Widget HTML #1

Selamat Merayakan Hari Raya Idul Adha 1444H - 2023

Di tengah gonjang-ganjing perubahan yang kian mendesak ditambah semakin dekatnya tahun politik, bangsa Indonesia bisa memanfaatkan momen indah Hari Raya Idul Adha dengan berefleksi sedalam-dalamnya.

Momen Idul Adha kali ini cukup spesial karena kembali kita merayakannya dengan gegap gempita namun tetap syahdu setelah 3 tahun dipukul pandemi dimana segenap elemen bangsaa 'terpaksa' harus membatasi pergerakan dalam segala bidang.

Pemerintah dengan segala upayanya, khususnya dalam menanggulangi pandemi terpaksa memberlakukan PSBB dan pembatasan lainnya. Tentu sedikit banyak hal itu berpengeruh bagi masyarakat Indonesia yang memang sangat relijius.

Kini semua sudah mulai kembali seperti semula, dimana kita tidak dibatasi untuk melakukan dan melangsungkan kegiatan keagamaan, termasuk prosesi penyembelihan hewan kurban.

Apa refleksi yang bisa dilakukan dalam momen bahagian kali ini? Esai edukasi mencatat 3 poin utama, yakni: 

  • Kesediaan untuk berbagi kepada sesama. Sosialisme khas masyarakat Indonesia memang kuat dan itu bisa dilihat bagaimana ternyata kita punya semangat besar untuk memeriahkan Idul Adha dengan berbagi hewan kurban dengan berbagai cara.
  • Toleransi tinggi dimana hari raya ini dan juga Idul Fitri adalah semacam fenomena nasional yang juga dinikmati oleh setiap elemen masyarakat. Di banyak tempat, masjid membagikan daging kurban kepada semua anggota masyarakat.
  • Peningkatan iman dan taqwa yang merupakan pengamalan dari sila pertama Pancasila. Hal ini harus terus dipupuk sekaligus juga menjadi semangat yang baik kedepannya. Ini juga merupakan tujuan dari Profil Pelajar Pancasila.

Idul Adha 1444 H
Idul Adha 1444 H

Indonesia juga masih memiliki banyak hal untuk dihadapi. Sosialisasi Merdeka Belajar sebagai landasan utama kurikulum merdeka harus terus didukung oleh semua stake holder yang ada. 

Perbedaan kurikulum merdeka dan kurtilas cukup signifikan. Ada banyak segi yang berubah, baik itu struktur, asesmen hingga adanya metode ajar dan cara pandang. 

Salah satu perubahan tersebut adalah adanya KKTP sebagai pengganti dari KKM yang selama ini menjadi patokan dalam hasil belajar. 

Akhir kata, meski banyak PR khususnya di bidang pendidikan, kami berharap semangat yang baik ini dapat terus terjaga. Selamat merayaakan Hari Raya Idul Adha 1444 H. Salam pendidikan!

Guritno Adi
Guritno Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Selamat Merayakan Hari Raya Idul Adha 1444H - 2023"