Widget HTML #1

10 Contoh Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Bahasa Inggris

Pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran Bahasa Inggris adalah hal yang memungkinkan, meski untuk guru yang belum mengenal konsep tersebut ini terasa cukup menantang.

Seperti diketahui bersama, saat ini pemerintah telah menggaungkan sebuah paradigma baru dalam sistem pendidikan nasional, antara lain dengan menerapkan kurikulum merdeka dan mendorong dilakukannya pembelajaran berdiferensiasi.

contoh pembelajaran berdiferensiasi untuk Bahasa Inggris
contoh pembelajaran berdiferensiasi untuk Bahasa Inggris

Pentingnya Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pengajaran Bahasa Inggris

Sekilas Konsep Pembelajaran Berdiferensiasi

Akan lebih mudah untuk menerapkan pengajaran berbasis konsep diferensiasi ini jika sudah mengerti bagaimana landasan filosofi dan tujuannya.

Konsep pembelajaran berdiferensiasi bertumpu pada modifikasi beberapa elemen penting, yakni konten, proses belajar, asesmen dan lingkungan pembelajaran. 

Alih-alih memberikan hal yang sama dan seragam, guru memodifikasi empat elemen tadi sesuai dengan pertimbangan dan analisa yang mendalam terkait latar belakang, kemampuan, kecepatan pemahaman serta kondisi siswa.

Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Bahasa Inggris

Sejatinya konsep dan filosofi pendidikan ini cocok diterapkan untuk semua mata pelajaran, tidak terkecuali dengan Bahasa Inggris.

Pertanyaan berikutnya, mengapa melakukan pembelajaran berdiferensiasi untuk Bahasa Inggris? Jawabannya cukup banyak, namun salah satu alasan terkuatnya adalah siswa memiliki kemampuan Bahasa Inggris, baik teori maupun praktik, yang beragam.

Guru harus mampu memodifikasi materi (konten) dan melakukan proses belajar agar siswa yang belum memahami suatu topik sama sekali tetap merasa terakomodir, termasuk juga siswa yang sudah menguasainya.

Bukan rahasia umum lagi banyak anak Indonesia, baik di kota maupun desa, saat ini sudah sangat familiar dengan Bahasa Inggris. Tidak sedikit pula yang ternyata dalam keluarga atau lingkungan terdekat mereka sudah menganggap Bahasa Inggris sebagai sarana komunikasi yang utama. 

Baca juga kumpulan 10 games pembelajaran untuk Bahasa Inggris jenjang sekolah dasar yang seru dan menyenangkan. 

Contoh Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Bahasa Inggris

Sekarang, bagaimana contoh pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan paradigma terbaru ini, yaitu pembelajaran berdiferensiasi?

Pembelajaran berdiferensiasi dalam mapel Bahasa Inggris sebenarnya cukup banyak bentuk dan contoh-contohnya. Implementasinya juga tidak sulit, karena Bahasa Inggris yang mengutamakan skill literasi merupakan sesuatu yang practicable ketimbang melulu hanya berkutat pada teori. 

1. Menulis Pengalaman Pribadi (Recount Text)

contoh penggunaan pembelajaran berdiferensiasi untuk mata pelajaran Bahasa Inggris
menuliskan pengalaman pribadi dalam Bahasa Inggris

Ketika guru memberikan tugas kepada siswa untuk menuliskan pengalaman pribadi, maka hasil yang didapatkan tentu beragam. Semua siswa tentu saja punya pengalaman uniknya masing-masing, termasuk juga cara untuk menyampaikannya.

Misalkan saja ada siswa yang akan dengan antusias menuliskan pengalamannya secara runtut disertai dengan kalimat-kalimat pendukung yang tepat secara tata bahasa. Namun sebaliknya, ada juga siswa yang tidak suka berbasa-basi, mungkin akan langsung menuliskan secara ringkas bagaimana pengalamannya itu.

Perbedaan latar belakang dan pengalaman siswa akan terakomodir dengan baik di titik ini. Selain itu, siswa juga akan menggunakan kosakata dan tatabahasa yang ia miliki untuk menyelesaikan tugas tersebut yang tentu saja bisa berbeda dengan siswa lainnya.

Langkah melakukan pembelajaran recount text sesuai konsep diferensiasi: 

  1. Pastikan siswa paham ciri-ciri dan kegunaan dari recount text, khususnya untuk menceritakan suatu kejadian di masa lalu.
  2. Minta siswa untuk menceritakan pengalaman atau kejadian yang berkesan di masa lalu. Hasil tulisan siswa pasti berbeda antara satu dengan yang lain.
  3. Evaluasi dan beri panduan jika siswa mengalami kesulitan.
  4. Hasil tulisan siswa bisa dipajang, dibacakan atau dinilai oleh guru. 

