Blog Tentang Pendidikan Dan Pengembangan Diri

Breaking

24 February 2019

9 Peluang Usaha Untuk Anak SMA


9 peluang usaha untuk anak sma [esai edukasi blog pendidikan dan pengembangan diri]

Sebenarnya ada banyak peluang usaha yang bisa dicoba untuk kamu yang masih SMA. 

Memang benar tugas utama seorang pelajar adalah belajar. Tetapi jika ternyata mampu berprestasi secara akademik plus sudah punya pengalaman menjalankan bisnis atau sebuah usaha, tentu akan menjadi modal yang bagus buat kamu ke depannya.

Berikut Esai Edukasi, sebagai blog yang berfokus pada dunia pendidikan dan pengembangan diri, merangkum 9 peluang usaha yang bisa kamu lakukan sebagai anak SMA.


menjadi blogger [esai edukasi-9 peluang usaha untuk anak sma]

1. Menjadi Blogger.

Menjadi blogger merupakan salah satu peluang usaha yang bagus, bahkan untuk anak SMA. Keuntungan dari menjadi blogger sebagian besar berasal dari adsense. Lakukan kegiatan ngeblog di sela-sela kegiatan belajar kamu.




Jangan takut kehabisan ide. Sebagai anak SMA, tentu kamu memiliki banyak hal untuk dibagikan. Ceritakan dan kemas itu menjadi artikel yang menarik.

Dalam dunia blog, umur sebuah blog sangat berpengaruh. Jika blogmu belum sukses, setidaknya kamu sudah berpengalaman dan blogmu sudah memiliki jam terbang yang cukup banyak.

Jangan kaget, walau masih SMA, tetapi peluang usaha menjadi blogger sudah merupakan hal yang umum di luar sana. Banyak blogger yang memulai blognya ketika mereka masih SMA, atau bahkan SMP.

Tips : pilihlah satu dari 3 paltform blog yang paling umum; wordpress gratis, wordpress berbayar dan blogspot. Tidak perlu meributkan tema dan bahasa pemrograman, Fokuslah pada bagaimana cara membuat artikel yang menarik. Baca artikel ini agar kamu lebih memahami apa itu blog : Pengertian, Jenis dan Manfaat Blog


menjadi youtuber  [esai edukasi - 9 peluang usaha untuk anak sma]

2. Menjadi Youtuber.

Dewasa ini, peluang usaha menjadi seorang youtuber makin menjanjikan. Banyak sekali contoh youtuber yang kemudian sukses dan menjadi kaya raya. Tapi ingat, jika kamu belum sukses, setidaknya kamu sudah memiliki pengalaman untuk mencoba.

Keuntungan youtuber, sama seperti blog, sebagian besar juga dari adsense. Tetapi adsense untuk youtube secara umum lebih besar dibanding untuk blog. Maka dari itu menjadi youtuber merupakan salah satu peluang usaha yang baik untuk kamu anak SMA.

Tips : Tidak perlu memaksakan diri memiliki kamera atau laptop dengan spesifikasi tinggi, pakai saja Handphone dan laptop dengan spesifikasi yang secukupnya. Cari panduang bagaimana cara membuat video dengan segala keterbatasan yang mungkin kamu miliki. Efek memang penting, tapi alur dan nilai dari video kamu akan tetap menjadi yang utama.


menjadi selebgram [esai edukasi - 9 peluang usaha untuk anak sma]

3. Menjadi Selebgram.

Berbeda dengan blog atau youtube, instagram tidak memberikan ruang untuk adsense. Tetapi tetap kamu bisa mengais rupiah dari sini. Caranya yaitu menerima tawaran untuk meng-endorse suatu produk.

Kamu harus membuat akun instagram dan mengisinya dengan foto yang berkesan. Membeli follower dan like merupakan suatu jalan pintas untuk bisa meningkatkan popularitas instagrammmu. Tetapi tetap kamu harus punya foto-foto yang membuat orang suka dan memberi like.

