Widget HTML #1

Memahami Peran Penting IT Support

Perkembangan dunia teknologi dan informasi benar-benar tidak bisa ditolak lagi. Kini hampir semua lini kehidupan manusia selalu terkait dengannya, tak terkecuali dalam hal bisnis.

Karena pentingnya IT (information technology) maka tak salah jika banyak perusahaan, instansi, korporat hingga sekolah dan kampus memiliki divisi khusus yang menangai hal tersebut. Divisi itu kebanyakan diisi oleh IT support.

Namun apa sebenarnya IT support? Sejauh dan seluas apa lingkup pekerjaannya? Benarkah ini merupakan salah satu jenis profesi yang paling menjanjikan saat ini?

Mengenal Tugas IT Support

Tugas IT Support
Tugas IT Support

IT support adalah sebuah profesi yang memiliki ruang lingkup dan definisi yang luas dengan tugas utama adalah sebagai tenaga pendukung di bidang teknologi informasi. 

Mengapa profesi ini dikatakan memiliki ruang lingkup dan definisi yang luas? Hal itu terkait kebutuhan tiap instansi, kantor ataupun perusahaan yang memungkinkan adanya perbedaan di bidang job desk, tanggung jawab hingga definisi dan pengertian. 

Adanya perbedaan tersebut memang wajar karena setiap kantor, organisasi ataupun instanti pasti memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda, termasuk di bidang penggunaan IT.

Misalkan di BRI (Bank Rakyat Indonesia) yang merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia dengan jutaan nasabah dan ratusan kantor cabang serta kantor cabang pembantu, pasti memiliki kebutuhan IT yang sangat besar. 

Kebutuhan ini terkait dengan upaya dari BRI sebagai bank andalan masyarakat Indonesia dalam melayani nasabah yang tinggal di berbagai tempat, mulai dari kota besar hingga pelosok desa.

Untuk memaksimalkan pelayanan dan memenangkan persaingan, maka bukan hal yang aneh BRI memberikan perhatian besar pada penggembangan perusahaan, khususnya di bidang teknologi informasi. 

BRI sendiri telah meluncurkan BRITECH sebagai platform digital dari BRI. Dengan adanya BRITECH, maka layanan dari bank kesayangan rakyat Indonesia itu menjadi semakin mantap.

BRITECH sendiri diisi oleh banyak sekali profesional cerdas di berbagai bidang, khususnya IT yang semakin menyokong laju gerak perusahaan dalam memberikan pelayanan prima dan inovasi tanpa henti setiap waktu. 

Di BRI, IT support berperan sebagai support engineer yang bertugas untuk antara lain : 

  • Mendukung berjalannya proses bisnis
  • Melakukan pengembangan di bidang IT
  • Melakukan pemeliharan IT

Sedangkan dalam praktiknya, support engineer itu dibagi menjadi beberapa golongan, antara lain : 

  • Bagian Kebijakan dan Tata Kelola IT, mengatur kebijakan dana tata kelola perencanaan IT di BRI. Bagian ini fokus dalam menyelaraskan perencanaan IT dengan tujuan bisnis perusahaan. 
  • Bagian IT Security, bertugas untuk menjaga keamanan baik jaringan maupun infrastruktur teknologi yang dimiliki BRI.
  • Bagian Infrastruktur dan Jaringan, berperan dalam menyiapkan dan memantau seluruh infrastruktur teknologi di BRI. Infrastruktur teknologi yang ada di suatu perusahaan akan mendukung bisnis dan strategi sistem informasi.
  • Bagian Pengembangan Aplikasi, bertugas membuat rangkaian proses pengembangan aplikasi, mulai dari rancangan awal, prototipe, implementasi, dan pengujian aplikasi.
  • Bagian Operasional IT, memiliku tugas yang fokus pada manajemen dan pemeliharaan fungsi dari seluruh aplikasi BRI. Pekerja IT di bagian ini serupa dengan ada yang di bagian Pengembangan Aplikasi. Namun, tugas mereka lebih condong ke pemeliharaan aplikasi agar berjalan optimal setiap harinya. 

Itulah penggolongan IT support yang ada di BRI dan bisa menjadi salah satu gambaran mengenai tugas dan tanggung jawab dari profesi ini. 

Prospek Profesi IT Support

prospek kerja IT Support
prospek kerja IT Support

Seperti yang sudah disinggung di atas, dalam rangka melakukan transformasi digital, sosok IT support akan menjadi salah satu pekerjaan yang paling dibutuhkan saat ini.

Ini tentu kabar baik untuk mereka yang berkecimpung di bidang ini. Jadi bisa disimpulkan, IT support dan IT engineer memiliki prospek yang sangat cerah. 

Seorang IT Support bisa bekerja di instansi pemerintah, misal di kantor dinas, kantor pemerintah daerah maupun tempat lainnya yang membutuhkan tenaga untuk melakukan pengembangan dan pemeliharaan IT. 

Bidang ini juga bisa bekerja secara independen, baik sebagai konsultan, pengembang perangkat lunak, maupun membuka kantor sendiri yang menjual jasa dan produk seputar IT.

Meski demikian salah satu celah yang paling diminati oleh para tenaga IT saat ini adalah bergabung di perusahaan swasta ataupun BUMN, semisal BRITECH dari BRI. 

Apapun itu, rumusnya tetap sama, yakni gaji atau pendapatan akan berjalan lurus seiring dengan performa kerja yang dibutuhkan. 

Mengingat akan banyaknya lulusan IT kedepannya, maka sarjana IT atau bidang yang masih terkait hal ini harus terus meningkatkan wawasan dan keterampilan untuk bisa memiliki bargaining position di mata HRD perusahaan besar. 

Selain meningkatkan wawasan dan upgrade keterampilan, hal lain yang harus ditingkatkan adalah kemampuan di bidang komunikasi, team-work, dinamis dan ketekunan. Semua itu akan memberikan dampak positif ke depannya. 

Sebaliknya jika berpuas diri pada kemampuan yang sekarang dimiliki serta enggan untuk update pengetahuan, maka jangan kaget jika nanti karir akan stagnan atau bahkan menurun. Ingat, bidang IT adalah salah satu bidang paling dinamis. 

Guritno Adi
Guritno Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Memahami Peran Penting IT Support"