Widget HTML #1

Cara Cepat Cek Akreditasi Sekolah

Di era keterbukaan seperti sekarang ini, cara cek akreditasi sekolah sangatlah mudah dan bisa dilakukan kapan saja serta siapa saja.

Tidak perlu repot harus mendatangi kantor dinas pendidikan setempat, sekarang hanya dengan bermodalkan internet dan gadget, siapapun bisa mengetahui nilai akreditasi dari setiap sekolah yang ada.

Perlu diketahui nilai akreditasi sekolah adalah sebuah gambaran mengenai penyelenggaraan pembelajaran, kualitas lulusan, hingga sarana dan prasarana di satuan pendidikan.

Sehingga fungsi dari akreditasi sekolah adalah sebagai bagian dari evaluasi dan perbaikan tata kelola dalam satuan pendidikan. 

cara cek status akreditasi sekolah
cara cek status akreditasi sekolah

Saat ini proses akreditasi sekolah dilakukan oleh BANSM melalui aplikasi SISPENA, baik untuk jenjang PAUD hingga SMA/SMK. 

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengetahui nilai akreditasi sekolah yang bisa dipilih dan dilakukan, baik secara daring ataupun tidak. 

1. Cek Status Akreditasi Sekolah Melalui BANSM

Inilah langkah dan cara untuk mengetahui status akreditas sekolah dengan cepat dan terpercaya melalui situs resmi BANSM.

  1. Buka browser, tuliskan alamat berikut: https://bansm.kemdikbud.go.id/akreditasi
  2. Akan ada laman berisi data sekolah yang ingin dilihat nilai atau status akreditasinya. Sebisa mungkin lengkapi kolom tersebut dengan baik dan benar.
  3. Jika semua sudah lengkap, tekan tombol CARI SEKOLAH di bawah kolom-kolom yang ada.
  4. Tunggu beberapa saat, maka web BANSM akan segera menampilkan status akreditasi sekolah yang dicari.

cara cek status akreditasi sekolah melalui BANSM
cara cek status akreditasi sekolah melalui BANSM

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan jika ingin menggunakan cara ini. Sebisa mungkin lengkapi semua data yang ada. Kemudian alih-alih menuliskan nama sekolah di kolom terakhir, tulislah NPSN. Hal ini akan membuat mesin pencari lebih mudah mendapatkan data sekolah yang dimaksud. 

Lakukan langkah diatas untuk mengetahui nilai dan status akreditasi sekolah yang diinginkan. Beberapa keuntungan dari langkah diatas adalah dapat mengetahui secara detail status akreditasi di tahun-tahun sebelumnya. 

2. Cek Akreditasi Melalui Web Sekolah Kita

Selain BANSM, web Sekolah Kita dari DAPODIKBUD juga bisa digunakan untuk mengetahui data sekolah, termasuk nilai dan status akreditasinya. 

  1. Buka browser lalu ketikan alamat https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/
  2. Masukkan nama sekolah yang diinginkan.
  3. Tekan tombol CARI SEKOLAH.
  4. Jika data benar, maka akan muncul informasi mengenai sekolah yang dimaksud, termasuk nilai akreditasinya. 

halaman muka situs SEKOLAH KITA
halaman muka situs SEKOLAH KITA

tampilan profil sekolah beserta nilai akreditasnya
tampilan profil sekolah beserta nilai akreditasnya

Meski bisa digunakan untuk mengetahui status akreditas sebuah sekolah, namun sebenarnya situs ini diciptakan dengan tujuan lebih kepada membandingkan sekolah, termasuk jarak dan fasilitas. 

3. Melalui Situs Resmi Satuan Pendidikan

Pada umumnya setiap satuan pendidikan memiliki sebuah situs resmi dan beberapa akun media sosial. Dalam situs dan laman akun media sosial tersebut, bisa dilihat data status akreditasi yang dimiliki, meski hal ini juga bukan merupakan sebuah kewajiban.

4. Melalui Papan Nama di Sekolah

Cara selanjutnya bisa dikatakan yang paling mudah meski tidak bisa dilakukan secara online. Silahkan berkunjung ke lokasi satuan pendidikan tersebut dan lihatlah papan nama yang ada. 

Pada umumnya dalam papan nama itu tercantum nama, lokasi, dan status akreditasi yang dimiliki. Meski demikian bisa jadi karena satu dan lain hal, informasi dalam papan tersebut tidak diperbaharui. 

Demikianlah cara untuk mengetahui status akreditasi dari sebuah sekolah atau satuan pendidikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. 

UPDATE: Silahkan unduh POS Akreditasi Sekolah dan Madrash 2023.

Guritno Adi
Guritno Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Cara Cepat Cek Akreditasi Sekolah"