Ritual Pagi untuk Memulai Hari yang Hebat!

Ritual Pagi untuk Memulai Hari yang Hebat!

[Produktifitas | Panduan untuk Meningkatkan Produktifitas] Terkadang kita merasa hari berjalan begitu buruk. Tubuh yang belum siap untuk diajak berjuang, pikiran yang masih jet lag, banyak yang harus dikerjakan tapi bingung harus mulai dari mana, hingga barang-barang yang berserakan dan terselempit entah dimana. Tentu semua itu akan mempengaruhi langkah selanjutnya dan berpotensi membuat kita kehilangan satu hari yang bahagia.

Waktu tidak pernah berjalan mundur, sehebat apapun kita memohon. Maka hilangnya satu hari karena pagi yang buruk, tentu sebuah kerugian tersendiri. Untuk itu, perlu persiapan yang tepat agar pagi kita dapat berjalan dengan baik dan selanjutnya akan meningkatkan produktifitas kita.

Berikut adalah hal-hal yang bisa kita lakukan untuk membuat pagi kita menjadi pagi yang hebat.

1. Kalahkan matahari. Bangun pagi, sepagi mungkin. Ya, ini terdengar klise dan membosankan, tetapi percayalah kalimat usang inilah yang menjadi pedoman bagi orang-orang hebat di dunia. Mereka sadar bahwa dengan bangun pagi, mereka akan mendapat waktu yang lebih untuk mempersiapkan hari plus menikmati dunia yang masih belum berisik. Jika mereka yang telah sukses saja bersedia untuk bangun pagi, maka dengan rendah hati mari kita juga mencontohnya. Pagi yang hebat adalah pagi yang dimulai dengan persiapan yang cukup. So, let's wake up early and beat the sun!
Ilustrasi berolah raga di pagi hari

2. Secangkir kopi, segelas teh atau sebotol air putih. Apapun itu yang membuat anda merasa segar. Semua orang punya selera dan keunikan yang berbeda, but the point is, buat diri kita nyaman. Menambah cairan ke dalam tubuh adalah salah satu cara yang tepat untuk mengembalikan konsentrasi kita dan mempersiapkan tubuh kita.

3.  Ucapkan mantra anda. Tak ada hubungannya dengan klenik, hantu apalagi sihir. Mantra adalah sebuah kalimat sederhana, sangat sederhana bahkan, yang merangkum semua impian, cita-cita dan obesesi kita. Bisa juga sebuah kalimat singkat dan tegas yang merepresentasikan sesuatu yang membuat kita menjadi lebih percaya diri, mengusir rasa takut kita dengan cepat dan membuat keyakinan kita tumbuh. Pilihlah sebuah mantra dan katakan itu, tidak dalam hati, dengan suara yang cukup nyaring.

4. Open the journal first, then the gadget after that. Ingatan manusia terbatas. Untuk itulah pentingnya jurnal, yang merangkum ide, tugas atau apapun yang harus anda lakukan atau anda tertarik dengannya. Susun sebuah daftar singkat dan jelas tentang itu semua, khususnya apa yang harus anda lakukan. Tentu anda harus membuatnya sehari sebelumnya, atau malam sebelum anda tidur. Tidak perlu panjang ini bukan proposal. Juga tidak perlu bertele-tele, karena anda tidak sedang menulis cerpen. Sebagai contoh, inilah jurnal saya:

          a. Check email.

          b. Bring the colour pencils.

          c. Pergi ke bengkel

          d. new vocab: plowing, venting (English), ...........


5.  Gerakan kecil untuk merangsang semangat yang besar. Sekarang ini, yoga dan senam adalah salah satu indikator masyarakat sehat. Semakin banyak pusat kebugaran yang menjamur dan ramai dikunjungi. Sebenarnya kita bisa melakukan ini di rumah sendiri. Lakukan gerakan-gerakan sederhana untuk memberikan kesegaran pada tubuh kita. Selain membuat badan kita menjadi fit, olahraga rutin di pagi hari membuat pikiran kita menjadi lebih fokus.

6.  Menebarkan cinta. Sapalah anggota keluarga anda. Jika sempat, ini saat yang tepat untuk mengambil gadget dan (bukan untuk stalking) sapa teman-teman/orang terkasih anda. Ucapkan selamat pagi dan kata-kata semangat anda. Terdengar sedikit berlebihan (bahkkan menjijikan), tapi dengan memberi semangat yang tulus pada orang lain, sebenarnya kita juga sedang membangun semangat pada diri kita sendiri.

7. Mandi dan sarapan. Sarapan sangatlah penting, karena membuat kita mendapatkan energi yang kita butuhkan. Begitupula mandi. Air dingin nampaknya bagus untuk memberi kesegaran. Dua hal tadi adalah bukti anda mencintai diri anda. Dan, anda siap mencintai orang lain.


8. Meja ajaib. 
Kembali pada satu malam sebelumnya, taruh semua barang yang harus anda bawa/ butuhkan pada satu meja. Jika perlu bahkan dalam satu tas. Laptop, charger, Ipad, buku, kunci motor, dompet dll. Isi tumbler anda sehari sebelumnya dan pastikan smartphone anda terisi penuh sebelum anda tidur. Jangan biarkan hal-hal sepele seperti mencari kunci motor atau mencharge laptop membuat anda telat. Persiapkan semuanya dalam satu meja. Ini kebiasaan masa sekolah yang sayangnya menghilang ketika kita kuliah. Padahal ini sangatlah penting.

9. Read your mantra again! Kali ini, jika perlu, berdoalah. Singkat asal sungguh-sungguh pasti akan sangat bermanfaat.

10. Tersenyum. Last but not least, tersenyum!


Dukung kami
Kami butuh dukungan anda. Jika merasa artikel ini bermanfaat, silahkan komen dan share ke media sosial anda.

Subscribe juga ke blog kami untuk mendapatkan update post dan info menarik lainnya. 

 

Rock You As Always

Adi.Fun.Learning
-Read, Change, Grow-


Post a Comment

0 Comments