Tips : pilihlah sebuah tema, seperti misal harajuku. Unggah foto-foto kamu dengan tema harajuku secara konsisten. Orang akan lebih menyukai dan ingat pada instragam kamu.

menjadi dropshipper [esai edukasi-9 peluang usaha untuk anak sma]

4. Menjadi Dropshipper.

Menjadi dropshipper juga merupakan sebuah peluang usaha yang baik untuk kamu yang bahkan masih SMA.

Dropshipper berarti kamu menjadi seorang perantara antara produsen dan pembeli. Manfaatkan salah satu platform toko online. Kamu tidak perlu menyetok barang. Biarkan produsen yang mengirimkan barangnya ke pembeli kamu.

Tips : Buatlah toko di lebih dari satu toko online. Fokuslah pada barang-barang yang kamu suka atau yang memang memiliki banyak pembeli potensial. Selalu responsif dan jawab semua pertanyaan dari pembel/calon pembeli kamu.

menjadi penulis [esai edukasi-9 peluang usaha untuk anak sma]

5. Menjadi Penulis.

Ini adalah salah satu peluang usaha yang sangat baik untuk kamu pilih, walau kamu masih SMA.

Buat tulisan yang menarik dan kirim ke berbagai media, baik offline maupun online.

Ada banyak sekali media yang sudah tidak sabar menanti tulisan dari kamu. Salah satu media itu adalah kami, esai edukasi. Kami menyediakan ratusan ribu rupiah untuk setiap tulisan yang kami tayangkan. Klik halaman ini untuk mengetahui lebih lanjut.



Atau jika kamu mau tau media-media lain yang siap menerima tulisan kamu, kamu bisa lihat di artikel ini.


Tips : Baca dan kenali dulu media yang akan kamu kirimi artikel. Pastikan artikel kamu cocok dengan topik yang mereka sediakan. Percantik artikel kamu dengan foto original. Latihlah keterampilan menulismu. Baca panduan-panduan untuk membuatmu makin luwes dalam menulis. 


menjadi penyiar radio [esai edukasi - 9 peluang usaha untuk anak sma]

6. Menjadi Penyiar Radio.

Walau kini masa kejayaan radio sudah lewat, tetapi platform yang satu ini tetap memiliki pendengar loyal. Selalu ada orang-orang yang mendengarkan radio setiap harinya. Yang perlu kamu lakukan adalah menawarkan dirimu untuk menjadi penyiar dengan nuansa dan rasa yang berbeda.

Cobalah mendengar dan berlatih menjadi seorang penyiar yang baik.

Banyak sekali contoh penyiar yang akhirnya sukses menjadi artis, penyanyi, penyiar berita di televisi ataupun pengisi suara. Menjadi penyiar radio tetaplah merupakan suatu peluang usaha yang harus kamu pertimbangkan.

Tips : Rajinlah berlatih. Milikilah karakter yang unik sehingga pendengar dengan mudah mengenali dan mengingatmu.


usaha makanan [esai edukasi - 9 peluang usaha untuk anak sma]

7. Usaha Makanan.

Sudah menjadi rahasia umum jika usaha makanan adalah usaha yang paling menjanjikan. Mengapa? Karena semua orang butuh makan. 

Kamu juga bisa terjun ke bisnis ini. Mulai dari memproduksi kue-kue kecil hingga makanan-makanan kekinian. Jangan takut, malu atau gengsi. Jika sudah sukses, kamu sendiri yang senang, bukan?

Tips : Tontonlah berbagai tips memasak dan membuat makanan. Pastikan makananmu memiliki ciri khas. Tawarkan ke orang terdekat atau maksimalkan media sosial kamu.

menjadi part-timer [esai edukasi-9 peluang usaha untuk anak sma]

8. Menjadi Part-timer.

Menjadi part-timer atau bekerja paruh waktu bukanlah hal yang umum. Di negara-negara yang sudah maju, Jepang dan Amerika misal, banyak anak-anak SMA yang magang di kafe, konveksi, usaha kerajinan atau makanan. 

