswa.

Pelajari persyaratannya di https://www.bfi.co.id/good-corporate-governance/corporate-social-responsibility/scholarship-program

5. Beasiswa Sampoerna Foundation


PT HM Sampoerna, Tbk juga merupakan salah satu perusahaan yang memiliki program beasiswa S1 yang diselenggarakan melalui Sampoerna Foundation. Program beasiswa S1 yang ditujukan untuk mahasiswa-mahasiswa berprestasi ini memiliki tujuan untuk membangun pelajar yang memiliki semangat tinggi membangun negeri. Hal menarik dari beasiswa ini adalah pemberian uang saku untuk mahasiswa.

Sangat menarik bukan? Cari info selengkapnya di www.sampoernafoundation.org/id.

6. Beasiswa Unggulan


Beasiswa Unggulan yang merupakan program beasiswa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Program beasiswa S1 ini terbagi menjadi 3 jenis beasiswa, yaitu “Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi”, “Beasiswa Unggulan 3T”, dan “Beasiswa Unggulan Pegawai Kemendikbud”

Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi adalah program beasiswa yang bisa diikuti mahasiswa yang maksimal berada di semester 2 dalam negeri untuk jenjang pendidikan S1 hingga S3 dan memiliki prestasi di berbagai bidang.

Sedangkan program Beasiswa Unggulan 3T ditujukan bagi masyarakat yang berasal dari daerah 3T di beberapa provinsi di Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri pada jenjang S1 hingga S3.

Dan untuk program Beasiswa Unggulan Pegawai Kemendikbud hanya bisa diikuti Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia di pemerintahan.

Kunjungi https://buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/ untuk mengetahui tahapan dan proses yang harus dilalui sebelum menerima Program Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud.

7. Beasiswa BidikMisi


Ini adalah favorit mahasiswa se-Indonesia, yaitu Program Beasiswa BidikMisi yang diselenggarakan Dikti.

Program beasiswa ini bisa diikuti mahasiswa program D3, D4, dan juga S1 dan bisa diikuti oleh pelajar yang masih calon mahasiswa atau masih dalam proses pendaftaran kuliah atau telah diterima hingga mahasiswa yang telah berkuliah selama mahasiswa tersebut belum memasuki semester 2 perkuliahan.

Walau banyak isu miring yang beredar di sosial media terkait banyaknya calon mahasiswa yang sebenarnya tidak layak menerima program ini, namun nampaknya itu tak mengurangi minat para pelajar untuk menjajal.

Segera cari tahu apa yang harus Anda persiapkan jika berminat. Semua bisa dilihat di https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

8. BBP-PPA


Kesempatan untuk mendapatkan beasiswa lainnya datang dari Program Beasiswa BBM/PPA yang dikelola KOPERTIS / LLDIKTI. Dalam program tersebut, Dikti memberkan bantuan pembiayaan dengan nominal tertentu yang bisa diikuti mahasiswa yang berada di semester semester 2 hingga semester 8 perkuliahan.

Program beasiswa ini akan memberikan bantuan dana pendidikan selama 2 semester bagi mahasiswa terpilih. Banyak kampus yang mendapat dana bantuan ini, silahkan bertanya ke rektorat atau bagian administrasi. Bisa juga kunjungi halaman website https://beasiswa.uai.ac.id/beasiswa-kopertis/ untuk gambaran lebih lanjut.

9. Beasiswa OSC


Medcom juga menyelenggarakan program beasiswa yang menarik dengan nama  Online Scholarship Competition. Di sini, peserta yang lolos kompetisi akan berkesempatan untuk mendapat bantuan pendidikan untuk berkuliah di tingkat S1.

Hadiahnya lumayan, antara lain gratis uang pangkal, uang kuliah selama 8 semester dan mendapat sertifikat OSC.

Beberapa kampus ternama yang bekerja sama dengan OSC antara lain Universitas Multimedia Nusantara, President University, Telkom University, dan belasan universitas beken lainnya. Untuk info lebih lanjut, kunjungi https://osc.medcom.id


Demikianlah daftar 9 program beasiswa untuk jenjang S1 yang bisa Anda manfaatkan. Silahkan baca dan daftarkan diri atau putra-putri Anda. Semoga bisa memberi manfaat.

Baca juga artikel menarik seputar pendidikan, parenting dan pengembangan diri hanya di Esai Edukasi.

Post a Comment

0 Comments