6 Sekolah Kedinasan Gratis Langsung Kerja

Sekolah kedinasan merupakan sebuah institusi khusus yang berada di bawah naungan departemen maupun lembaga negara tertentu. Banyak orang bermimpi bisa melanjutkan pendidikan di sekolah-sekolah tersebut karena selain gratis juga dipastikan akan langsung bekerja begitu lulus.

Sekolah ikatan dinas - esaiedukasi.com
6 Sekolah Kedinasan di Indonesia


Tentu saja ini berbeda dengan sekolah atau perguruan tinggi lainnya dimana alumninya masih harus mencari pekerjaan kesana kemari begitu dinyatakan lulus.

Jika Anda merupakan siswa atau mahasiswa sekoah ikatan dinas, maka biasanya begitu lulus akan langsung berstatus ASN atau pegawai negeri sipil.

Padahal untuk bisa menjadi seorang pegawai negeri harus melalui serangkaian tes yang sangat sulit. Inilah keistimewaan dari mahasiswa ikatan dinas.

Mengapa banyak orang ingin masuk sekolah ikatan dinas? Jika dirangkum, maka inilah beberapa hal yang membuat orang berlomba-lomba masuk ke sana. Beberapa diantaranya :

1. Gratis.

2. Mendapatkan layanan pendidikan yang berkualitas.

3. Mendapatkan berbagai tunjangan dan uang saku.

4. Gengsi. Banyak orang terlalu meninggikan mereka yang berhasil masuk sekolah kedinasan.

5. Langsung mendapatkan pekerjaan begitu lulus.

Lantas mana saja sekolah kedinasan di Indonesia? Ternyata cukup banyak namun masing-masing memiliki konsentrasi disiplin ilmu yang berbeda.

Untuk Anda yang masih duduk di bangku SMA atau bahkan SMP, maka persiapkan dirimu dari sekarang dan bacalah penjelasan di bawah ini baik-baik.

Baca juga 60 Metode dan Model Pembelajaran Terbaik untuk Pembelajaran di Kelas.

1. PKN STAN

PKN STAN - esaiedukasi.com
Lambang PKN STAN

Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akutansi Negara atau biasa disingkat PKN STAN merupakan institusi pendidikan di bawah naungan Kementrian Keuangan Republik Indonesia.

Dari sekian banyak sekolah tinggi kedinasan, STAN merupakan yang paling populer karena selain gratis, lulusannya akan langsung menjadi pegawai di lingkungan Kemenkeu, sebuah posisi yang tentu saja sangat mentereng.

Kampus STAN terletak di Tangerang Selatan, Banten. Sekolah ini didirikan pada 1952 dan kini memiliki banyak sekali program studi, yaitu :

• Program Studi Diploma III / IV Akuntansi
• Program Studi Diploma I / III Pajak
• Program Studi Diploma III Penilai / Pajak Bumi dan Bangunan
• Program Studi Diploma I / III Kepabeanan dan Cukai
• Program Studi Diploma I / III Kebendaharaan Negara
• Program Studi Diploma III Manajemen Aset

Untuk bisa masuk STAN, seorang harus mengikuti serangkaian tes saringan masuk yang tentu saja tidak mudah, karena harus berhadapan dengan banyak sekali pesaing dari seluruh Indonesia.

Baca juga Ingin Sukses dan Kaya? Ubah dan Lakukan Gaya Hidup Ini. 

2. STSN

STSN - esaiedukasi.com
Lambang STSN

Salah satu perguruan tinggi ikatan dinas yang lulusannya langsung bekerja menjadi PNS adalah STSN. Hal ini tentu saja memberikan prestise tersendiri bagi almunusnya.

STSN didirikan berdasarkan surat Mendiknas tanggal 17 Januari 2002, dan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2003 tanggal 17 April 2003 tentang Pendirian Sekolah Tinggi Sandi Negara.

STSN sendiri adalah kependekan dari Sekolah Tinggi Sandi Negara, sebuah institusi khusus di bawah Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia.

Perguruan tinggi ini juga satu-satunya yang memberikan pendidikan di bidang persandian di Indonesia. STSN dibentuk  untuk meningkatkan kualitas SDM dalam bidang siber, persandian, sandi, teknologi informasi dan dan keamanan digital.

