Cara Membuat Anak Suka Belajar

Salah satu keluhan orang tua adalah sulitnya membuat anak suka belajar. Padahal belajar merupakan sebuah keharusan untuk bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan di masa depan.

cara membuat anak senang belajar
Tips Membuat Anak Suka Belajar

Lalu bagaimana cara mengatasi anak yang tidak suka belajar? Apakah harus memaksanya? Ternyata tidak. Kali ini Esai Edukasi akan memberikan tips jitu agar anak anda suka belajar tanpa harus melulu dipaksa.

Memberi Stimulus


Dalam teori belajar Behaviorisme Ivan Pavlov, dikenal adanya stimulus dan respon. Manusia akan belajar dengan cara merespon setiap stimulus yang diberikan padanya. Hal ini bisa Anda aplikasikan dengan buah hati.

Berikan rangsangan yang tepat kepada anak agar ia terpancing untuk mau belajar. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan antara lain adalah :

Memberi Reward


Berikan semacam penghargaan untuk Anak anda. Belajar tidak semudah itu. Ketika ia mau untuk melakukannya, ia berhak mendapat reward. Tidak perlu mahal, bahkan hanya beberapa kata pujian sudah lebih dari cukup. Hal ini pertama-tama akan memberikan stimulus yang baik untuk membuatnya mencintai pengetahuan.

Ciptakan Lingkungan Pendukung Belajar


Ini juga adalah hal yang penting. Ciptakan lingkungan yang mendukung si buah hati untuk belajar. Anda bisa melengkapi kamarnya dengan berbagai poster pembelajaran atau membeli banyak buku bacaan menarik. Buat juga ruangan khusus untuk belajar yang tenang agar anak bisa fokus membaca atau menulis.

Pembiasaan


Tumbuhkan juga kebiasaan belajar sedari dini secara terus menerus. Hal ini akan menanamkan suatu pengalaman tersendiri dalam ruang bawah sadar anak Anda.

Beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk membuat Anda terbiasa belajar antara lain :

Jadwal Belajar Rutin


Buat jadwal rutin untuk belajar. Kalau bisa jangan Anda yang menentukan sendiri, namun ajak buah hati juga belajar menentukan jadwal belajarnya. Hal ini akan membangun kebiasaan yang baik.

Menumbuhkan Kebiasaan Membaca


Sangat sulit untuk menumbuhkan kebiasaan membaca jika sudah terlambat. Terkhusus di Indonesia, minat membaca anak memang sangat rendah. Untuk itu, sedari dini biasakan anak selalu membaca sesering mungkin.

Mendampingi Anak Belajar


Kenapa anak tidak suka belajar? Karena bisa dua hal : tidak tahu cara belajar yang baik dan merasa tidak ada manfaatnya. Pertanyaannya, sebagai orang tua dimana anda berada?

Sebelum berusaha membuat anak suka belajar, cobalah dampingi mereka. Pantau dan bimbing jika ada kendala. Anak akan merasa terbantu dan yakin bahwa apa yang mereka pelajari.

Sadarkan Bahwa Belajar Itu Penting


Anak tak akan mau belajar jika ia tak menyadari bahwa itu penting. Belajar cenderung melelahkan dan membosankan. Di sinilah kunci utamanya. Berikut adalah tips agar Anda mampu membuat anak gemar belajar.

Menjadi Role Model


Jadilah teladan. Alih-alih bermain game online seharian di depan anak Anda, bacalah buku atau koran. Berdiskusilah dengan buah hati tentang suatu materi pelajaran. Tunjukkan bahwa Anda juga gemar belajar dan hal itu sangat penting untuk kehidpan mereka ke depan.

Memberi Motivasi


Anak sangat membutuhkan motivasi belajar, khususnya untuk bisa membiasakan diri belajar. Anda bisa memotivasi mereka belajar dengan menceritakan bagaimana kebiasaan tokoh-tokoh besar dan betapa kesuksesan mereka sangat terbantu karena kemauan mereka belajar.

Cerita-cerita motivasi tersebut akan memantik semangat anak untuk terus belajar. Ini juga adalah tips terbaik agar Anak anda suka belajar tanpa dipaksa.

Mengajarkan Cara Belajar Yang Benar


Bagaimana cara belajar yang benar? Apakah menyalin 100 lembar buku? Tidak! Ajarkan Anak cara belajar yang benar. Pandu mereka untuk menarik kesimpulan dari apa yang mereka baca. Bimbing mereka untuk memahami berbagai rumus, formula maupun esai yang mereka pelajari.



Ternyata membuat anak gemar belajar bukan hal yang sulit. Silahkan coba tips di atas dan semoga berhasil. Baca juga konten parenting dan pendidikan lainnya hanya di blog kesayangan Anda, Esai Edukasi Dot Com.

Post a Comment

0 Comments