Widget HTML #1

Apakah Guru Bahasa Inggris SD Bisa Mengikuti PPG Dalam Jabatan?

Salah satu langkah pemerintah untuk meningkatkan profesionalitas guru di Indonesia dari Sabang sampai Merauke adalah dengan menggulirkan program PPG dalam jabatan.

Istilah PPG Daljab sendiri adalah kependekan dari Program Pendidikan Profesu Guru dalam jabatan yang dikhususkan untuk tenaga pendidikan. 

Mengutip dari Perdirjen tentang petunjuk teknis Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan 2021, PPG diharap bisa menjadi jawaban bagi isu kurang kompetennya guru di Indonesia.

Lebih lanjut, Program PPG Dalam Jabatan merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S-1 Kependidikan dan S-1/D-IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan Standar Pendidikan Guru. 

PPG Dalam Jabatan diharapkan dapat menjawab berbagai permasalahan pendidikan, seperti: 

  1. kualifikasi di bawah standar (under qualification), 
  2. guru-guru yang kurang kompeten (low competence). 

Selain itu, guru di era revolusi industri 4.0 harus memiliki kemampuan melaksanakan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan dengan mengintegrasikan critical thinking dan problem solving, communication and colaborative skill, creativity and inovative skill, information and communication technology literacy, contextual learning skill, serta information and media literacy.

Program PPG Dalam Jabatan dirancang secara sistematis dan menerapkan prinsip mutu mulai dari seleksi, proses pembelajaran, dan penilaian, hingga uji kompetensi, sehingga diharapkan akan menghasilkan guru-guru masa depan yang profesional yang dapat menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif, dan berkarakter, serta cinta tanah air dan dalam waktu yang bersamaan, diharapkan mampu menjawab permasalahan pendidikan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini. 

PPG Dalam Jabatan juga dirancang agar mampu membekali kemampuan problem solving, kritis, dan kreatif kepada calon guru profesional, melalui implementasi model pembelajaran dan kegiatan berbasis masalah (problem-based learning) dan proyek (project-based learning)

Program PPG Dalam Jabatan bertujuan menghasilkan guru sebagai pendidik profesional yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berilmu, adaptif, kreatif, inovatif, dan kompetitif dengan  tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Apakah Guru Bahasa Inggris Bisa Mengikuti PPG Dalam Jabatan?
Guru Bahasa Inggris SD PPG Daljab

Apakah Guru Bahasa Inggris Bisa Mengikuti PPG Dalam Jabatan?

Sampai artikel ini ditulis, diketahui bahwa guru Bahasa Inggris yang mengajar di jenjang sekolah dasar (SD) bisa mengikuti PPG Dalam Jabatan. 

Ada beberapa cara bagi guru Bahasa Inggris SD untuk mengikuti PPG Dalam Jabatan, salah satunya dengan mengisi formulir yang ada pada aplikasi SIMPKB. Untuk keterangan lebih lanjut baca Cara Login dan Daftar SIMPKB.

Silahkan lihat aplikasi SIMPKB dan lihat status Anda. Jika anda adalah guru yang bisa mengikuti PPG Daljab 2023, maka akan ada keterangan dan menu khusus. Selanjutnya isi biodata Anda dan kemudian petugas verval akan memvalidasi serta melakukan analisa. Jika lolos maka Anda akan mengikuti tes tertulis. 

Jadi Guru Bahasa Inggris SD bisa mengikuti PPG asal memenuhi syarat, yakni: 

Syarat ikut PPG dalam jabatan 2023 sesuai Permendikbudristek Nomor 54 Tahun 2022 adalah sebagai berikut:

  1. Berstatus guru dalam jabatan dan masih aktif melaksanakan tuguas sebagai guru selama tiga tahun terakhir
  2. Memiliki kualifikasi akademik Sarjana (S-1) atau Diploma Empat (D-IV)
  3. Memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK. Baca cara mendapatkan NUPTK).
  4. Berusia paling tinggi 58 tahun pada tahun berkenaan
  5. Sehat jasmani dan rohani
  6. Bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya
  7. Berkelakuan baik
  8. Terdaftar pada sistem data pokok pendidikan Kementerian

Apakah Guru Bahasa Inggris SD Bisa Mendapatkan TPG setelah Lulus PPG Daljab?

Permasalahan kemudian baru muncul jika guru Bahasa Inggris SD lulus PPG Daljab karena mereka tidak bisa mencairkan Tunjangan Profesi Guru.

Apakah Guru Bahasa Inggris SD bisa mendapatkan TPP atau TPG? Jawabannya adalah bisa. Guru Bahasa Inggris yang mengajar di SD bisa mendapatkan Tunjangan TPP atau Tunjangan Sertifikasi asal harus pindah mengajar ke SMP atau SMA/SMK. 

Perhatikan hasil cek linieritas di bawah ini: 

guru bahasa inggris di SD tidak linier
hasil cek linieritas Guru Bahasa Inggris untuk PPG Daljab

Bisa diketahui bahwa untuk mata pelajaran Bahasa Inggris, hanya linier di jenjang pendidikan menengah, yakni SMP, SMPLB, SMA, SMK dan SMALB.

Penting, silahkan ketahui surat edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Guru dan Tenaga Kependidikan tentang hasil seleksi administrasi PPG Dalam Jabatan 2023.

Perlu diperhatikan bahwa di masa mendatang kebijakan ini bisa saja berubah sehingga guru harus terus beradaptasi. Demikianlah jawaban untuk pertanyaan apakah Guru Bahasa Inggris SD bisa mengikuti PPG Dalam Jabatan

Guritno Adi
Guritno Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Apakah Guru Bahasa Inggris SD Bisa Mengikuti PPG Dalam Jabatan?"