Walau lulusannya sama-sama pasti langsung jadi ASN dan bekerja di kementrian yang mentereng, nama STSN masih kalah populer dibanding STAN dan lainnya. Ini tentu saja kesempatan untuk Anda yang ingin jadi PNS lewat jalur sekolah kedinasan.

Baca juga Ide Bisnis Sampingan Tanpa Modal Untung Besar untuk Mahasiswa.

3. Politeknik Statistika STIS

STIS - esaiedukasi.com
Lambang Politeknik Statistika STIS

Ingin kuliah gratis dan langsung kerja, maka STIS jawabannya. Ini adalah sebuah perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik.

STIS atau Sekolah Tinggi Ilmu Statistika berdiri pada tahun 1958 melalui surat keputusan yang dikeluarkan Perdana Menteri Indonesia saat itu, yakni Ir Djuanda.

Sekolah kedinasan yang fokus menyiapkan ASN yang ahli dan profesional di bidang statisik tersebut menyediakan  dua jurusan untuk Program Diploma IV. Dua jurusan tersebut adalah Komputasi Statistik dan Statistika.

Jurusan Komputasi Statistik akan berfokus pada teknik pengolahan data, membuat program, dan analisis data serta teknik penyusunan sistem informasi statistik.

Adapun pada perkembangannya, Jurusan Statistika terbagi menjadi 2 bidang peminatan, yaitu Statistika Ekonomi yang mempelajari statistik terapan bidang ekonomi sehingga mampu melaksanakan kegiatan dan analisis data statistik harga-harga, produk domestik regional bruto, neraca wilayah, indikator ekonomi, dan lain sebagainya.

Sedangkan bidang Statistika Sosial dan Kependudukan yang mempelajari statistik terapan bidang statistik sosial, kependudukan, dan demografi sehingga mampu melakukan analisis dan pelaporan di bidang sosial, kependudukan, dan demografi.

Baca juga Awas Pekerjaan-Pekerjaan Ini Akan Hilang Karena Kemajuan Zaman.

4. STMKG

STMKG - esaiedukasi.com
lambang STMKG

Apakah ada sekolah dinas yang lulus langsung kerja? Ada dan salah satunya adalah STMKG yang makin lama nampaknya makin populer di kalangan masyarakat.

STMKG merupakan singkatan dari Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. Dahulu institusi ini bernama AMG atau Akademi Meteorologi dan Geofisika. Mahasiswanya biasa disebut dengan nama Taruna STMKG. Kampusnya terletak di  Jalan Perhubungan I Nomor 5, kompleks Metro, Pondok Betung, Bintaro, Tangerang.

Lulusan STMKG akan langsung jadi PNS dan bekerja di Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau lebih dikenal dengan nama BMKG. Tertarik ingin jadi taruna di sana? Ayo persiapkan dirimu dengan segera.

Baca juga Susah FOKUS? Ini Solusinya

5. STPN

STPN - esaiedukasi.com
Lambang STPN

Kini kurangnya biaya bukan lagi halangan asalkan tekad untuk melanjutkan pendidikan selalu membara. Anda bisa mencoba mendaftar di STPN yang tidak memungut biaya atau gratis.

STPN atau Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional merupakan sebuah perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Pertanahan Nasional atau BPN.

Sesuai namanya, STPN memfokuskan diri untuk mencetak alumni yang memahami dan menguasai perihal ilmu pertahanan secara profesional.

Baca juga Cara Untuk Mewaspadai dan Melawan Tindakan Bullying di Sekolah

6. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan - esaiedukasi.com
lambang Poltekip

Satu lagi sekolah kedinasan yang bakal menyediakan pendidikan tanpa biaya plus lulus berkesempatan menjadi abdi negara. Sekolah tersebut bernama Poltekip atau Politeknik llmu Pemasyarakatan.

Poltekip menerima pendaftaran calon taruna baru dari jenjang SMA sederajat yang siap dididik untuk menjadi PNS di bidang pemasyarakatan. Segera persiapkan diri Anda mulai sekarang.

Baca juga 11 Tips Menulis Esai yang Baik.

Itulah enam sekolah ikatan dinas tanpa biaya yang alumninya tidak perlu lagi pusing-pusing mencari lowongan kerja karena sudah tersedia kesempatan menjadi abdi negara atau PNS. Kuliah gratis plus langsung jadi ASN.

0 Response to "6 Sekolah Kedinasan Gratis Langsung Kerja "

Post a comment

Artikel Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel