Widget HTML #1

Webinar MBMTA - From Thinkers To Innovators

Pada hari Jum'at, 29 September 2023, penulis berkesempatan untuk mengikuti webinar yang diadakan oleh Mentari Teachers Academy. Adapun tema yang diangkat adalah From Thinkers to Innovators: Nurturing Critical Thinking and Creativity for Primary English Teachers

Acara ini diikuti oleh puluhan guru Bahasa Inggris dari berbagai institut pendidikan, baik negeri maupun swasta. 

Kegiatan yang berlangsung secara daring ini dimulai pukul 15.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Meski badan cukup lelah karena harus mengikutinya seusai jam kerja, tetapi karena aura dari Ms Yuliana yang sangat powerful membuat dua jam serasa kurang lama.

Bertemu Kembali dengan Ms Yuliana Dewi, Trainer Favorit

Webinar Mentari - From Thinkers To Innovators
Webinar Mentari - From Thinkers To Innovators 

Pembicara acara webinar tersebut tidak lain adalah Ibu Yuliana Dewi atau biasa dipanggil Ms Yuli. Beliau adalah trainer untuk Mentari Teachers Academy. Kebetulan penulis sudah cukup sering mengikuti webinar, seminar, pelatihan ataupun workshop yang diasuh oleh beliau.

Secara garis besar, beliau adalah orang yang mampu membuat audiens menjadi terpaku dan terpukau dengan beliau. Ternyata ini memang salah satu strategi yang sengaja dipilih, karena dengan hal itu, maka materi yang disampaikan akan lebih mudah diterima. 

Selain penampilan yang menarik, suara yang jelas serta kemampuan membangun atsmosfer bernuansa interaktif yang hebat kepada para pendengarnya, Ms Yuli selalu memberikan materi dengan cara yang sangat praktikal. 

Bersama dengan Todd Cordy, Ms Yuli adalah dua trainer hebat yang dimiliki oleh Mentari Books maupun Mentari Teachers Academy.

Menjadi Guru yang Kreatif 

Inilah premis yang ingin dibangun oleh Ms Yuli: untuk membuat siswa menjadi kreatif, maka si guru juga terlebih dahulu harus jadi kreatif. 

Penulis sangat setuju dengan premis ini, bahkan penulis pernah menulis artikel mengenai 13 cara meningkatkan kreativitas anak dengan baik. Namun apa yang diberikan Ms Yuli benar-benar membantun mindset baru dalam diri penulis. 

Lalu bagaimana cara menjadi guru yang kreatif? Dari webinar tersebut, ada beberapa hal yang bisa penulis petik: 

  1. Memanfaatkan teknologi
  2. Membuat materi menjadi kontekstual dan relate bagi siswa
  3. Menyampaikan pembelajaran secara interaktif

Itu adalah tiga poin yang bisa penulis dapatkan dari webinar yang luar bisa by Ms Yuli dari Mentari Teachers Academy. Adapun kunci dari itu semua adalah membangun nuansa pembelajaran dengan landasan fun learning

Menyampaikan Pembelajaran dengan Cara Berbeda

Penulis selalu mengagumi Ms Yuli karena workshop yang diasuh beliau selalu bersifat applicable alias bisa langsung dipraktikkan. 

Dalam webinar tersebut, Ms Yuli memberikan beberapa contoh kegiatan, antara lain: 

1. Memanfaatkan Teknologi 

Menyampaikan materi memanfaatkan Wordwall. Seperti diketahui, wordwall adalah salah satu dari 13 website untuk membuat kuis atau ulangan online. Untuk tutorial membuat soal menggunakan wordwall, silahkan klik di sini

Selain wordwall, Ms Yuli juga menggunakan Mentimeter dan Paddlet. Penggunaan aplikasi, software dan program komputer memang bisa memberikan kesan dan cara berbeda dalam penyampaian materi. 

2. Membuat Materi yang Kontekstual 

Bagaimana mengajarkan weather and season kepada siswa kita yang hanya mengenal 2 musim saja: kemarau dan penghujan? Maka caranya adalah buatlah cerita. Misal, seseorang yang pergi ke Korea. 

Membuat materi yang relate dengan kehidupan siswa sangat penting. Dalam hal ini, menurut penulis, guru harus pandai dalam membangun storytelling. Metode pembelajaran storytelling memang cukup menantang tetapi seru untuk dilakukan. 

3. Menyampaikan Pembelajaran secara Interaktif

Dalam sepanjang webinar, Ms Yuli menyampaikan pembelajaran secara interaktif. Beliau memakai interaktif learning model sehingga siswa tertarik. Inilah salah satu bentuk mengajar Bahasa Inggris secara menyenangkan untuk level SD, yakni melibatkan siswa dan memberi siswa kesempatan untuk bicara tanpa harus menyalahkan mereka. 

Guru Harus Terus Belajar

Minggu Belajar - From Thinkers to Innovators
Minggu Belajar - From Thinkers to Innovators

Akhir kata penulis merasa sangat bersyukur bisa mengikuti kegiatan ini. Ada banyak hal yang bisa diperoleh untuk memperkaya metode pembalajaran di kelas nantinya. Memang meski sudah menjadi guru, tetapi tidak ada kata cukup untuk terus belajar. 

Guritno Adi
Guritno Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Webinar MBMTA - From Thinkers To Innovators"