Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Temukan Dia, Sebuah Games Pembelajaran Menyenangkan

Setelah pada kesempatan sebelumnya, esaiedukasi.com berbagi tentang sebuah strategi pembelajaran bernama trading place, maka kali ini kami akan memberikan games edukatif yang disebut temukan dia.

Games ini sangat cocok untuk digunakan sebagai ice-breaker untuk menyegarkan siswa ataupun warming-up ketika akan mulai pembelajaran.

Daftar Isi

Memang tidak semua mata pelajaran cocok untuk diekplorasi menggunakan games ini, namun dengan kreativitas para guru, kami yakin temukan dia akan menjadi sesuatu yang berguna dalam proses belajar mengajar.

Temukan Dia, Sebuah Games Edukatif

permaian dan strategi pembelajaran find them
Games edukatif Find Them

Pengertian

Sebenarnya permainan temukan dia merupakan adaptasi dan pengembangan dari aktivitas menyenangkan yang biasa dilakukan oleh guru selama ini. Intinya, siswa diminta untuk memahami informasi berupa narasi atau deskripsi dari guru dan kemudian mencari teman yang sesuai dengan penjelasan tersebut. Untuk detail lebih jauh akan dibahas pada bagian selanjutnya dari artikel ini.

Kami memberi sedikit modifikasi dari tipe tradisional yang biasa dipakai guru, seperti pemberian batas waktu dan mengubah menjadi lebih kompetitif. Anda dipersilahkan untuk melakukan modifikasi lainnya. 

Tujuan dan Manfaat

Seperti sudah disinggung di atas, temukan dia sebagai games edukatif atau sebagian besar permainan lainnya memang ditujukan sebagai sarana mengurangi kelelahan siswa akibat materi yang dirasa padat. Siswa butuh penyegaran dan sebuah aktivitas yang menyenangkan akan menjadi ide yang baik.

Secara lebih lengkap, berikut adalah tujuan serta manfaat dari permainan edukatif yang kami beri nama temukan dia/find them.

Sebagai ice-breaker.

Sebagai pemecah kebuntuan, Anda bisa menggunakan permainan ini di dalam kelas ketika melihat siswa suntuk serta daya konsenstrasi belajar anak menurun. Tentu untuk menaikkan itu semua ke level yang seharusnya, Anda membutuhkan bantuan bukan?

Kami hanya memberi saran, jika tujuan dari penggunaan permainan ini sebagai ice-breaker, maka perhatikan waktu pelaksanaannya agar tidak terlalu lama. 

Sebagai reminder. 

Reminder atau pengingat siswa sangat penting. Jangan sampai pelajaran yang sudah diberikan sebelumnya menjadi hilang dari ingatan dan sia-sia. Tentu Anda sebagai pengajar tidak ingin ini terjadi, bukan? Untuk itulah Anda bisa menggunakan games ini sebagai sarana reminder.

Meningkatkan keterampilan analisa siswa.

Mungkin akan banyak mahasiswa FKIP yang melakukan penelitian atau skripsi menilai permainan semacam ini hanya  akan meningkatkan keterampilan listening  pada para siswa. Sejatinya itu kurang tepat.

Permainan ini bahkan bisa berpotensi meningkatkan keterampilan siswa dibidang analisis. Dengan mendengarkan atau membaca perintah, siswa kemudian melakukan pencocokan dan memilih target yang punya kemungkinan besar cocok dengan instruksi yang ada. Tentu ini merupakan sarana yang baik dalam mempertajam karakter siswa dalam menganalisis masalah.

Membiasakan siswa berpikir dengan cepat.

Berpikir cepat dan tepat sekarang bukan lagi sebuah pilihan namun sudah menjadi kewajiban. Jika ingin membangun karakter seperti itu, maka harus dimulai dari level pelajar.

Ada banyak pendekatan pembelajaran yang sudah kami berikan di artikel yang lain yang bisa dipakai untuk melatih kecepatan berpikir. Meski demikian sebagai guru Anda wajib untuk terus mengembangkan diri dengan mempelajari berbagai referensi yang ada. Permainan yang sedang kita bahas adalah salah satunya.

