Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ini Cara Mendapatkan Kuota Belajar Kemendikbud

 Sudah lebih dari setahun dunia Pendidikan di Indonesia harus diselenggarakan dengan cara daring. Salah satu fondasi utama dari penyelenggarakan school from home adalah kemampuan untuk mengakses internet. 

Oleh karena itu, dibutuhkan kuota dan pulsa internet untuk melakukan kegiatan belajar. Untuk bisa mendapatkan pulsa kuota belajar tersebut, ada beberapa cara dapat pulsa kuota belajar Kemendikbud tersebut yaitu:

1. Terdaftar Dalam Database

Seperti yang telah ditentukan oleh Pemerintah dan Kemendikbud, bahwa pemohon yang ingin mengajukan permintaan pulsa kuota belajar sebagai peserta haruslah para pelaku kegiatan belajar mengajar. Seperti misalnya pelajar, mahasiswa, guru atau pengajar dan dosen. Maka peserta harus sudah dalam database yang sudah ditetapkan pemerintah. Untuk memasukkan nama baru penerima bantuan kuota pendidikan bisa melalui aplikasi tertentu yang sudah ditetapkan pemerintah.

Untuk pengajar tingkat PAUD, dasar dan menengah terdaftar dalam aplikasi Dapodik, termasuk peserta didik atau pelajar. Sedangkan, untuk tingkat universitas atau perguruan tinggi seperti mahasiswa dan dosen terdaftar dalam aplikasi PDDikti berstatus aktif dalam lingkungan universitas tersebut.

2. Nomor SIM Kartu Masih Aktif

Selain keaktifan status pada tempat belajar, peserta atau pemohon kuota pulsa belajar juga harus memiliki dan mencantumkan nomor ponsel yang aktif dan yang sedang digunakan. Berfungsi untuk memasukkan kuota setelah disetujui oleh kemendikbud mengenai kuota tersebut. Ini juga termasuk cara dapat pulsa kuota belajar kemendikbud secara gratis.

3. Sekolah / Kampus Mengajukan Nama Usulan

Ini adalah proses atau tahapan terpenting. Sebelumnya pihak sekolah atau institusi pendidikan yang bersangkutan mendaftar dulu pada website resmi dari Kemendikbud. Dengan maksud mengajukan permintaan kuota gratis bagi memang yang belum pernah mendapatkannya sama sekali. Setelah itu, data akan divalidasi kebenarannya oleh pihak Kemendikbud.

Untuk pembagian kuota, Kemendikbud sudah bekerja sama dengan pihak operator selular yang ditentukan. Sehingga, jika pengajuan disetujui maka Kemendikbud langsung berkoordinasi dengan pihak operator tersebut.

Info cara mendapatkan kuota belajar Kemendikbud


4. Pemohon Memberi Laporan Pada Satuan Pendidik

Untuk mendapatkan kuota belajar tersebut, pemohon baik pengajar ataupun pelajar harus memberi laporan pada pimpinan satuan pendidik tertinggi agar bisa mendapatkan bantuan kuota. Ini merupakan cara yang dilakukan oleh peserta baik dari pengajar ataupun pelajar pada institusinya.           

5. Mengunggah SPTJM

Sedangkan, bagi pimpinan satuan pendidik bisa mengunggah SPTJM, untuk memasukkan nomor-nomor yang berubah ataupun nomor baru. Dengan cara memasukkan pada website yang sudah ditentukan. Cara dapat pulsa kuota belajar Kemendikbud  melalui metode ini memang yang terbaik.

6. Distribusi oleh Operator Seluler Masing-Masing

Jika proses pengajuan sudah selesai dan data sudah tervalidasi oleh pihak Kemendikbud, maka hanya butuh waktu untuk menunggu pengiriman kuota. Sedangkan, untuk pendistribusian kuota pulsa dilakukan operator selular. Pemohon dari pihak pelajar atau mahasiswa juga bisa diwakilkan dari pihak orang tua siswa.  

Besarnya kuota pulsa pun sudah ditentukan, dimana jenis kuota terbagi menjadi tiga macam yaitu kuota umum,  kuota belajar dan juga durasi bantuan. Masing-masing kuota dibagikan per bulan, dengan perbedaan besar kuota untuk masing-masing jenjang pendidikan.

Adapun besaran kuota yang diberikan bervariasi tergantung tingkat satuan pendidikan masing-masing. Untuk lebih detailnya adalah sebagai berikut : 

  • Peserta Didik untuk jenjang PAUD mendapat 7 GB/bulan
  • Peserta Didik untuk jenjang SD-SMP mendapat 10 GB/bulan
  • Pendidik Jenjang PAUD, SD, dan SMP mendapat 12 GB/bulan
  • Dosen dan mahasiswa mendapat 15 GB/bulan

Cara cek pulsa Kuota Belajar Kemendikbud untuk masing-masing operator : 

  • Telkomsel melalui call center 188 atau 0807 1811 811
  • Indosat melalui call center 185
  • XL melalui website FAQ:xl.co.id/KuotaEdukasi
  • Axis melalui website FAQ:axis.co.id/kuotaedukasi
  • Tri atau 3 melalui call center 132 atau 089644000123

Mendapatkan pulsa kuota belajar memang tidak sulit asalkan dapat melengkapi semua persyaratan yang ada termasuk juga harus melalui tata cara dan prosedur yang benar dimana yang mengajukan cara dapat pulsa kuota belajar kemendikbud ini adalah para praktisi pendidikan seperti para guru, dosen, siswa dan mahasiswa. Ini merupakan terobosan dari pemerintah dalam upaya agar penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran tetap terus berlangsung.

Adi
Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Ini Cara Mendapatkan Kuota Belajar Kemendikbud"