Apa Itu Teknik PODOMORO?

Apa Itu Teknik PODOMORO?

Esai Edukasi - Teknik Podomoro adalah suatu teknik manajemen waktu untuk memecah suatu kegiatan menjadi bagian yang lebih kecil. 

Teknik ini diciptakan oleh seorang Italia bernama Francesco Cirillo pada tahun 1980. 


definisi dan manfaat teknik podomoro / esaiedukasi.com
Belajar Teknik Podomoro

Latar Belakang Teknik Podomoro

Podomoro sendiri dalam Bahasa Italia berarti adalah buah tomat. Dinamakan demikian karena alat pengukur waktunya berbentuk tomat. 

Secara umum teknik ini membagi suatu aktivitas menjadi beberapa interval. Setiap interval tersebut terdiri dari 25 menit. Nantinya dalam melakukan satu interval diiringi dengan istirahat singkat. Selain itu setelah beberapa interval akan diisi dengan satu istirahat yang cukup lama. 

Hal ini dipercaya akan mampu meningkatkan efektifitas dan produktifitas kinerja Anda. 

Manfaat Teknik Podomoro

Lalu apa manfaat dari teknik Podomoro. Ternyata teknik ini memberikan banyak sekali manfaatnya, asal dilakukan dengan tepat dan konsisten.

Lantas apa saja keuntungan yang bisa didapatkan dari teknik Podomoro? Dengan teknik ini, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan. Berikut ini Esai Edukasi merangkumnya untuk Anda : 

Pertama, Anda akan terbiasa untuk fokus pada hal yang tengah dikerjakan. Dengan terlatih fokus itu, Anda akan bisa mengerjakan atau melakukan apapun dengan cepat dan sempurna.

Kedua, Anda akan terbiasa untuk melakukan manajemen waktu dengan baik. Kemampuan manajemen waktu ini akan sangat berguna dalam melakukan suatu aktivitas khususnya yang memiliki target dan deadline. 

Ketiga, Anda akan terbiasa melakukan segala sesuatu berdasarkan skala prioritas.

Keempat, Anda akan terbiasa untuk membuat perencanaan kerja efektif. Kemampuan itu akan sangat membantu di berbagai kesempatan, baik dalam bekerja maupun mempelajari sesuatu. 

Kelima,  Anda akan belajar untuk terbiasa bekerja di bawah tekanan waktu. Batas waktu selama 25 menit membuat Anda  merasakan tekanan selama menggunakan teknik ini. Dengan seringnya melakukan hal itu, secara mental, kamu akan terbiasa dan tidak merasa panik saat dibebani pekerjaan dengan batas waktu yang minim.

Keenam,  akan melatih diri Anda untuk berpikir dan memproses informasi secara cepat. Sebab, dengan batas waktu selama 25 menit, Anda akan merasa 'dipaksa'  berkejaran dengan waktu sehingga proses kerja otak akan lebih cepat.

Kendala Melakukan Teknik Podomoro

Dalam melakukan teknik ini, mungkin Anda akan mengalami beberapa kendala atau tantangan sebagai berikut : 

1. Konsistensi

Ini adalah tantangan pertama dan paling utama. Anda harus konsisten pada apa yang sudah Anda tetapkan. Di sinilah keberhasilan atau kegagalan misi Anda benar-benar ditentukan. 

2. Manajemen Waktu

Anda juga harus cerdik dalam manajemen waktu. Perencanaan Anda harus baik namun logis. Jika Anda gagal dalam merencanakan di tahap ini, maka Anda juga tidak akan mendapat hasil yang maksimal.

3. Tingkat Frustasi

Bagi mereka yang tidak terbiasa pada target dan deadline teknik Podomoro akan terasa sangat menyiksa. Anda bisa menjadi stress, tertekan dan bahkan frustasi. Tetapi ingatlah bahwa di balik itu semua, Anda akan menjadi pribadi yang disiplin, tangguh dan bijaksana. 

4. Lebih mementingkan kecepatan daripada kualitas. 

Ini juga harus Anda waspadai. Jangan sampai Anda hanya melulu terpaku pada waktu namun melupakan kualitas kinerja Anda. Jika ini yang terjadi, maka semua aktivitas dan misi Anda sebenarnya sia-sia. 

Aplikasi Teknik Podomoro

Lalu bagaimana aplikasi teknik podomoro ini dalam dunia nyata? Berikut Esai Edukasi akan membaginya untuk Anda semua : 

a) Perencanaan

Sebelum memulai, tentu Anda harus merencakan kegiatan yang akan Anda lakukan. Setidaknya Anda harus melakukan manajemen waktu yang tepat, apakah akan menggunakan cara tradisional, yakni 25 menit, atau range waktu yang lain. 

b) Skala Prioritas

Setelahnya, Anda harus memecah kegiatan Anda menjadi interval-interval. Di sini Anda harus bijak untuk menyusun semua itu mulai dari yang paling penting. Inilah momen dimana Anda harus membuat skala prioritas dengan tepat. 

c) Eksekusi

Dalam melakukan eksekusi, Anda harus konsisten. Jangan terpancing untuk mempercepat ritme apalagi memperlambat. Semua ini akan membuat Anda menjadi bijak. 

d) Evaluasi 

Tidak ada salahnya melihat kembali hasil dari teknik ini. Apakah Anda mendapat manfaat yang diinginkan? Apa hal yang perlu diperbaiki?

Beberapa Tips Sebelum Memulai Teknik Podomoro

Ada beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memulai teknik Podomoro ini. Esai Edukasi merangkumnya untuk Anda sebagai berikut : 

  • Jangan terlalu memaksakan diri. Anda bisa menggunakan range waktu yang lebih panjang terlebih dahulu.
  • Jangan terlalu sering melihat waktu / jam.
  • Gunakan waktu istirahat sebaik mungkin.
  • Catat beberapa kendala yang Anda alami di buku catatan untuk dievaluasi.
  • Jauhkan semua hal yang bisa menjadi distraktor.
  • Rajinlah berlatih dan berimprovisasi. 
Demikianlah teknik podomoro yang dianggap mampu membantu meningkatkan produktifitas dan efektifitas kerja. Apakah Anda tertarik?

Untuk selanjutnya, silahkan baca artikel tentang produktifitas lainnya berjudul Ritual Pagi Untuk Memulai Hari Yang Hebat yang berisi cara praktis untuk mempersiapkan diri Anda menjadi pribadi yang hebat tiap harinya. 

Post a Comment

0 Comments