Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

9 Kode Etik Guru

Kode etik guru adalah serangkaian norma dan nilai yang diterima oleh guru sebagai landasan dan azas dalam mereka melaksanakan tugas serta kewajibannya sebagai pendidik, anggota masyarakat maupun bagian dari masyarakat Indonesia. 

Kode etik guru Indonesia telah dirumuskan oleh organisasi profesi guru republik Indonesia, yakni PGRI sebagai acuan bagi para guru untuk menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik.

Sejarah kode etik guru Indonesia ini sebenarnya sudah cukup panjang. Hal ini bisa dilihat dari awal mula kemunculannya.

Seperti diketahui, kode etik guru Indonesia ditetapkan pada Kongres PGRI ke XIII tahun 1973 di Jakarta dan kemudian disempurnakan kembali pada Kongres XVI PGRI tahun 1989. 

Isi Kode Etik Guru Terbaru 

Berikut ini adalah bunyi dari kode etik guru Indonesia terbaru yang sudah ditetapkan untuk kemudian dipergunakan sebagai panduan menjadi seorang guru profesional : 

  1. Guru berbakti membimbing anak didik seutuhnya untuk membentuk manusia pembangun yang berjiwa Pancasila.
  2. Guru memiliki kejujuran Profesional dalam menerapkan Kurikulum sesuai dengan kebutuhan anak didik masing-masing.
  3. Guru mengadakan komunikasi terutama dalam memperoleh informasi tentang anak didik, tetapi menghindarkan diri dari segala bentuk penyalahgunaan.
  4. Guru menciptakan suasana kehidupan sekolah dan memelihara hubungan dengan orang tua murid sebaik-baiknya bagi kepentingan anak didik.
  5. Guru memelihara hubungan dengan masyarakat disekitar sekolahnya maupun masyarakat yang luas untuk kepentingan pendidikan.
  6. Guru secara sendiri-sendiri dan atau bersama-sama berusaha mengembangkan dan meningkatkan mutu Profesinya.
  7. Guru menciptakan dan memelihara hubungan antara sesama guru baik berdasarkan lingkungan maupun didalamhubungan keseluruhan.
  8. Guru bersama-sama memelihara membina dan meningkatkan mutu Organisasi Guru Profesional sebagai sarana pengabdiannya.
  9. Guru melaksanakan segala ketentuan yang merupakan kebijaksanaan Pemerintah dalam bidang Pendidikan.
kode etik guru Indonesia terbaru
kode etik guru

Mengapa Kode Etik Guru penting?

Apakah daftar serangkaian pernyataan yang kemudian dikenal sebagai kode etik guru Indonesia adalah hal yang penting? Tentu saja.

Kode etik ini memuat landasan dan panduan agar guru senantiasa bekerja sesuai dengan cita-cita mulia serta menjunjung tinggi profesionalitas dan menjaga kualitasnya.

Dengan adanya kode etik ini diharapkan guru menyadari rambu-rambu, termasuk juga tujuan pendidikan dan hakikat dari profesinya yang mulia di tengah-tengah kehidupan berbangsa dan bernegara.

Semoga dengan adanya kode etik guru Indonesia ini, maka para pendidik di tanah air bisa semakin menyadari peran dan tugasnya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, termasuk di dalamnya menjadi guru yang hebat, insan yang profesional dan mencintai profesinya. 

Adi
Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "9 Kode Etik Guru"