Widget HTML #1

Profil Jeannette Wing Sebagai Penemu Konsep Computational Thinking

Jeannette M. Wing, seorang ilmuwan komputer terkemuka, lahir pada 15 Desember 1956, di Moskow, Rusia. Ia dikenal sebagai salah satu pemimpin intelektual dalam dunia komputasi dan telah memberikan kontribusi yang luar biasa terutama dalam memperkenalkan dan mengembangkan konsep Computational Thinking (CT).

Pendidikan dan Karir Awal

Wing menerima gelar Sarjana Matematika dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada tahun 1978 dan melanjutkan studi pascasarjana di Stanford University, meraih gelar Master dan Doktor dalam Ilmu Komputer. Setelah menyelesaikan pendidikannya, ia bergabung dengan fakultas di University of Southern California sebelum kemudian menjadi anggota fakultas di Carnegie Mellon University pada tahun 1985.

Pionir Computational Thinking

Jeannette M. Wing memainkan peran kunci dalam mengenalkan dan mengembangkan konsep Computational Thinking. Dengan kata lain, ia adalah tokoh utama dalam sejarah perkembangan computational thinking

Pada tahun 2006, ia merilis artikel seminalnya yang berjudul "Computational Thinking" yang diterbitkan di jurnal "Communications of the ACM." Dalam artikel ini, Wing memberikan definisi formal CT sebagai "cara berpikir tentang masalah, desain, dan solusi yang melibatkan konsep-konsep fundamental dari ilmu komputer."

Kontribusi Utama dalam Computational Thinking

1. Definisi Unsur-unsur CT

Wing mengidentifikasi empat unsur kunci dalam Computational Thinking, yaitu Dekomposi, Abstraksi, Identifikasi Pola, dan Algoritma. Ia merinci setiap unsur, memberikan landasan konseptual yang kokoh untuk memahami dan mengajarkan CT.

2. Pengaruh pada Pendidikan

Kontribusi Wing tidak hanya berhenti pada penelitian tetapi juga mencakup pengaruh besar pada dunia pendidikan. Konsep CT yang dia definisikan telah menjadi landasan untuk pengembangan kurikulum dan pembelajaran di berbagai tingkat pendidikan.

3. Pengembangan Komunitas Ilmiah

Wing juga telah berperan aktif dalam membentuk dan mengembangkan komunitas ilmiah di bidang ilmu komputer. Ia terlibat dalam berbagai inisiatif dan organisasi yang memajukan ilmu komputer dan teknologi informasi.

Penghargaan dan Pengakuan

Jeannette M. Wing telah meraih berbagai penghargaan prestisius atas kontribusinya. Ia terpilih sebagai presiden Association for Computing Machinery (ACM) pada tahun 2006 dan menjadi anggota National Academy of Engineering pada tahun 2007.

Jeannette M. Wing: Visioner di Balik Computational Thinking

profil Jeannette Wing
Jeannette Wing - TU Wien Informatics

Jeannette M. Wing adalah figur kunci dalam dunia ilmu komputer dan pendidikan. Kontribusinya dalam mempopulerkan dan mengembangkan apa itu Computational Thinking serta memberikan dampak yang signifikan, memandu pengembangan kurikulum pendidikan dan meningkatkan cara kita memahami dan menyelesaikan masalah menggunakan konsep ilmu komputer. 

Dengan karya dan visinya, Wing membuktikan dirinya sebagai salah satu visioner di bidang ilmu komputer modern.

Guritno Adi
Guritno Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Profil Jeannette Wing Sebagai Penemu Konsep Computational Thinking"