6 Pekerjaan yang (Nyaris) tanpa Modal Besar

Adakah pekerjaan yang nyaris tanpa modal besar sehingga bisa dilakukan oleh banyak orang dan tanpa memerlukan ijasah khusus? Kelihatannya sulit padahal sebenarnya jenis profesi tanpa modal tersebut ada.

Pekerjaan tanpa modal
Pekerjaan tanpa modal

Banyak orang belum mengetahui jenis-jenis pekerjaan ini sehingga kemudian frustasi karena gagal walau sudah melamar ke berbagai tempat. 

Oleh karena itu, Esai Edukasi akan berbagai 7 jenis pekerjaan yang nyaris tanpa modal yang bisa kamu coba, terlebih di masa sulit seperti sekarang ini. 

Sebagai ganti dari modal, kamu bisa menutupinya dengan skill, konsistensi, niat yang tulus, dan tentu saja doa. 

Apa saja macam-macam pekerjaan yang tidak perlu modal gede? Ini dia daftarnya. 

Penulis Artikel 

Ini adalah jenis pekerjaan yang belum banyak orang tahu padahal potensi penghasilannya sangat besar dan menjanjikan. 

Jika Anda memang serius menjadi seorang penulis artikel, maka berlatihlan menulis. Carilah situs atau media yang bersedia membayar tulisan Anda. Atau jika memang sanggup menulis rutin, bukalah jasa penulisan artikel. Ada banyak blogger, pemilik situs maupun perusahaan yang butuh konten untuk brand mereka. 

Berapa modalnya? Selain laptop dan wifi, hampir tidak ada modal lagi yang dibutuhkan. Bahkan jika Anda niat, pakai handphone juga jadi. Ingat, di saat sulit jangan banyak mengeluh namun mantapkan niat Anda. Cari peluang dan potensi yang ada. 

Sudah banyak contoh blogger, copywriter dan kontributor yang memulai karir mereka hanya bermodalkan handphone dan wifi gratisan dari warung kopi. 

Cobalah cari referensi cara menulis artikel yang menarik agar banyak pembaca menyukai tulisan Anda. 

Driver Online 

Anda tidak butuh modal besar, hanya sebuah sepeda motor. Jika memang Anda niat dan sanggup bekerja keras, jadi driver online adalah pekerjaan mulia yang pantas dicoba.

Bayangkan saja berapa jumlah rakyat Indonesia. Ada ratusan juta, Mereka butuh tumpangan setiap hari. 

Untuk bisa bersaing, maka ingat tiga kata ini : pelayanan, pelayanan, pelayanan. Berikan service yang memuaskan. Jaga kesopanan dan privasi pelanggan. Jangan membeda-bedakan, semua orang bisa dipakai Tuhan sebagai saluran rejeki apapun latar belakang mereka. 

Hormati pelanggan Anda. Jaga pakaian dan penampilan. Tidak perlu ngebut tapi latihlah kemampuan dan keterampilan mengemudi. Selain itu pastikan semua surat-surat terpenuhi. 

Kurir 

Ini juga jenis pekerjaan yang harus dicoba jika Anda memang tidak punya modal, yakni kurir pengantar barang. Anda bisa menawarkan jasa kepada ukm, warung maupun katering yang butuh tenaga untuk mengirimkan produk mereka ke pembeli.

Jadilah kurir yang baik, dapat dipercaya dan disiplin. Pahami rute dengan cermat. Jangan ceroboh. Hargai setiap orderan. 

Penjaga Toko

Penjaga toko juga merupakan sebuah pekerjaan tanpa modal berikutnya. Banyak toko yang memberi kesempatan bahkan kepada lulusan SMP. Jangan malu namun belajarlah dari juragan Anda.

Cermati bagaimana alur operasional toko, cara menentukan harga jual, manajemen dan lainnya. Ini semua akan sangat berguna bagi Anda kelak. 

Tukang Parkir 

Ketika di masa sulit, sekali lagi, tidak pantas jika masih mengeluh apalagi bermanja-manja. Semua pekerjaan itu mulia asal tidak merugikan orang lan. Termasuk juru parkir.

Carilah toko, pasar, atau warung yang membutuhkan jasa tukang parkir. Jangan kecewakan mereka. Bekerjalah dengan giat. Orang akan kagum pada hasil kinerja dan keramahan Anda.

Beri layanan terbaik. Tidak ada yang tahu jalan hidup orang. Mungkin sekarang Anda di bawah, tetapi dengan kerja keras, pastilah suatu saat hidup akan menjadi lebih baik.

MC 

Merasa punya keterampilan public speaking? Suka menghibur orang? Ayo coba jadi pemandu acara atau MC. Banyak orang yang butuh.

Bayangkan ada berapa perusahaan dan EO yang harus pontang-panting cari MC karena banyaknya kegiatan.

Cobalah dari level terendah. Asah kemampuan. Pelajari semua materi dari youtube, televisi, dll. Ingat, hasil tidak akan mengkhianati usaha.

Selain MC, Anda juga bisa mengembangkan diri menjadi seorang anchor, youtuber atau podcaster. Basic yang dibutuhkan hampir mirip, yaitu skill public speaking dan tentu saja kreativitas.

Itu dia 6 pekerjaan yang nyaris tanpa modal. Di masa sulit seperti ini, sudah saatnya mencari inovasi dan membuang jauh-jauh kemalasan apalagi gengsi. Teruslah berjuang. Tuhan bersama orang-orang kuat! 

Post a comment

0 Comments