Cara Untuk Tetap Fokus

Cara Untuk Tetap Fokus


Fokus sangat diperlukan dalam suatu aktivitas agar mendapatkan suatu hasil yang maksimal. Salah satunya adalah belajar. Di era saat ini, sayangnya banyak sekali gangguan atau godaan untuk tetap fokus belajar. 



Menurut profesor informatika Gloria Mark dari University of California di Irvine, perhatian masyarakat abad ke-21 pasti akan teralihkan setiap tiga menit atau lebih oleh pesan masuk atau dengan hal apapun yang ada di ponsel mereka. Adapun faktor lainnya seperti kelelahan, pikiran kemana-mana, kurangnya motivasi, rasa khawatir berlebihan, dan lainnya.
Oleh sebab itu, inilah 5 tips yang simpel, efektif, dan dapat menambah konsentrasi serta ketahanan fokus.

1. Tetapkan Hanya Satu Tujuan, Jangan Multitasking

Seringkali kamu ingin menyelesaikan banyak hal dalam satu waktu. Kamu berpikir itu adalah hal yang efektif dan menghemat waktu. Tapi kenyataannya malah sebaliknya. 



Bekerja pada banyak hal dalam satu waktu hanya akan memecah fokusmu.Untuk menghindari ini, sebaiknya buat jadwal belajar. Jangan sampai melakukan SKS atau Sistem Kebut Semalam. Hal ini hanya akan membuat kamu stres. 

Tetapi ingat, jangan sampai juga kamu diperbudak oleh jadwalmu sendiri. Kamu terbebani sehingga kamu akhirnya malah meninggalkan jadwal yang kamu buat sendiri. Oleh karena itu, buatlah seefisien mungkin. Sesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan kamu.

2. Bekerjalah Sendiri, bukan Kelompok

Pernah belajar kelompok? Pasti banyak ngomongnya atau makannya daripada belajarnya, kan? Belajar kelompok memang seru dan banyak manfaatnya seperti melatih kemampuan diskusi, kepemimpinan, empati, dan lainnya. Tapi hal itu tidak membuatmu sepenuhnya fokus.



Kalau memang diperlukan belajar kelompok karena tugas yang cukup banyak, coba lakukan Teknik Feynmann. Jadi bagilah tugas dengan temanmu. Kemudian kamu akan tetap belajar sendiri menyederhanakan suatu materi. Saat datang waktuya belajar kelompok, kamu harus bisa menjelaskan itu sampai temanmu paham. Jika temanmu tidak paham, artinya kamu belum benar-benar paham materimu juga. Not bad to try, right?

3. Coba Teknik Podomoro

Pernah mendengar Teknik Podomoro? Inilah yang dimaksud. Kamu tetapkan waktu belajar kamu dan bagilah menjadi sesi-sesi. Misalnya waktu kamu belajar 60 menit. Sesi pertama belajarlah selama 10 menit, kemudian jeda 5 menit, kemudian kembali belajar 10 menit, begitu seterusnya. 



Saat belajar, kamu harus benar-benar fokus dan jauhkan segala gangguan. Saat waktunya jeda, kamu harus benar-benar meninggalkan apapun yang berhubungan dengan pelajaran. Inilah waktu untuk istirahat sejenak. Kamu bisa melihat video singkat, mendengarkan musik, makan, dan lainnya. Pastikan otak kamu fresh sebelum kembali belajar di sesi berikutnya!

4. Persiapkan Segalanya Dengan Baik

Sebelum belajar, kamu harus persiapkan segala sesuatu dengan baik. Ciptakan suasana nyaman di tempat belajarmu. Pastikan pencahayaan cukup. Jauhkan segala gangguan seperti televisi, sosial media, ataupun yang lain. Persiapkan alat tulis, buku pelajaran, buku catatan, dan semuanya yang diperlukan.

Sesuaikan juga gaya belajar kamu. Jika kamu tipe audiosonik, mungkin dengan mendengarkan musik itu akan membantu. Kamu mungkin juga bisa mendengarkan audiobook. Jika kamu tipe visual, jangan lupa siapkan bulpoin dan higlighter warna untuk membuat catatan. Jika kamu tipe kinestetik, mungkin kamu bisa belajar dengan berbicara pada diri kamu sendiri (bercerita) daripada menulis.



Tetapi pada dasarnya, sesuaikan kondisi tubuh kamu. Kamu harus berada dalam mood yang baik. Misalnya jangan mulai belajar saat kamu habis patah hati atau saat kamu lapar. Hal itu akan membuat belajar menjadi sia-sia. Jika kondisimu tak kunjung membaik, pasti ada yang salah dalam dirimu. Cobalah untuk meditasi, refleksi dan bersyukur, berpikir dan melakukan hal positif, bersosialisasi, dan aktivitas lainnya yang membuatmu rileks.

5. Terus Asah!

Pada awalnya memang sulit. Memang ada saja gangguan atau hambatannya. Mulai dari jadwal yang berantakan. Persiapan yang kurang baik. Suasana hati yang tak kunjung membaik. Saat jeda belajar, kamu mungkin pernah kebablasan karena keenakan istirahat sehingga kamu pun meninggalkan sesi belajar selanjutnya. Atau ada acara televisi kesukaan kamu di waktu belajar kamu. Fokus kamu pun terpecah.



Tapi percayalah, dengan komitmen dan kemauan, kamu pasti bisa. Dan kalau sudah berhasil, jangan cepat puas. Terus asah fokus kamu because practice makes perfect. Semangat!

Itulah 5 tips yang dapat kamu lakukan untuk melatih fokus belajar. Semoga membantu. Tetap fokus, semangat belajar, dan pantang menyerah!

Artikel ini adalah kiriman dari :
Salma Vikha A'inindita
 @salmavikhaa_

Post a Comment

0 Comments