Widget HTML #1

Unduh Permendikbud No 22 Tahun 2020 Tentang Pelajar Pancasila PDF

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah, sedang dan terus bekerja keras untuk memperbaiki serta meningkatkan mutu pembelajaran di tanah air. Salah satunya dengan menerbitkan Permendikbud No 22 Tahun 2020 yang berisi Rencana Strategis untuk tahun 2020-2024.

Ada yang menarik dari peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan kali ini. Apa lagi kalau bukan mengenai peraturan tentang Profil Pelajar Pancasila. 

Seperti diketahui dalam Kurikulum Merdeka yang dicanangkan oleh Mas Menteri, Profil Pelajar Pancasila menempati tempat strategis, yakni sebagai tulang punggung dan landasan utama, berbarengan dengan konsep Merdeka Belajar.

Adapun bahan pertimbangan yang dilakukan dalam menerbitkan peraturan PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 22 TAHUN 2020 TENTANG RENCANA STRATEGIS KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 2020-2024  adalah untuk melaksanakan ketentuan Pasal 19 ayat (2) Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Pasal 17 ayat (3) Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 2006 tentang Tata Cara Penyusunan Rencana Pembangunan Nasional, dan Pasal 17 ayat (2) Peraturan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Nomor 5 Tahun 2019 tentang Tata Cara Penyusunan Rencana Strategis Kementerian/Lembaga Tahun 2020-2024. 

Dalam Permendikbud tentang Pelajar Pancasila tersebut juga, khsusnya pada Bab 1 : Pendahuluan halaman 4, disebutkan karakteristik dari Pelajar Pancasila, yakni :  (1) berkebinekaan global, (2) bergotong royong, (3) kreatif, (4) bernalar kritis, (5) mandiri, dan (6) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.

Peraturan dan Undang-Undang tentang Profil Pelajar Pancasila yang dijelaskan lebih detail melalui rencana strategis Kemdikbud 2020-2024 tersebut bisa menjadi landasan aturan untuk penyelenggaraan P5, yakni Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Download Permendikbud No 22 Tahun 2020 Tentang Pelajar Pancasila

download Permendikbud No 22 Tahun 2020 Tentang Pelajar Pancasila PDF
Permendikbud No 22 Tahun 2020 Tentang Pelajar Pancasila

Untuk memahami Pelajar Pancasila sebagai sebuah inovasi terbaru terkait juga dengan pembelajaran dan pelaksanaan Kurikulum Merdeka, maka sangat perlu untuk membaca detail Permendikbud No 22 Tahun 2020 Tentang Pelajar Pancasila lengkap.

Silahkan Download Permendikbud No 22 Tahun 2020 Tentang Pelajar Pancasila PDF 

Demikianlah artikel kali ini, baca juga materi lainnya terkait Profil Pelajar Pancasila:

Uraian lengkap dari peraturan kementrian pimpinan Mas Menteri Nadiem tersebut bisa diunduh dan sudah dalam bentuk PDF, sehingga mudah untuk dibaca dimana saja menggunakan gadget ataupun dicetak.

Guritno Adi
Guritno Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Unduh Permendikbud No 22 Tahun 2020 Tentang Pelajar Pancasila PDF"