Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

13 Ide dan Tips untuk Membuat Video Pembelajaran

Mungkin metode yang paling sukses untuk berhubungan dengan pembelajaran untuk generasi muda saat ini adalah video. Video melibatkan siswa dari segala usia, yang mengarah ke pemrosesan yang lebih efektif, penguatan memori, dan retensi materi yang baru dipelajari. Memasukkan proyek video ke dalam kelas adalah salah satu metode untuk memberikan siswa pengalaman belajar campuran yang bermakna.

CARA MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN
CARA MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN

Jika Anda seorang guru yang mencari ide proyek video untuk siswa atau siswa yang ingin membuat video online untuk membuat video untuk sekolah, lihat ide ini. Proyek video ini dirancang untuk membantu anak-anak tetap terlibat, belajar lebih banyak, dan mengembangkan semangat untuk pendidikan. Berikut adalah beberapa ide dan strategi fantastis untuk membuat video untuk sekolah atau pendidikan:

Ide untuk Video Pendidikan Guru:

Buat video dari tugas tertulis

Video dapat digunakan untuk menyelesaikan tugas tertulis. Guru dapat mendorong siswa mereka untuk menghasilkan video pendek dari proyek mereka, memungkinkan mereka untuk berbagi tujuan pendidikan atau pengalaman dengan audiens yang lebih luas, tidak seperti tugas tekstual yang hanya dapat dibagikan dengan beberapa orang. Selain itu, siswa akan belajar bagaimana memanfaatkan berbagai fungsi pengeditan video saat melakukannya.

Pengumuman ke kelas

Setiap minggu, kirimkan satu set pengumuman singkat untuk memberi tahu siswa tentang peristiwa penting. Anda dapat menggunakan ini untuk membuat video online dan menyoroti tanggal jatuh tempo atau tugas tertentu, membuat kalender minggu sekolah, atau merayakan ulang tahun bersama anak-anak Anda dan teman sekelas mereka. Pengumuman dapat diposting di blog kelas atau dikirim melalui email, atau dapat ditautkan ke situs web kelas.

Merakit platform aktivitas

Promosikan acara dan permainan sekolah dengan memposting video di akun media sosial sekolah. Bagikan cheer rally virtual, pratinjau terbitan surat kabar sekolah yang akan datang, atau umumkan konser dan kegiatan yang akan datang. Sebagai hasil dari posting media sosial Anda, siswa yang terlibat akan merasa lebih terhubung dengan sekolah, dan seluruh siswa akan diingatkan untuk menunjukkan dukungan mereka kepada rekan-rekan mereka.

video pendidikan
video pendidikan

Buat video untuk mempromosikan sekolah Anda

Sangat mudah untuk melupakan bahwa sekolah dan universitas juga merupakan perusahaan. Mereka juga membutuhkan bantuan promosi. Video iklan perguruan tinggi atau universitas yang kuat dapat membuka pintu untuk magang atau prospek karir perguruan tinggi penuh waktu. Mempromosikan sesuatu yang sudah dikenal siswa adalah teknik yang sangat baik untuk mengembangkan kemampuan video persuasif mereka.

Selalu Jangkau Orang Tua, Siswa, Dan Alumni

Sebagian besar jaringan media sosial sekarang lebih memilih konten video daripada teks atau foto, dan individu biasa menghabiskan sekitar dua jam setiap hari di media sosial, menurut New Study. Dengan kata lain, menggunakan video di postingan media sosial Anda dapat memperluas jangkauannya sekaligus memungkinkan Anda menghasilkan postingan yang lebih aktif yang akan menonjol di antara pengikut media sosial sekolah Anda.

Ide untuk Video Sekolah Siswa:

Buat video untuk tugas tertulis

Sebagai aturan, mahasiswa diwajibkan untuk menyerahkan tugas tertulis. Namun, hanya instruktur dan teman sekelas yang memiliki akses ke ini. Alih-alih menulis esai yang panjang, siswa dapat membuat video online untuk membuat video promosi pendek untuk berbagi pekerjaan mereka dengan audiens yang lebih luas dan memperoleh keterampilan dan kemampuan mengedit. Lihat berbagai tutorial pengeditan video yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat video Anda.

