Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

25 Universitas Terbaik Di Indonesia 2021

Lembaga yang konsisten membuat daftar pemeringkatan universitas di seluruh dunia, Webometrics, telah mengeluarkan rilis terbarunya mengenai peringkat perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia tahun 2021.

Ada cukup banyak perubahan yang bisa dilihat dibanding dengan daftar sebelumnya, meski peringkat pertama tetap diduduki oleh UI.

ITB Menggeser IPB

Universitas Terbaik Indonesia 2021
Universitas Terbaik Indonesia 2021

Pada tahun 2020, peringkat kedua adalah Institut Teknologi Bandung. Namun di tahun 2021, posisi ITB berhasil direbut oleh IPB. Perubahan juga terjadi di ranking ketiga dimana ITS berhasil menggeser Universitas Brawijaya Malang. 

ITS atau Institut Teknologi Sepuluh November adalah salah satu universitas di Surabaya yang cukup rutin mendulang prestasi, baik di kancah nasional maupun regional ASIA. 

25 Kampus Terbaik 2021 di Indonesia

  1. Universitas Indonesia
  2. IPB
  3. ITS
  4. Unibraw
  5. Unair
  6. Universitas Telkom
  7. Binus
  8. UGM
  9. ITB
  10. UMY
  11. UII
  12. Universitas 11 Maret
  13. UNDIP
  14. Gunadarma
  15. Unhas
  16. UPI
  17. UNPAD
  18. UKSW
  19. UNSIAH
  20. PENS
  21. UNM
  22. UNY
  23. Narotama
  24. USU
  25. Unila

Daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia 2021 ini juga diramaikan dengan banyaknya universitas swasta terbaik yang mencoba untuk unjuk gigi. Telkom University, Bina Nusantara dan UMY berhasil masuk 10 besar. 

Tantangan Besar

25 perguruan tinggi terbaik Indonesia 2021

Meski demikian, sebenarnya masih banyak tantangan besar kedepannya. Seperti bisa dilihat, bahwasannya UI sebagai universitas terbaik Indonesia saat ini ternyata hanya berada di urutan 729 dari daftar perguruan tinggi terbaik di dunia. 

Tantangan besar lainnya adalah benar-benar mengkonsep serta mengaplikasikan metode pembelajaran terbaru sehingga lulusan benar-benar siap untuk menyongsong perubahan jaman. Jangan sampai justru alumni perguruan tinggi hanya menjadi followers alih-alih para pemimpin dan visioner. 

Kampus juga harus mau bekerja keras untuk bisa bersaing dengan institusi pendidikan di kawasan ASEAN maupun global. Khususnya kampus negeri yang mendapat sokongan dana dari pemerintah serta pada umumnya memiliki input calon mahasiswa yang jauh lebih baik dari kampus swasta lainnya. 

Harapan Besar

Indonesia perlu calon-calon pemimpin muda yang siap menggantikan mereka yang kini duduk di pemerintahan ataupun lembaga swasta lainnya. Kampus harus benar-benar menggodok mahasiswa untuk punya cara pandang baru dan tak lagi melulu menjadi pegawai atau pekerja, melainkan pencipta lapangan kerja. 

Seiring dengan semakin membaiknya kualitas pendidikan di Indonesia, juga harus dibarengi dengan pemerataan. Sebagai negara dengan luas wilayah yang besar dan terdiri dari pulau-pulau, maka tentu ini merupakan tantangan tersendiri. 

Merdeka Belajar yang diprakarsai oleh Menteri Nadiem Makarim harus mendapat respon yang baik serta diimplementasikan secara terpadu agar seluruh stake holder bisa berjalan seirama dalam melaksanakan roda pembangunan, khususnya di bidang pendidikan. 

Adi
Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "25 Universitas Terbaik Di Indonesia 2021"