Blog Tentang Pendidikan Dan Pengembangan Diri

Breaking

01 August 2017

Tentang Kesuksesan

[Arti Kesuksesan | Panduan Menjadi Sukses] Siapa sebenarnya yang layak disebut orang sukses? Artikel esaiedukasi.com kali ini membahasnya secara mendalam

Tetapi kemudian aku berpikir, adakah orang biasa yang bukan pejabat atau publik figur, pengusaha sukses atau pemilik perusahaan besar yang layak disebut orang sukses?

Tentang Kesuksesan

Siapakah Orang Sukses Itu?


What does the word success mean?

Apakah seseorang yang mampu mengumpulkan banyak uang?

Atau seseorang dengan kedudukan yang tinggi?

Atau mendapakatkan banyak gelar, titel dan penghargaan?

Mungkin jawabannya adalah salah satu atau kombinasi dari semuanya itu, tergantung sudut pandang apa yang kita pakai. Aku telah menghabiskan cukup banyak waktu akhir-akhir ini dengan mengeksplorasi beberapa artikel mengenai kesuksesan beserta tips dan triknya. Sayangnya hingga tulisan ini aku unggah di dunia maya, aku belum menemukan definisi yang absolut.

Banyak sekali artikel yang luar biasa yang lahir dari pengalaman yang luar biasa pula yang membahas mengenai kesuksesan. Ambil contoh sebuah artikel yang daripadanya aku jatuh cinta. Awalnya.

Artikel tersebut secara gamblang menjelaskan bagaimana orang sukses ternyata tidak terlalu berbeda dengan orang kebanyakan. Apa yang membedakan keduanya hanyalah kebiasaan-kebiasaan kecil nan remeh. Bagaimana ternyata orang sukses begitu menghargai waktu yang mereka miliki, lebih awal bangun untuk menyongsong hari dan menggemari tantangan alih-alih menghindarinya.

Itu semua (artikel tersebut) berhulu dari berbagai wawancara dengan mereka yang sudah kenamaan, tokoh-tokoh besar yang sering muncul di media massa. Jack Ma, Mark Zuckerberg, Barrack Obama, Bill Gates, atau tokoh lokal dalam negeri macam Dahlan Iskan dan B.J Habibie. Mereka tidak bisa terbantahkan, memang merupakan orang-orang sukses yang sudah membumbung namanya, baik sebagai pengusaha, inventor, politisi, birokrat atau pemimpin. Luar biasa memang beliau-beliau diatas dan sungguh layak untuk di teladani.

Tetapi kemudian aku berpikir, adakah orang biasa yang bukan pejabat atau publik figur, pengusaha sukses atau pemilik perusahaan besar yang layak disebut orang sukses?

Baca juga:

  1. Gosip dan Indikator Manusia Gagal.
  2. Hal-hal yang Seharusnya Dulu Saya Pelajari Dengan Serius.
  3. Rahasia.

Sekali lagi, sukses bergantung dari sudut pandang kita. It depends on our point of view. And guess what, our point of view is influenced by media!

Take an example, ketika otak kita dicekoki berita mengenai kesuksesan para startup owner, maka otak kitapun menganggap orang sukses adalah mereka yang mampu membangun startup, terlepas bahwa ada banyak startup yang kemudian kandas. Begitupula dengan orang yang mendadak tenar karena goyanganya yang dibilang keren, lalu ngehit tetapi tak lama berselang ia menghilang.

Mereka memang sukses, jika sudut pandang anda menyetujui bahwa definisi sukses adalah demikian.

Sayapun awalnya demikian. Lalu kemudian bertemulah saya dengan saudara terkasih yang mari kita bersama memanggilnya Mas A.

Mas A adalah orang biasa, bukan artis terkenal, pemilik perusahaan raksasa apalagi politikus tersohor. Dia adalah seorang pria yang ketika saya mengetik tulisan ini, baru saja merayakan kelahiran anak keduanya. Saya menyebut anaknya itu, juga kakaknya, adalah anak-anak yang beruntung. Mereka beruntung karena memiliki Mas A sebagai ayah. Walau mungkin jauh dari kata sukses pada umumnya, tetapi pria asli Sidoarjo yang sehari-hari menjalankan bisnis angkringan kecilnya itu bagi saya adalah orang sukses. Tak banyak yang mampu bertahan di bisnis ini cukup lama, apalagi jika anda adalah orang (maaf) cacat.

Sejak usia 8 bulan, saudara kita yang terkasih ini menderita kelumpuhan. Praktis ia menggantungkan hidup pada kedua tangannya, baik untuk berjalan maupun untuk melakukan tugas lainnya, seperti menyeduh kopi dan membersihkan tempat kerjanya.

Mas A mengubah perspektif saya. Kesuksesan adalah milik mereka yang menolak untuk menyerah, sebesar apapun tantangan yang dihadapi.

Itulah definisi kesuksesan yang dapat saya lihat dari Mas A.

Dia sederhana, tapi ulet. Dia tidak kaya tapi berjiwa pemenang. Dia bukan orang tersohor tapi merupakan tulang punggung keluarga yang bertanggungjawab.

Sorot matanya adalah sorot mata petarung. Hatinya seluas samudra dan seteduh hutan Borneo. Keteguhannya mengagumkan dan semangat pantang menyerahnya laksana api gunung Merapi yang merupakan kebanggaan dewa-dewa.

Ini bukan berlebihan, karena pada dasarnya untuk menggambarkan kesuksesan diperlukan kosakata yang tidak biasa.

Tehnya manis nikmat, senikmat suasana ketika mengobrol dengannya. Ada sekeping rasa kasihan tapi semua tertutup oleh jutaan letupan kekaguman. Mas A adalah orang sukses, aku tidak akan mungkin tidak mengakuinya. Sesederhana apapun dirinya, tapi dengan segala kelebihannya, ia menginspirasi semua orang sekaligus tetap mampu menjadi penyokong keluarga dalam arti yang sebenar-benarnya.

What can I learn from him?

So many!

I learn about struggle, passion and die hard!

Ia adalah wujud nyata dari kata sukses. Dan ia mengajarkanku bahwa sukses berarti menjalankan kehidupan selurus mungkin dengan menjadi tetap terhormat, menolak menyerah pada keterbatasan dan bertanggung jawab atas semua mandat yang sudah digariskan. Sukses bagiku adalah kombinasi seimbang dari tiga hal itu; Jujur, Pekerja keras dan Amanah. 

Kini mataku menjadi terbuka, dan kuharap andapun demikian.

Mungkin tanpa disadari anda adalah salah satu dari orang sukses. Jika ya, maka ingat, ketika anda berhenti untuk melakukan ketiganya, maka anda sedang menuju kegagalan.

Aku percaya orang sukses yang sejati, baik mereka yang aku sebutkan di awal artikel ini atau yang ada diluar sana, berawal dari tiga hal itu: seseorang yang berjuang menegakkan prinsipnya, berinovasi walau dengan keadaan yang minimalis serta menjunjung tinggi mandat yang sudah ada dipundaknya.

Jika anda sudah melakukannya, percayalah anda orang sukses. Bahkan bila tak ada satupun artikel yang mencantumkan nama anda. Karena dimanapun berada, singa adalah singa.


Konklusi: Mengaumlah!

Dukung kami
Kami butuh dukungan anda. Jika merasa artikel ini bermanfaat, silahkan komen dan share ke media sosial anda.

Subscribe juga ke blog kami untuk mendapatkan update post dan info menarik lainnya. 

 

Rock You As Always

Adi.Fun.Learning
-Read, Change, Grow-


No comments:

Post a Comment