Widget HTML #1

7 Ide Aktivitas Pembelajaran Menyenangkan

7 Ide Aktivitas Pembelajaran Menyenangkan. Pasti setiap guru memiliki strategi pembelajaran yang terstruktur dan sistematis dalam mengelola kelas. Namun, bisa saja terkadang para pendidik merasa butuh inspirasi dalam melakukan fun learning.

Seperti yang diketahui, mengelola kelas selama seminggu penuh berpotensi membuat guru kelelahan dan mengalami kebuntuan kreativitas.

Untuk itu sangat penting membaca berbagai sumber yang bermutu, khususnya yang membahas cara-cara aktivtias pembelajaran menyenangkan agar ide selalu mengalir.


Ide Aktivitas Pembelajaran Menyenangkan
kegiatan menyenangkan

Berikut ini adalah 7 aktivitas pembelajaran yang membuat kelas menjadi hidup dan siswa merasakan hakikat pendidikan melalui kegiatan yang menyenangkan. 

1. Menghias Kelas

Sederhana namun bermakna. Menghias kelas bisa jadi tantangan sekaligus ide yang cerdas untuk dieksekusi bersama.

Rubahlah formasi tempat duduk. Bisa berbanjar, melingkar, setengah lingkaran atau bahkan random. Atur ulang agar mendapat nuansa baru.

Menambah pernak-pernik hasil kerja siswa di kelas juga bukan hal yang buruk. Termasuk diantaranya membuat pojok baca mini. Mau ide yang lebih menantang? Bagaimana jika selama dua atau tiga hari memasukkan ikan dalam akuarium sebagai teman belajar? Unik dan pasti seru. 

2. Membuat Kebun Mini

Jangan batasi kreativitas siswa. Dengan ide-ide sederhana namun perencanaan yang matang, peserta didik akan dapat mengaplikasikan keterampilan yang sudah mereka pelajari. Salah satunya dengan berkebun.

Buatlah proyek mini untuk menanam dan menumbuhkan tanaman dalam pot. Lalu pada hari yang sudah disepakai, ajak peserta didik membawa tanaman mereka.

Apa yang bisa dilakukan setelahnya? Tentu saja menanam tanaman mereka sendiri di kebun sekolah. Dengan ini mereka akan belajar bagaimana alam ternyata adalah sumber pengetahuan yang luar biasa.

3. Pembelajaran Luar Kelas

Ceramah cenderung membosankan namun terkadang harus dilakukan. Pembelajaran berbasis direct learning memang punya kelebihan tersendiri. 

Untuk mengatasi rasa bosan, cobalah menyelenggarakan kelas di luar ruangan, seperti halaman belakang sekolah atau bahkan taman kota. Suatu hal yang terdengar menarik, bukan?

4. Menonton Video 

Ada banyak sekali channel Youtube yang bermanfaat dan memiliki konten yang sarat dengan unsur pengetahuan.

Seleksilah beberapa lalu ajak siswa untuk menonton. Tidak harus dokumenter tentang sains, konten berbentuk animasi namun punya nilai pengetahuan juga bisa dipergunakan.

Sebagai referensi, silahkan baca 100 kanal Youtube terbaik yang bisa digunakan dalam pembelajaran. 

5. Bermain Peran

Drama atau bermain peran adalah hal yang menantang namun patut untuk dicoba. Untuk kelas rendah memang cukup sulit tetapi bagi siswa kelas tinggi hal ini akan sangat seru untuk dilakukan. 

Dengan metode pembelajaran berbasis drama, peserta didik akan turut ambil bagian sebagai subyek belajar, alih-alih hanya sebagai pendengar saja. 

Baca juga macam-macam metode pembelajaran terkini.

6. Berkunjung ke Museum atau Kebun Binatang

Pembelajaran tidak melulu harus dilakukan di dalam ruang kelas. Sesekali siswa harus berkunjung ke tempat-tempat tertentu dimana mereka bisa belajar banyak hal yang berbeda. Dua diantaranya adalah museum dan kebun binatang.

Silahkan atur waktu dan prosedur. Tulis surat izin ke pengelola museum atau kebun binatang jika diperlukan. 

Siswa pasti akan suka melihat dan mempelajari sesuatu yang baru di tempat yang berbeda. Mereka akan belajar sekaligus berekreasi. 

Baca juga referensi tentang metode pembelajaran berbasis storytelling.

7. Membuat Pameran Seni Mini

Sangat mungkin sekali ada siswa yang suka menggambar atau melukis. Kenapa tidak memberi mereka kesempatan untuk memamerkan karya mereka? Atau ada yang punya bakat di bidang crafting, seperti membuat patung, teknologi tepat guna ataupun anyaman bambu yang keren.

Buatlah sebuah pameran seni mini. Pada satu atau dua hari, beri mereka kesempatan untuk menyelesaikan karya mereka sebaik-baiknya. Di hari selanjutnya, pajang itu di kelas.

Atur ruang kelas sehingga bisa menampung dan memamerkan dengan baik karya mereka. Semua siswa juga bisa meninggalkan semacam kesan positif seperti emoticon dari kertas atau pesan lainnya kepada karya teman-teman mereka yang lain. 

Meski terdengar sederhana, namun kegiatan-kegiatan di atas berpotensi membantu para pendidik yang ingin menambah ide dalam melakukan fun learning.

Butuh ide lainnya? Kenapa tidak membaca artikel kami tentang cara pembelajaran berbasis membuat poster. Pasti akan sangat membantu. 

Ada yang punya ide kegiatan seru lainnya? Silahkan tambahkan di kolom komentar.

Guritno Adi
Guritno Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "7 Ide Aktivitas Pembelajaran Menyenangkan"