Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Login SISPENA 2.0

Cara Login SISPENA 2.0 terbaru untuk keperluan akreditasi sekolah. Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai apa itu SISPENA beserta fungsi, tujuan dan penjelasannya sehingga pembaca sekalian memahami keberadaan produk terbaru dari BAN-SM tersebut terkait dengan program akreditasi untuk SD, SMP, SMA, dan SMK.

Selain itu akan diberikan tutorial dan cara login SISPENA terbaru sehingga pembaca bisa langsung mencobanya melalui akun sekolah masing-masing.

Terakhir disajikan pula dokumen resmi tutorial login dan menggunakan SISPENA SM untuk level sekolah dasar dan menengah yang dikeluarkan oleh BAN-SM (Badan Akreditasi Nasional - Sekolah/Madrasah) secara resmi.

Apa itu SISPENA 2.0?

Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya atau belum mengetahui apa itu SISPENA. Jadi secara singkat, SISPENA adalah sebuah website yang berfungsi sebagai sistem penilaian akreditasi untuk jenjang sekolah dasar dan menengah, yakni SD, SMP, SMA, SMK dan Madrasah.

SISPENA sendiri merupakan singkatan dari sistem penilaian akreditasi sekolah. Sistem ini berbasis web sehingga bisa diakses kapanpun dan dimanapun menggunakan gadget yang tersambung dengan internet.

SISPENA terdiri dari dua jenis, yakni : 

  • SISPENA PAUD dan PF untuk jenjang PAUD dan Pendidikan Non Formal
  • SISPENA S/M untuk jenjang Sekolah dan Madrasah. 

Untuk artikel kali ini akan berfokus pada SISPENA S/M, termasuk juga tutorial lengkap cara masuk dan mengakses sispena untuk sekolah dan madrasah tersebut.

Lantas Apa Fungsi SISPENA? 

Secara umum tujuan dan fungsi dari web sispena adalah sebagai sarana untuk akreditasi berbasis digital sehingga sekolah yang mengajukan proses akreditasi harus menggunakan sistem ini.

Apa Kelebihan Sispena 2.0?

Patut diketahui bahwa sebelum era SISPENA, sekolah yang melakukan akreditasi harus menyiapkan berbagai dokumen yang cukup tebal dan banyak. Nantinya semua dokumen dan alat kelengkapan tersebut akan dinilai, dicocokkan dan diverifikasi oleh petugas asesor yang ditunjuk oleh Pemerintah.

Itulah gambaran dari proses akreditasi di masa lalu yang tentu saja sangat merepotkan karena dibutuhkan banyak dokumen fisik berbentuk hardcopy.

Sedang pada saat sekarang ini, pihak sekolah atau madrasah yang ingin mengikuti proses akreditasi cukup melengkapi dokumen yang dibutuhkan dengan bentuk files atau softcopy dan mengunggahnya ke Sispena.

Setelah semua selesai, nanti asesor yang ditunjuk akan datang untuk melakukan verifikasi atas dokumen tersebut. 

Jadi bisa dikatakan bahwa SISPENA memiliki banyak kelebihan dibanding dengan sistem akreditasi sebelumnya, yaitu : 

Sekolah paham apa saja dokumen dan alat kelengkapan yang benar-benar dibutuhkan dan harus disiapkan untuk proses akreditasi.

Sekolah tidak perlu menyiapkan dokumen fisik. Tentu ini sesuai dengan prinsip efektivitas dan paperless.

Persiapan untuk akreditasi akan jauh lebih baik karena pihak sekolah bisa menyiapkan dengan tepat hal-hal yang dibutuhkan.

Pihak sekolah bisa memiliki gambaran sejauh apa tingkat kesiapan karena ada fitur penilaian mandiri yang tentu saja nanti akan dilakukan verifikasi oleh petugas asesor pada saat visitasi.

Meski demikian perlu diakui ada beberapa kekurangan dari Sispena, khususnya menyangkut kesiapan server, kemampuan sekolah mengakses sistem tersebut dan keharusan pihak yang ingin diakreditasi untuk menyiapkan sumber daya manusia yang mumpuni agar proses unggah data bisa berlangsung dengan baik dan sesuai dengan ketentuan.