Silahkan berdinamika untuk membuat soal atau instruksi yang tepat yang mampu memberikan stimulus pada para peserta didik dalam berpikir kreatif, cepat dan lugas 

Sebagai instrumen penilaian.

Menjadikan games sebagai instrumen penilaian? Silahkan tidak setuju jika Anda termasuk golongan guru konservatif yang terlampau sempit berpikir. 

Apapun bisa menjadi instrumen penilaian, termasuk permainan ini. Temukan Dia bisa menjadi alat bantuk untuk mengukur pemahaman siswa, logika, dan lainnya. 

Langkah-langkah

Sekarang sampailah kita pada bagian yang paling penting, yakni prosedur pelaksanaan dari games Temukan Dia. Seperti apa cara pelaksanaannya?

Sejatinya ada tiga tahap yang akan kita bahas, masing-masing adalah tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Berikut penjabarannya.

tujuan penggunaan games temukan dia
Tujuan dan Indikator 

Tahap Perencanaan

Pada tahap ini, Anda harus merencanakan secara bijak dan terperinci apa saja yang harus dilakukan ketika akan mengaplikasikan kegiatan ini di kelas. Berikut adalah hal yang harus Anda lakukan di tahap perencanaan : 

  • Materi apa yang cocok untuk dijadikan landasan dalam menjalankan game ini? Hal ini penting karena pada dasarnya games Temukan Dia kurang cocok untuk beberapa materi / mata pelajaran.
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan? Hal ini terkait dengan cara Anda memandang aktivitas ini, apakah sebagai sarana instrumen penilaian atau sebuah ice-breaker semata.
  • Apa saja hal-hal yang mungkin terjadi? Silahkan buat daftar hal-hal yang berpotensi mengacaukan aktivitas ini.
  • Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat infografis ini. 

Tahap Pelaksanaan 

Langsung saja, berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan games Temukan Dia, silahkan disimak. Di sini saya menggunakan mata pelajaran Bahasa Inggris. 

  1. Susun pertanyaan. Lihat contoh di gambar.
  2. Beri penjelasan cara melakukan kepada siswa.
  3. Setiap siswa harus menemukan orang yang sesuai dengan ciri-ciri di pertanyaan.
  4. Ketika bel dinyalakan atau aba-aba diberikan siswa boleh langsung 'berburu'.
  5. Pada saat guru memberikan aba-aba berhenti, semua siswa berhenti.
  6. Siswa yang berhasil mendapatkan semua orang yang dimaksud, maka dia pemenangnya.

Tahap Evaluasi

  • Pada tahap ini, silahkan bertanya tentang kesan pada para siswa.
  • Apakah para siswa berhasill menemukan atau apakah pertanyaan terlalu sulit?
  • Apakah target sudah terpenuhi, yakni melatih penggunaan bahasa dan berbicara dengan pola kalimat yang benar?
Daftar pertanyaan games find them
Daftar Pertanyaan

Saran

  • Anda bisa mengulangi lagi dengan mengganti pertanyaan.
  • Pastikan bahwa siswa memahami tujuan dari game ini, yakni melatih penggunaan pola kalimat yang sudah diajarkan.
  • Jangan sampai siswa hanya asal mencentang atau bertanya tetapi tidak dengan pola kalimat yang benar.
  • Apabila Anda seorang guru yang sedang mengerjakan PTK atau mahasiswa FKIP yang ingin membuat judul skripsi FKIP, silahkan gunakan games ini untuk penelitian. 

Demikian strategi pembelajaran kali ini yang bisa kami bagikan yakni dengan menggunakan games edukatif Temukan Dia. Silahkan eksplorasi lebih lanjut dan temukan strategi pembelajaran menyenangkan lainnya hanya di Esai Edukasi, sahabat para guru dan orang tua. 

Bacaan Lebih Lanjut : 

Terima kasuh sudah membaca. Semoga bermanfaat. 

Adi
Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Temukan Dia, Sebuah Games Pembelajaran Menyenangkan"

Model Pembelajaran

Pendekatan Pembelajaran

Media Pembelajaran

Beasiswa

Apakah Anda masih memiliki pertanyaan? Silahkan ketik kata kunci atau pertanyaan Anda di kotak pencarian di bawah ini.

Berlangganan via Email