Widget HTML #1

Cara Export dan Import Soal atau Quiz di LMS Moodle

Bagaiman cara untuk melakukan export atau import soal di quiz pada LMS Moodle? Ternyata caranya sangat mudah dan sederhana. 

Seperti diketahui LMS Moodle menjadi salah satu sarana learning management system paling populer hingga saat ini, khususnya sejak boomingnya model hybrid dan blended learning. Alasannya bervariasi, selain memiliki fitur yang lengkap juga mudah digunakan. 

Dalam Moodle, guru maupun administrator course bisa membuat soal untuk peserta LMS. Tidak hanya itu, ternyata soal-soal (questions) di LMS Moodle bisa di-export maupun import. Tentu hal ini sangat memudahkan.

Dengan fitur export soal, maka seseorang bisa memindahkan soal dari suatu akun atau course ke akun atau course lainnya dengan cara import soal tadi.

Misalkan, seseorang mau menggunakan soal dari course tahun lalu. Caranya bisa dengan fitur course reuse atau juga dengan melakukan export soal dan kemudian import ke course yang baru. 

cara export dan import soal di LMS Moodle
cara export dan import soal di LMS Moodle

Cara Export Soal di LMS Moodle Satu Persatu

Berikut ini adalah langkah untuk mendownload soal di LMS Moodle dalam bentuk XML. Langkah ini akan menjelaskan cara mengunduh soal tersebut satu-persatu atau per soal. 

  1. Buka LMS Moodle.
  2. Masuk ke Course yang diinginkan.
  3. Pilih opsi More, cari dan pilih Question Bank.
  4. Akan muncul daftar pertanyaan yang sudah pernah dibuat. Dalam tiap pertanyaan, ada opsi edit. Pilih tanda panah ke bawah yang ada di sebelah pilihan edit, lalu akan muncul daftar opsi lanjutan. Pilih opsi Export as Moodle XML
  5. Question akan diunduh ke komputer dengan tipe XML.

Cara Export Soal di LMS Moodle Per Kategori

Berikut ini adalah langkah untuk mendownload soal di LMS Moodle dalam bentuk XML. Langkah ini akan menjelaskan cara mengunduh soal tersebut tidak satu-persatu melainkan berdasarkan kategori/categories atau per kategori. 
  1. Buka LMS Moodle.
  2. Masuk ke Course yang diinginkan.
  3. Pilih Question Bank.
  4. Pilih opsi Export yang ada di Course Administration.
  5. Pilih format Moodle XML.
  6. Pada Export Category, pilih kategori yang ingin diunduh.
  7. Pilih export question to file.
  8. File soal LMS Moodle akan didownload ke PC/gadget Anda.

Cara Import Soal di LMS Moodle

Setelah soal di dapatkan (dieksport), Anda juga bisa mengunggah file soal tersebut dengan cara import question. Ingat, akan lebih mudah jika tipe soal yang dieksport tadi adalah dalam bentuk XML.

Inilah cara mengunggah (import) kuis atau soal ke LMS Moodle dari PC, Flashdisk, CD atau laptop.

  1. Buka LMS.
  2. Masuk ke Course yang diinginkan.
  3. Pilih opsi More.
  4. Pilih Question Bank.
  5. Pilih Import.
  6. Pilih Moodle XML Format.
  7. Masuk ke kotak dialog, pilih Choose A File atau drag and drop file XML ke kotak dialog tersebut.
  8. Kemudian pilih Upload this file > Import > Continue.
  9. Lakukan perubahan atau edit jika diperlukan. 

Video Tutorial Export dan Import Soal atau Quiz di LMS Moodle

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video di bawah ini. Semua langkah yang dibutuhkan bisa dilakukan hanya kurang dari 1-2 menit saja dan sangat mudah. 

Bagaimana, mudah bukan? Sekarang Anda sudah tahu cara untuk export dan import soal atau quiz di LMS Moodle, sehingga bisa menghemat waktu dan tenaga. Anda juga bisa menyembunyikan soal dari siswa di LMS Moodle

Selain LMS Moodle, Anda juga bisa menggunakan aplikasi lainnya untuk membuat soal. Misalkan Anda bisa menggunakan Worldwall untuk membuat soal online

Demikian, semoga bisa membantu Anda memahami langkah export dan import soal di LMS Moodle dengan mudah dan cepat. 

Guritno Adi
Guritno Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Cara Export dan Import Soal atau Quiz di LMS Moodle"