Inilah contoh penggunaan pembelajaran berdiferensiasi untuk mata pelajaran Bahasa Inggris, khususnya memodifikasi asesmen berdasarkan kemampuan dasar dan pengalaman unik masing-masing siswa. 

2. Merangkum Isi Buku

kegiatan merangkum isi buku sebagai pembelajaran berdiferensiasi
merangkum isi buku

Kegiatan selanjutnya yang bisa dilakukan di kelas adalah dengan meminta siswa untuk memilih sendiri buku favoritnya lalu merangkumnya menggunakan gaya bahasa mereka sendiri. 

Setiap siswa memiliki kegemaran dan passion yang berbeda. Bisa jadi seorang siswa akan memilih buku cerita anak-anak, yang lain memilih buku sains populer. Meski begitu, guru dengan pertimbangan yang ada bisa juga melakukan pembatasan, misalkan dengan mewajibkan jenis buku untuk direview haruslah fiksi/non-fiksi.

Dengan merangkum isi buku, maka siswa haruslah membaca buku tersebut. Ini juga bisa meningkatkan reading skill mereka. Saat harus merangkumnya, mereka akan menggunakan tata bahasa yang sudah diajarkan sehingga sekaligus melatih kemampuan menulis.

Contoh pembelajaran berdiferensiasi Bahasa Inggris dalam bentuk membuat rangkuman isi buku akan menjadi lebih menyenangkan ketika guru mampu memfasilitasi siswa untuk mau mengutarakan rangkumannya di depan kelas. 

3. Storytelling

storytelling sebagai contoh pembelajaran berdiferensiasi
storytelling sebagai contoh pembelajaran berdiferensiasi

Dalam hal ini, bukan guru yang menyampaikan materi secara bercerita atau yang lebih dikenal dengan storytelling. Justru di sini, siswalah yang harus menyampaikan pendapat, opini, pengalaman atau kisah yang sudah dipilihnya menjadi storytelling. 

Meminta siswa melakukan storytelling, entah itu di depan kelas maupun di depan guru secara lebih personal, akan memberikan mereka ruang yang cukup untuk mengeksplorasi kemampuan yang dimiliki.

Untuk siswa yang tergolong speed learners dan creative students, mereka tentu akan all out dengan memberikan penampilan yang memukau, termasuk juga sarana pendukungnya. 

Ini merupakan salah satu bentuk dari fun learning yang bisa dipraktikkan di kelas. Siswa akan meresa senang dan gembira. 

Selain itu, jangan lupa bahwa storytelling dengan modifikasi dan arahan yang tepat juga merupakan contoh pembelajaran berdiferensiasi dalam Bahasa Inggris

4. Membuat Drama/Roleplay

roleplay dan pembelajaran berbasis diferensiasi
roleplay sebagai salah satu contoh pembelajaran berdiferensiasi

Contoh pembelajaran diferensiasi untuk mata pelajaran Bahasa Inggris selanjutnya adalah dengan menggunakan strategi roleplay atau drama untuk menyampaikan materi kepada siswa. 

Metode ajar bermain peran atau Roleplay memang merupakan salah satu pilihan jitu jika ingin menaikkan motivasi siswa untuk belajar, melatih kreativitas sekaligus memfasilitasi siswa untuk bekerja dalam tim sesuai dengan passion dan skill yang dimiliki masing-masing. 

Guru bisa memilih menggunakan roleplay untuk berbagai jenjang kelas, baik untuk siswa kelas sekolah dasar maupun pelajar di sekolah menengah atas. Tentu saja materi, topik dan ekspektasi yang disusun ahrus disesuaikan. 

Baca selengkapnya mengenai strategi pembelajaran berbasis roleplay yang sudah pernah ditayangkan oleh Esai Edukasi di postingan sebelumnya. 

5. Membuat Cerita Pendek

membuat cerita pendek sebagai contoh pembelajaran berdiferensiasi
membuat cerita pendek sebagai contoh pembelajaran berdiferensiasi

Meningkatkan imajinasi dan daya kreatif siswa juga merupakan tantangan besar bagi setiap guru, khususnya guru-guru yang mengajar rumpun mata pelajaran kebahasaan, seperti Bahasa Inggris.

Setiap anak pasti punya cerita yang berbeda. Bahkan dengan topik yang sama, anak bisa saja membuat cerita yang berlainan tergantung sudut pandang, latar belakang dan kemampuan kreatif masing-masing. Inilah mengapa kegiatan tersebut termasuk salah satu bentuk pembelajaran berdiferensiasi, khususnya untuk mata pelajaran Bahasa Inggris,

Lantas bagaimana posisi guru? Tentu saja sebelumnya guru harus memberikan modal yang cukup agar mereka bisa paham cerita seperti apa yang harus ditulis. 

6. Membuat Puisi

puisi sebagai contoh pembelajaran berdiferensiasi
puisi sebagai contoh pembelajaran berdiferensiasi

Membuat puisi dalam Bahasa Inggris adalah sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan, karena siswa akan tertantang untuk mengolah kosakata yang sudah dimiliki.