Untuk kultur negeri kita, kalian bisa coba melamar di konter pulsa, toko fotokopi, atau distro.

Tips : Sambil menyelam minum air. Pelajari semua yang bisa kamu ambil, baik cara produksi, sistem pemasaran atau manajemen keuangannya. Ini akan menjadi modal berharga bagi kamu selanjutnya. 


menjadi peternak [esai edukasi - 9 peluang usaha untuk anak sma]

9. Menjadi Peternak.

Mungkin kamu belum bisa membuat peternakan skala besar, tetapi kamu bisa memulai dari level yang paling sederhana.

Pilih salah satu, bisa join dan membantu peternak lainnya sebagai tenaga serabutan atau membuka usaha sendiri.

Cobalah beternak lele, ayam atau burung. Pastikan semua itu tidak mengganggu kegiatan belajarmu. Pastikan juga lahan atau lingkungan kamu mendukung. 

Tips : Belajarlah dari peternak atau orang yang sudah pernah beternak. Jika lahanmu sempit, bisa dengan mulai beternak ikan hias, burung kicauan atau kelinci. 

18 comments:

  1. terimakasih artikelnya sangat bermanfaat.
    dan saya sepertinya sebagai mahasiswa memilih ngeblog untuk kerja sampingan. hehehe

    ReplyDelete
  2. Inspiratif banget gan, jadi inget dulu waktu sma pernah jadi dropshipper kaos dan sweater, lumayan buat nambah2 uang jajan.... Dan sekarang alhamdulillah naik pangkat jadi penyedia barang untuk para dropshipper anak sma di daerahku 😊👌

    ReplyDelete
  3. Mau tanya gan? Itu di poin 1, emang klo bikin blog wordpress bisa gratis ya? Bukannya kita harus beli hosting juga,,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada 2 jenis wordpress, yakni
      1. Gratis dengan memakai subdomain (dot) wordpress (dot) com dan hostingnya masih gratis.
      2. Berbayar jika membeli hosting dan domain sendiri, yakni wordpress (dot) org

      Delete
  4. Berkreasi dan berinovatif itu penting bagi anak muda, karna kalau otak tdk prnh diasah dia tdk akan bisa berkreasi dn tak akan kuat bersaing dgn org lain;)

    ReplyDelete
  5. sewaktu masa SMA dulu,saya sering kali menuangkan ide - ide di mading(majalah dinding)sekolah. Kebiasaan ini membuat saya menjadikannya hobi sebagai penulis. Finally,hobi itu sekarang berbuah manis. Menjadi seorang penulis di salah satu web terkenal di Indo :D.
    Yang terpenting asalkan hobi itu tersalurkan,rezeki pun datang :D
    Great artikel.

    ReplyDelete
  6. Thanks gan infonya, lebih enakan jadi blogger & youtubers sih menurutku...

    ReplyDelete
  7. Hai Kak... Kalau aku sejak SMA jadi part-timer & penjual makanan.
    Jadi lumayan untuk uang tambahan buat beli buku / beli snack.

    Semoga siswa SMA bisa membaca peluang ini ya Kak.

    ReplyDelete
  8. jadi blogger pilihan yang terbaik jika menguasai bidang it, mantap gan nice info.

    ReplyDelete
  9. keren artikelnya, dulu waktu saya masih SMA yang paling tertarik atau bisa dikatakan hobby adalah menjadi blogger sekaligus menjadi penulis. Dan sampai sekarang saya melakukan itu.

    ReplyDelete
  10. Sebenernya bukan hanya utk ank SMA hehe ane juga kuliyah juga ngeblog kok

    ReplyDelete
  11. Wah, terimaksih atas infonya, bleh dicoba nih, hehehe

    ReplyDelete
  12. Berwirausaha sebaiknya memang dilatih sedari dini agar kelak bisa mendiri.

    ReplyDelete
  13. Mangap gan artikel nya..bermanfaat

    ReplyDelete