Buat portofolio video karya Anda

Ketika anak-anak mencapai sekolah menengah, mereka mulai mempertimbangkan untuk mendaftar ke perguruan tinggi. Ini adalah saat yang tepat untuk mulai memasang portofolio. Guru dapat mendorong siswa untuk membuat video online untuk portofolio guna menunjukkan bakat dan minat mereka. Siswa yang tertarik pada bidang teknologi dan sains, seperti pemrograman komputer atau ilmu alam, dapat menyumbangkan keahlian mereka di bidang ini. Sebagai contoh, lihat portofolio copywriter ini.

Meliput acara dan berita terkini

Siswa perlu menyadari kejadian terkini di komunitas sekolah mereka dan seluruh dunia. Sangat penting untuk terhubung dengan komunitas sekolah, termasuk anak-anak, instruktur, staf, dan orang tua, dengan memiliki program berita sekolah. Ini mungkin proyek kelompok yang mengajarkan siswa pentingnya kolaborasi dan alokasi sumber daya.

Buat video eksperimen ilmiah

Eksperimen ilmiah adalah aspek penting (dan seringkali menyenangkan) dari pendidikan siswa dari sekolah dasar hingga universitas. Memfilmkan eksperimen ilmiah dan mendemonstrasikan bagaimana asumsi siswa terbukti benar (atau salah) dapat membantu siswa mengingat apa yang mereka pelajari dari eksperimen mereka. Ini juga berfungsi sebagai referensi bagi mereka untuk merujuk kembali di masa depan.

Bagikan musim latihan

Waktu, kesabaran, dan latihan terus-menerus diperlukan untuk meningkatkan bakat baru. Dimungkinkan untuk membujuk murid Anda untuk memilih keterampilan yang ingin mereka pelajari dan menilai dedikasi mereka dengan meminta mereka merekam video diri mereka sendiri saat mereka berlatih. Mengetahui bahwa pasangan mereka akan menonton video memotivasi mereka untuk mengambil lebih banyak tindakan dan tetap di jalur.

Jadikan liburan tak terlupakan

Kapan pun waktunya, selalu ada sesuatu untuk disyukuri. Buat film instruksional pendek tentang alat pengeditan tentang liburan kecil yang terkenal dengan meminta siswa merekam surat ke Santa dan Valentine untuk orang tua atau kakek-nenek mereka. Untuk kunjungan ke kelas atau sukarelawan orang tua, siswa bahkan dapat menulis surat terima kasih digital sederhana untuk dikirimkan kepada mereka.

Buat tur video

Siswa dapat membuat video yang menyoroti situs penting atau elemen favorit mereka untuk memperkaya kurikulum IPS. Untuk karyawisata, undang siswa untuk merekam video dan menambahkan narasi sulih suara sepanjang hari sehingga orang lain dapat melihat apa yang telah mereka lakukan. Video tur kampus juga dapat menjadi alat yang efektif untuk memperkenalkan institusi kepada calon mahasiswa dan pengunjung.

Buat video penilaian diri

Sangat penting untuk mempertahankan nilai yang baik. Di sisi lain, penilaian diri adalah alat yang berguna bagi siswa yang ingin meningkatkan keterampilan mereka secara bertahap. Membuat video penilaian mandiri memungkinkan siswa untuk mengambil bagian yang lebih aktif dalam proses penilaian sambil juga memberi mereka metode unik untuk menunjukkan upaya mereka di kelas. Selain itu, ini memungkinkan siswa untuk membangun kasus untuk nilai mereka, keterampilan yang akan berguna untuk evaluasi kinerja di masa depan.

Kesimpulannya

pembelajaran kreatif melalui video
pembelajaran kreatif melalui video

Tidak diragukan lagi bahwa proyek video seperti ini membantu anak-anak belajar dan berkembang, dan bahkan dapat memicu minat baru dalam pembuatan film, mengajar, atau berbagai karier dan hobi lainnya. Contoh di atas menunjukkan bagaimana Anda dapat menghasilkan video Anda menggunakan ide proyek video untuk siswa dan tutorial. Sangat menyenangkan bagi siswa untuk mengerjakan proyek video karena mendorong kreativitas, menumbuhkan kerja sama, dan memberikan produk jadi yang dapat dibanggakan.

Meta: Ide proyek video membantu siswa tetap terlibat, belajar lebih banyak, dan mengembangkan semangat untuk pendidikan. Proyek video ini dirancang untuk membantu anak-anak tetap terlibat, belajar lebih banyak, dan menciptakan semangat untuk pendidikan. Gunakan contoh-contoh ini untuk membuat video online dan menghasilkan proyek video Anda menggunakan alat pengeditan video yang hebat.

Adi
Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "13 Ide dan Tips untuk Membuat Video Pembelajaran"