Selain menyenangkan, membuat puisi juga bisa digolongkan sebagai salah satu bentuk belajar dengan konsep diferensiasi. Kenapa? Karena masing-masing siswa dengan segala keunikan mereka akan berusaha merangkai kosakata yang dimilikinya dan hasilnya pasti berbeda antara satu dengan yang lain. 

7. Presentasi

presentasi oleh siswa dalam pembelajaran berdiferensiasi
presentasi oleh siswa

Paradigma pendidikan terbaru adalah memandang peserta didik sebagai subyek pembelajaran, bukan lagi obyek. Jadi mereka harus terlibat aktif dalam proses belajar. 

Salah satu cara untuk melakukan hal itu adalah dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan presentasi.

Presentasi akan membuat siswa melakukan persiapan dan mempersiapkan bahan-bahan mereka. Ini juga bentuk dari kegiatan belajar secara berdiferensiasi. 

8. Membentuk Kelompok Siswa Berbasis Placement Test dan  

membentuk kelompok berdasarkan hasil placement test

Kuis atau pertanyaan dalam Bahasa Inggris bisa jadi salah satu sarana untuk mengevaluasi hasil belajar siswa, termasuk juga menentukan apakah siswa sudah tuntas dalam menguasai suatu topik.

Buatlah kuis dengan konsep placement test, yaitu mengukur kemampuan siswa dalam menguasai suatu skill atau topik. Gunakan hasilnya untuk membentuk kelompok.

Dengan pertimbangan tertentu, kelompok bisa terdiri dari siswa yang memiliki tingkat pemahaman sama atau bahkan siswa dengan tingkat pemahaman yang variatif. 

Seperti diketahui, placement test adalah salah satu bentuk pre test yang berusaha mengetahui kemampuan siswa untuk kemudian dikelompokkan sesuai hasilnya. 

9. Memberi Tugas Pengayaan kepada Siswa

tugas pengayaan dalam Bahasa Inggris sebagai pembelajaran berdiferensiasi
pengayaan sebagai bentuk pembelajaran berdiferensiasi

Tentu saja dalam sebuah kelas, ada siswa yang tergolong sangat pintar dan mampu menyelesaikan tugas dengan baik.

Kelompok siswa seperti ini juga harus diberi perhatian karena itulah filosofi dari pembelajaran berbasis diferensiasi.

Siapkan soal untuk diberikan saat siswa ternyata mampu menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dari yang lainnya. 

Baca lebih lanjut mengenai bentuk dan manfaat dari pemberian tugas pengayaan, khususnya kepada siswa yang telah menyelesaikan kewajibannya dengan baik secara lebih cepat dari yang lainnya. 

10. Memberikan Tugas Wawancara 

wawancara
wawancara dan pembelajaran berdiferensiasi

Inilah salah satu bentuk pembelajaran berdiferensiasi yang paling populer dan layak untuk dicoba. Berikan kebebasan kepada siswa untuk memilih kepada siapa mereka akan melakukan wawancara, termasuk juga susunan pertanyaan yang akan diberikan. 

Wawancara juga bisa menjadi sebuah sarana bagi siswa untuk lebih berani dalam berkomunasi dengan sesama. 

Meski ada banyak keuntungan, namun guru juga harus memberikan bekal yang cukup kepada siswa sebelum melakukan wawancara. Beberapa hal tersebut antara lain: 

  • Sikap saat mewawancarai seseorang.
  • Pertanyaan yang harus dihindari.
  • Cara menyusun hasil wawancara. 

Memberikan tugas wawancara juga merupakan salah satu bukti bahwa pembelajaran bisa dilakukan dimana saja, tidak melulu harus di dalam ruang kelas. 

10 Kegiatan dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris yang sesuai dengan Pembelajaran Berdiferensiasi

Dari uraian di atas bisa disimpulkan bahwa mata pelajaran Bahasa Inggris dapat diajarkan dengan berbasis pada pembelajaran berdiferensiasi.

Beberapa contoh kegiatan yang sesuai dengan pembelajaran berdiferensiasi antara lain: 

  • Membuat recount text
  • Merangkum isi buku
  • Storytelling
  • Roleplay
  • Menulis cerita pendek
  • Presentasi
  • Membuat puisi
  • Membentuk kelompok belajar
  • Memberi pengayaan
  • Wawancara

Tentu saja masih ada banyak lagi contoh implementasi dan pengajaran berdiferensiasi untuk Bahasa Inggris. Silahkan tulis di kolom komentar dan berbagi dengan pembaca Esai Edukasi jika Anda memiliki contoh pembelajaran berdiferensisasi dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. 

Guritno Adi
Guritno Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "10 Contoh Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Bahasa Inggris"