Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Profil Pelajar Pancasila Lengkap dengan Buku Tunas Pancasila PDF

Bukan hanya Merdeka Belajar, Kemendikbudristek juga telah menyusun konsep dan program bernama Pelajar Pancasila yang diharapkan mampu menjadikan generasi muda Indonesia lebih tanggap menghadapi perkembangan jaman dengan tetap memegang teguh nilai-nilai kebangsaan dan berkarakter. 

Apa itu Profil Pelajar Pancasila? Apa saja ciri-ciri dan karakteristiknya? Bagaimana menanamkan hal ini kepada para peserta didik?

Pengertian Pelajar Pancasila

6 Profil Pelajar Pancasila Lengkap
profil pelajar pancasila

Apa itu Pelajar Pancasila? 

Jadi Pelajar Pancasila adalah perwujudan dari pelajar Indonesia sebagai insan pelajar sepanjang hayat yang harus berkompetesi global namun tetap berperilaku sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai landasan ideologi bangsa. 

Apa itu Profil Pelajar Pancasila?

Menurut Panduan dari Kemdikbud, Profil Pelajar Pancasila adalah karakter dan kemampuan yang dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap individu peserta didik melalui budaya satuan pendidikan, pembelajaran intrakurikuler, projek penguatan profil pelajar Pancasila, dan ekstrakurikuler

Profil Pelajar Pancasila sendiri merupakan salah satu visi dan misi dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 22 tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kemendikbud 2020-2024

Untuk lebih lengkapnya silahkan unduh Permendikbud No 22 tahun 2020 dalam bentuk PDF untuk bisa lebih memahami.

6 Ciri Profil Pelajar Pancasila

Selanjutnya, ada 6 karakter Profil Pelajar Pancasila. Apa saja 6 Profil Pelajar Pancasila itu? Keenam elemen Pelajar Pancasila sesuai dengan Direktorat Sekolah Dasar tersebut adalah : Beriman, Berkebhinekaan global, Bergotong-royong, Mandiri, Bernalar kritis, dan Kreatif.

Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

Pelajar Indonesia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Ia memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari. 

Ada lima elemen kunci beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia: 

  1. Akhlak beragama.
  2. Akhlak pribadi.
  3. Akhlak kepada manusia.
  4. Akhlak kepada alam.
  5. Akhlak bernegara.

Berkebinekaan Global

Pelajar Indonesia mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain, sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya dengan budaya luhur yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa. Elemen dan kunci kebinekaan global meliputi mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.

Bergotong Royong

Pelajar Indonesia memiliki kemampuan bergotong-royong, yaitu kemampuan untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan. Elemen-elemen dari bergotong royong adalah kolaborasi, kepedulian, dan berbagi.

Mandiri

Pelajar Indonesia merupakan pelajar mandiri, yaitu pelajar yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Elemen kunci dari mandiri terdiri dari kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi serta regulasi diri.

Bernalar Kritis

Pelajar yang bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya. Elemen-elemen dari bernalar kritis adalah memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi pemikiran dan proses berpikir, dan mengambil Keputusan.

Kreatif

Pelajar yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. Elemen kunci dari kreatif terdiri dari menghasilkan gagasan yang orisinal serta menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal.

Implementasi Profil Pelajar Pancasila

Perlu diketahui dalam Kurikulum Merdeka ada bagian khusus mengenai penguatan Profil Pelajar Pancasila, yakni melalui proyek.

Implementasi Profil Pelajar Pancasila merujuk pada langkah taktis dan strategis dalam upaya untuk melaksanakan pembelajaran yang berfokus pada pengembangan karakter dari peserta didik sehingga nantinya mutu lulusan sesuai dengan nilai-nilai dari Pancasila.

Untuk melaksanakan implementasi program Pelajar Pancasila, dalam Kurikulum Merdeka telah dijelaskan adanya pemberian waktu khusus disamping pemberian materi berbasis mata pelajaran. 

Jadi Proyek Pelajar Pancasila diterapkan selayaknya sebuah mata pelajaran terpisah namun mencakup juga semua mata pelajaran yang ada dan diberikan kepada peserta didik. Inilah perwujudan dari pembelajaran holistik. Pada muaranya akan dilakukan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5),

Apa itu P5? P5 atau Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. 

