Widget HTML #1

Cara Mendapatkan Akun Belajar ID

Untuk memudahkan para pendidik dan peserta didik dalam mengakses berbagai aplikasi terkait pembelajaran, maka pemerintah sudah menerbitkan akun Belajar ID.

Memiliki dan mendapatkan akun Belajar Id sangat penting, karena pemiliknya dapat mengakses berbagai kebutuhan, situs, aplikasi dan fitur terkait kegiatan belajar mengajar, termasuk diantaranya adalah terhubung dengan akun aplikasi SIMPKB.

Untuk diketahui, akun Belajar Id diperuntukkan kepada pendidik, peserta didik dan pegawai dinas pendidikan. Lebih lengkap tentang pengertian dan keuntungannya, silahkan baca di apa itu Belajar ID dan manfaatnya bagi pembelajaran.

Lantas bagaimana cara mendaftar dan mendapatkan aku Belajar Id?

Sebenarnya ada dua cara mendaftar akun pembelajaran Belajar ID tersebut. Kedua cara itu sama-sama mudah dan cepat. 

Cara Mendapatkan Akun Belajar ID
Cara Mendapatkan Akun Belajar ID
Daftar Isi:

Mendaftar Akun Belajar ID Melalui Operator Sekolah

Cara pertama untuk bisa mendapatkan akun pembelajaran, baik untuk guru maupun peserta didik adalah dengan melalui operator sekolah.

  1. Hubungi Operator Satuan Pendidikan di sekolah Anda untuk mendapatkan nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran.
  2. Buka Gmail dan masukkan nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang Anda dapatkan.
  3. Setujui semua syarat dan ketentuan yang tertera.
  4. Ganti password lama (default) dengan yang baru. 
  5. Sekarang Anda sudah memiliki Akun Belajar Id dan siap untuk digunakan.

Mendaftar Akun Belajar ID Secara Mandiri

Cara kedua adalah dengan mendaftar secara mandiri. Perlu diketahui, selain mendapatkan data akun belajar.id dari operator sekolah, pendidik dan peserta didik juga bisa mendapatkan akun secara mandiri melalui website belajar.id dengan langkah yang sangat mudah. 

  1. Buka halaman https://belajar.id/
  2. Lengkapi informasi dan data-data yang diminta berikut:
    • Nama Lengkap
    • Nama Ibu Kandung
    • Tipe Pengguna, pilih Peserta Didik atau Pendidik
    • Tanggal Lahir
    • Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN)
  3. Klik tombol “Periksa Akun Pembelajaran”
  4. Berikutnya Anda akan mendapatkan informasi apakah Akun Pembelajaran sudah tersedia atau belum. 

Perlu diketahui juga bahwa jika ingin mendapatkan Akun Pembelajaran secara mandiri, mungkin ada beberapa hal yang akan Anda temui, seperti:

A. Akun tersedia dan sudah aktif

Apabila akun Anda tersedia dan sudah aktif, artinya Anda sudah bisa menggunakan Akun Pembelajaran Anda untuk mengakses berbagai aplikasi pembelajaran.

B. Akun tersedia, namun belum aktif

Apabila akun Anda tersedia namun belum aktif, silakan ikuti langkah berikut:

  1. Kirim detail akun ke email pribadi yang terdaftar apabila belum pernah mendapatkan password dengan klik "Kirim detail akun ke email pribadi saya", Anda akan mendapatkan informasi berupa akun (User ID) dan kata sandi (password). Pendidik dan Tenaga Kependidikan juga dapat mengirimkan informasi akun ke nomor handphone yang terdaftar dengan klik "Kirim SMS detail akun ke nomor saya".
  2. Cek akun (User ID) dan kata sandi (password) pada email pribadi atau nomor handphone Anda yang terdaftar.
  3. Lakukan aktivasi akun secara mandiri melalui Gmail.

C. Akun tidak ditemukan

Apabila akun belum tersedia/tidak ditemukan, silakan pastikan kembali data yang Anda masukkan pada saat pemeriksaan sudah sesuai.

Jika Akun Pembelajaran tetap tidak ditemukan, ada baiknya untuk mencoba cara pertama, yakni dengan mengubungi operator satuan pendidikan di sekolah. 

Demikianlah artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk kita semua, khususnya menambah wawasan terkait cara mendapatkan akun Belajar Id. 

Guritno Adi
Guritno Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Cara Mendapatkan Akun Belajar ID"