Inilah pekerjaan rumah yang harus dipikirkan oleh Menteri Nadiem Makarim beserta jajarannya. Tentu meski demikian, keberadaan sistem ini harus didukung oleh semua pihak sebagai salah satu terobosan hebat dan luar biasa di bidang pendidikan. 

Cara Login SISPENA

login sispena
login sispena

Selanjutnya akan diberikan langkah-langkah mengakses SISPENA, khususnya versi SISPENA S/M 2.0 untuk jenjang sekolah dan madrasah.

Sebenarnya cara sispena login ini sangat mudah asalkan jaringan internet stabil dan sistem server di pusat tidak bermasalah.

  1. Pastikan gadget terhubung dengan internet.
  2. Buka web SISPENA S/M dengan alamat https://bansm.kemdikbud.go.id/sispena2020/login
  3. Akan muncul laman dengan dua kolom utama, yakni user dan password.
  4. Masukkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) pada bagian user
  5. Jika belum diubah, maka password default adalah juga NPSN.
  6. Ketik captcha yang ada.
  7. Lalu klik Login.
  8. Jika baru pertama kali mengakses SISPENA, maka ikuti langkah-langkah berikut ini. 
  9. Akan muncul laman yang berisi identitas sekolah yang seharusnya sudah terisi sesuai dengan data dari DAPODIK maupun EMIS.
  10. Lewati saja atau isi jika ada kolom yang belum terisi dengan benar.
  11. Kemudian pergilah ke Main Menu.
  12. Pilih menu Data Isian Akreditasi.Terdapat beberapa menu pada isian akreditasi diantaranya: Pernyataan Kepala Sekolah/Madrasah, Pemutakhiran data,  Prasyarat Akreditasi, Data Isian Akreditasi (DIA), dan Kartu Kendali. 
  13. Untuk mengunggah dokumen yang diperlukan dalam rangka akreditasi, gunakan menu DIA. Namun sebelumnya, jika ini pertama kali membuka SISPENA, maka lengkapi dulu Pernyataan Kepala Sekolah. 
  14. Silahkan masuk ke menu Pernyataan Kepala Sekolah.
  15. Klik Download Format.
  16. Isi format yang sudah terunduh dalam bentuk dokumen.
  17. Isi dan jangan lupa bubuhkan cap / stempel basah resmi dari sekolah.
  18. Unggah melalui pilihan Choose File.
  19. Apabila ingin mengadakan perubahan dokumen, klik Choose File lagi dan unggah lagi. 
  20. Selanjutnya klik menu Pemutakhiran Data.
  21. Ketika kita mengklik menu Pemutakhiran Data akan muncul submenu seperti siswa, mata pelajaran, guru tenaga kependidikan, sarana dan prasarana.
  22. Pilih data yang akan dimutakhirkan lalu klik ambil data dari API. Lakukan untuk semua data yang dibutuhkan. Ingat data ini diambil dari DAPODIK, jadi pastikan sumber data di DAPODIK sudah benar.
  23. Selanjutnya klik Prasyarat Akreditasi.
  24. Unggah dokumen yang diminta jika belum terunggah.

Itulah proses mengakses atau membuka SISPENA login untuk pertama kalinya. Langkah selanjutnya adalah mengisi DIA atau Data Isian Akreditasi yang terdiri dari 36 butir.

Jika sudah melewati tahapan di atas, selanjutnya jika ingin mengisi maka langkah login SISPENA selanjutnya akan jauh lebih sederhana, yakni : 

  1. Kunjungi laman web SISPENA loginlah dengan data yang ada. 
  2. Masukkan user dan password.
  3. Lengkapi dokumen dan data yang diminta di bagian Data Isian Akreditas (DIA).

Silahkan buka postingan Esai Edukasi selanjutnya tentang Cara mengisi SISPENA untuk mengetahui cara mengunggah dokumen yang dibutuhkan selama proses pengajuan dan persiapan akreditasi sebelum visitasi oleh asesor.

Selanjutnya Anda bisa mengunduh dokumen panduan SISPENA dari Badan Akreditasi Nasional. Dokumen ini berbentuk PDF dan bisa diunduh gratis untuk keperluan akreditasi sekolah. Silahkan Download Panduan Login Sispena 

Adi
Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Cara Login SISPENA 2.0"