Perlu diketahui bersama, seperti yang tertuang dalam laman Direktorat Sekolah Menengah Pertama, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini pada dasarnya menggunakan jenis pendekatan khusus yang biasa disebut pembelajaran berbasis proyek. Baca selengkapnya di bagian Project Based Learning.

Pada jenjang apa dilakukan proyek penguatan profil Pelajar Pancasila? Pada dasarnya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini akan dilakukan pada setiap jenjang satuan pendidikan, bahkan yang masih menggunakan kurikulum sebelum KurMed.

Tentu saja satuan pendidikan, sesuai dengan konsep Merdeka Belajar memiliki keleluasaan dan kebebasan dalam melaksanakan proyek penguatan karakter dan profil Pelajar Pancasila ini. Meski demikian Kemdikbud sudah memberikan arahan yang baik, salah satunya melalui penerbitan Buku Panduan Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila.

Untuk mempermudah, silahkan ikuti panduan yang ada di buku tersebut. Untuk mendapatkannya, silahkan Unduh Buku Panduan Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila.

Bagaimana dan apa yang diajarkan dalam Projek Profil Pelajar Pancasila?

Pertama-tama tentu saja adalah Pancasila sebagai ideologi bangsa dan pengertian tentang 6 butir Profil Pelajar Pancasila. 

Untuk memahami Pancasila dengan baik, diperlukan suplemen yang tepat. Kemdikbud juga sudah menerbitkan suplemen ini yang bisa diberikan kepada peserta didik melalui pembelajaran yang dilakukan oleh guru sebagai fasilitator pendidikan dan manajer kelas. 

Suplemen itu adalah sebuah buku yang diberi judul Buku Tunas Pancasila. Di dalamnya terdapat berbagai artikel menarik dan materi penting seputar Pancasila yang mudah dipahami.

Silahkan unduh Buku Tunas Pancasila tersebut sehingga dapat membantu dalam proses pembelajaran di kelas masing-masing. 

Selanjutnya silahkan ikuti alur yang sudah dijelaskan dalam unduhan di atas tentang Buku Panduan P5 Pelajar Pancasila yang juga disusun oleh tim dari Kemdikbudristekdikti.

Sedangkan khusus untuk jenjang SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan akan diterapkan P5BK atau Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Budaya Kerja.

Pada implementasinya, P5BK menjadi mata pelajaran yang diterapkan pada kurikulum SMK PK (Pusat Keunggulan). Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk budi pekerti karakter siswa SMK dan akhlak mulia, serta menanamkan budaya kerja melalui enam ciri utama profil pelajar Pancasila. 

Selain itu kegiatan ini bertujuan memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar dalam situasi tidak normal,struktur belajar yang fleksibel, kegiatan belajar yang lebih interaktif, dan juga terlibat langsung dengan lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi.

Mengacu dari tema yang sudah disusun oleh tim Kemdikbudristekdikti untuk jenjang satuan pendidikan SMK Pusat Keunggulan, P5BK SMK untuk tahun 2021/2022 Kemendikbudristek terdiri dari 9 tema. 

Adapun 9 tema P5BK tersebut adalah: 

  1. Kebekerjaan
  2. Budaya Kerja
  3. Kewirausahaan
  4. Gaya hidup berkelanjutan
  5. Kearifan Lokal
  6. Bhineka Tunggal Ika
  7. Bangunlah jiwa dan raganya
  8. Suara Demokrasi
  9. Berkayasa dan Berteknologi untuk membangun NKRI.

Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai hal di atas bisa dilihat pada bagian P5BK pada satuan pendidikan sekolah menengah kejuruan pusat keunggulan.

Dari semua pembahasan di atas terlihat jelas bagaimana pemerintah serius menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada peserta didik. Ditambah lagi semakin hari semakin banyak panduan dan bimbingan yang dilakukan kepada para tenaga pendidik untuk masing-masing jenjang pendidikan, termasuk juga melalui laman internet, media sosial dan diseminasi online.

Tentu semua itu perlu disambut baik oleh semua pihak agar peningkatkan kualitas pendidikan Indonesia bisa segera terwujud.

Adi
Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "6 Profil Pelajar Pancasila Lengkap dengan Buku Tunas Pancasila PDF"