Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tugas Teknisi ANBK

ANBK adalah sebuah even bersama yang harus menjadi perhatian seluruh warga sekolah. Untuk mensukseskan penyelenggaraan kegiatan ini, perlu ditunjuk seseorang untuk mengampu tugas tertentu, diantaranya proktor dan teknisi ANBK.

Jika dibanding dengan rincian tugas proktor, maka tugas teknisi ANBK sebenarnya jauh lebih simpel. Intinya, seorang teknisi ANBK bertanggung jawab atas segala hal teknis yang mendukung dan berkaitan dengan jalannya penyelenggaraan kegiatan ini di tingkat satuan pendidikan.

Tugas Teknisi ANBK
Tugas Teknisi ANBK


Daftar Isi:

Rincian Tugas Teknisi ANBK

Pada umumnya, ada dua komponen dalam ANBK, yakni urusan administrasi dan persiapan sarana-prasarana.

Karena berlangsung secara daring atau online, maka jelas kegiatan ini membutuhkan perangkat keras yang sesuai spesifikasi yang sudah ditentukan termasuk juga jaringan internet yang stabil. Di sinilah seorang teknisi ANBK berperan.

Lantas seperti apa rincian tugas dari seorang teknisi ANBK? Ada tiga hal yang menjadi tugas seorang teknisi ANBK, yaitu mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, menyiapkan aplikasi yang akan digunakan serta melakukan perbaikan serta penggantian alat apabila terjadi kerusakan atau masalah. 

1. Menyiapkan Sarana dan Prasana

Dalam melangsungkan kegiatan asesmen nasional secara daring ini, ada beberapa hal yang harus disiapkan, antara lain: 

  • Memastikan komputer dan elemen pendukung primer lainnya, seperti mouse pad dan keyboard dapat berfungsi dengan baik. 
  • Memastikan jumlah komputer yang akan digunakan telah sesuai dengan jumlah peserta ANBK.
  • Memastikan jaringan internet, termasuk juga kabel LAN dan bandwith sudah sesuai spesifikasi yang ditetapkan.
  • Bersama dengan tim perlengkapan, memeriksa dan menyiapkan ruangan pelaksanaan ANBK.

2. Menyiapkan Aplikasi yang Digunakan

Pada pelaksanaan asesmen nasional ini, ada dua mode, yakni semi-online dan online. Keduanya memakai beberapa aplikasi yang sudah dibuat oleh pemerintah, antara lain Exambro untuk peserta dan proktor.

Tugas teknisi selanjutnya adalah bersama-sama dengan proktor untuk memastikan semua aplikasi dan perangkat lunak yang dibutuhkan sudah terpasang dengan baik, termasuk melakukan install perangkat lunak ke masing-masing komputer dan memeriksanya satu persatu. 

3. Melakukan Perbaikan dan Penggantian Peralatan

Tugas teknisi lainnya adalah melakukan perbaikan peralatan bilamana terjadi kerusakan menjelang dan saat berlangsungnya AN.

Untuk itu teknisi, bersama juga dengan proktor dan pengawas harus berada di ruangan dan selalu siap jika terjadi permasalahan yang bersifat teknis.

Meski sudah ditetapkan untuk menyiapkan beberapa komputer cadangan, seorang teknisi akan lebih bijak jika menyiapkan berbagai alat dan perlengkapan lainnya apabila nanti dibutuhkan.

Siapa yang Bisa Menjadi Teknisi ANBK?

Mungkin terbersit pertanyaan, siapa yang bisa menjadi teknisi? Apakah mereka yang memang berfokus di bidang komputer dan instalasi jaringan?

Pada hakikatnya semua warga sekolah yang memiliki kompetensi yang dipandang mumpuni untuk tugas ini, bisa ditunjuk menjadi teknisi dan dikuatkan atau disahkan melalui SK Pengangkatan Proktor, Teknisi dan Pengawas ANBK.

Jangan khawatir karena menjelang ANBK biasanya akan sering diselenggarakan webinar dan pembinaan untuk teknisi maupun proktor.

Jika sudah ditunjuk, maka yang bersangkutan harus segera dibekali dengan surat tugas resmi berbentuk SK, seperti SK Pembentukan Panitia Pelaksanaan ANBK di masing-masing satuan pendidikan. Silahkan dapatkan contohnya di Download SK Panitia ANBK.

Kesimpulan

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa: 

  1. Dalam penyelenggaraan ANBK, perlu ada seorang teknisi.
  2. Tugas teknisi mencakup mempersiapkan dan memastikan semua sarana dan prasarana pendukung penyelenggaraan ANBK dapat berlangsung dengan baik.
  3. Kiranya yang menjadi teknisi adalah seseorang yang mampu dan punya kompetensi yang mumpuni di bidang komputer dan jaringan internet.

Setelah ini silahkan baca dan unduh surat pemberitahuan keikutsertaan siswa dalam ANBK. Demikian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya dalam memahami Tugas Teknisi ANBK

Guritno Adi
Guritno Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Tugas Teknisi ANBK"