Widget HTML #1

Download Format Surat Pemberitahuan Keikutsertaan Siswa dalam ANBK

Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK adalah salah satu instrumen untuk menggali lebih jauh perihal pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia.

ANBK sangat berbeda dengan Ujian Nasional. Dua hal yang paling menjadi faktor pembeda adalah cara pelaksanaan serta format peserta.

Dalam ANBK, pelaksanaan bersifat daring atau online dan membutuhkan aplikasi yang dijalankan di komputer. Ini jauh berbeda dengan ujian sebelumnya yang bisa dilakukan dengan menggunakan kertas ujian dan lembar jawaban.

Kedua, mengenai kepesertaan. Peserta ANBK 'hanya' mencakup maksimal 30 orang peserta utama dan 5 siswa peserta cadangan. 

Melihat perbedaan yang cukup mendasar ini, maka wajib bagi pihak satuan pendidkan untuk melakukan sosialisasi kepada para peserta didik, termasuk diantaranya orang tua siswa dan walimurid.

Format Surat Pemberitahuan Keikutsertaan Siswa dalam ANBK
Format Surat Pemberitahuan Keikutsertaan Siswa dalam ANBK

Daftar Isi:

Format Surat Pemberitahuan Keikutsertaan Siswa dalam ANBK

Selain sosialisasi, satuan pendidkan juga perlu menerbitkan surat pemberitahuan keikutsertaan siswa yang bersangkutan dalam ANBK.

Pada Panduan Prosedur Operasional Standar (POS) ANBK terbaru, pemerintah sudah menetapkan syarat peserta ANBK, baik untuk siswa maupun guru.

Mengingat bisa jadi tidak semua siswa dalam satu kelas terlibat menjadi peserta, maka satuan pendidikan perlu menerbitkan dan memberikan urat pemberitahuan keikutsertaan siswa yang bersangkutan dalam ANBK kepada seluruh walimurid yang anaknya menjadi peserta asesmen ini. 

Berikut adalah format dan isi urat pemberitahuan keikutsertaan siswa yang bersangkutan dalam ANBK sesuai dengan yang ada dalam POS ANBK terbaru.

Surat ini harus segera dibuat dan diberikan kepada para walimurid agar seluruh warga sekolah, tidak hanya guru, memiliki perspektif yang sama dan jelas dalam memandang ANBK ini.

Kesamaan perspektif ini perlu agar dikemudian hari tidak terjadi perselisihan akibat tidak adanya kesamaan pemahaman diantara semua pihak yang terlibat.

Download Surat Pemberitahuan Keikutsertaan Siswa dalam ANBK

Jika membutuhkan, silahkan untuk mendapatkan Surat Pemberitahuan Keikutsertaan Siswa dalam ANBK dan mengunduhnya secara gratis melalui Google Drive di tautan di bawah ini. 

Download Surat Pemberitahuan Keikutsertaan Siswa dalam ANBK

Tidak perlu meminta izin untuk editor, langsung klik File>Download>Word. Nanti akan terdownload dalam bentuk Word/Doc.

Demikianlah artikel tentang format surat pemberitahuan terkait keikutsertaan peserta didik di satuan pendidikan dalam kegiatan ANBK terbaru.

Baca juga artikel lainnya, seperti: 

Guritno Adi
Guritno Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Download Format Surat Pemberitahuan Keikutsertaan Siswa dalam ANBK"