Cara Memilih Sekolah Swasta Untuk Anak

Memilih sekolah swasta bukan hal yang mudah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Dalam artikel kali ini, Esai Edukasi sebagai sahabat guru dan orang tua akan memberikan tips untuk memilih sekolah swasta untuk putra-putri Anda.

tips memilih sekolah swasta
tips memilih sekolah swasta


Jenis Sekolah

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah jenis sekolah. Ada bermacam-macam sekolah, mulai dari yang berbasis agama hingga menonjolkan metode tertentu. Pastikan sekolah swasta yang Anda pilih benar-benar susah sesuai dengan keinginan Anda.

Sebagai contoh, Anda ingin memilih sekolah bertipe Montessori. Maka pastikan sekolah tersebut benar-benar telah memenuhi standard untuk melangsungkan pembelajaran sesuai dengan metode Montessori. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel berikut.

Kurikulum

Pada dasarnya sekolah di Indonesia menerapkan kurikulum nasional yang disusun oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Walau begitu tidak ada salahnya jika Anda ingin memilih sekolah yang memiliki kurikulum berbeda, seperti Cambridge dan International Baccalaureate (IB).

Berbagai kurikulum yang ada pasti memiliki kelebihannya masing-masing. Sebagai orang tua Anda harus cermat mengenali kurikulum yang dipakai oleh calon sekolah yang akan Anda pilih. Kenapa? Karena hal ini akan berkaitan dengan banyak hal penting lainnya seperti ijazah, tingkat kesulitan dalam proses belajar-mengajar, bahasa pengantar, jenis buku, hingga guru pengajar.

Sekolah Nasional melaksanakan kurikulum seperti yang ditetapkan oleh pemerintah melalui perundang-undangan dan pelaksanaannya berada di bawah Kemendikbud. Beberapa hal yang berkaitan dengan pembelajaran, ijasah, tes, mata pelajaran, standar kemampuan para guru dan bahasa pengantar semuanya mengacu pada apa yang sudah ditetapkan Mendikbud.

Sekolah Internasional dengan kurikulum Cambridge mengacu pada Cambridge Assesment yang langsung berada di bawah University of Cambrdige. Semua buku, materi pelajaran dan bahkan pelatihan untuk para guru / staf disediakan oleh Cambridge.

Sekolah International Baccalaureate adalah institusi pendidikan yang melaksanakan kegiatan belajar mengajar menggunakan kurikulum yang sudah sesuai dengan yang ditetapkan oleh Yayasan IB. International Baccalaureate sendiri berasal dari Geneva, Swiss. Beberapa sekolah di Indonesia yang menerapkan kurikulum IB antara lain adalah Sekolah Ciputra dan Cita Hati School Surabaya.

Fasilitas

Persaingan antar sekolah swasta sangat sengit. Banyak sekolah swasta akhirnya gulung tikar karena tak mampu menghadapi kompetisi ini. Salah satu hal yang menjadi fokus utama dalam persaingan sengit itu adalah fasilitas.

Sebagai orang tua, Anda berhak mengetahui fasilitas apa saja yang akan didapatkan oleh anak Anda. Beberapa fasilitas yang umum ada di sekolah swasta antara lain : gedung sekolah yang lengkap, sarana olah raga, ruang komputer, laboratorium, ektrakurikuler, dll.

Biaya

Jangan ragu untuk bertanya soal biaya. Tanyalah secara mendetail biaya apa saja yang dibutuhkan dalam setahun atau hingga lulus. Biasanya selain uang pangkal dan bulanan ada iuran ekstrakurikuler, uang makan siang, dan biaya pengembangan pendidikan.

Pastikan Anda paham semua biaya tersebut dan mampu untuk membayarnya. Sekolah swasta mengandalkan iuran orang tua karena staf pengajar bukanlah berstatus PNS.

Prestasi

Tanyakan juga prestasi dari sekolah tersebut setidaknya 5 tahun terakhir. Jangan sampai Anda salah memilih sekolah yang gedungnya bagus namun tidak berprestasi. Pelajari dan cari tahu dari internet perihal profil sekolah sebanyak-banyaknya.

Keterlibatan Orang Tua

Pastikan sekolah swasta yang Anda pilih memiliki sistem timbal balik yang baik. Jangan pernah memilih sekolah swasta yang tidak memberikan ruang bagi orang tua siswa untuk terlibat, baik itu memberi saran, masukan, ataupun komplain.

Cari tahu prosedur untuk melakukan pengaduan jika nanti ada sesuatu yang harus Anda sampaikan. Pastikan sekolah memiliki jalur atau sumber daya untuk itu, semisal konselor sekolah, bagian akademik, atau PR.

Jarak

Jarak juga bukan hal yang sepele. Jika jaraknya terlampau jauh, lebih baik Anda pikir ulang. Hitung juga biaya untuk antar jemput, tingkat kemacetan hingga kondisi jalan ketika hujan. Jangan sampai anak Anda sering terlambat dan kelelahan karena harus menempuh jarak yang jauh setiap hari.

Semoga tips di atas dapat membantu Anda sebagai orang tua untuk memilih sekolah swasta yang terbaik bagi putera-puteri. Baca terus konten menarik lainnya dari Esai Edukasi : blog pendidikan, parenting dan pengembangan diri.

1 Komentar untuk "Cara Memilih Sekolah Swasta Untuk Anak"

  1. artikelnya sangat membantu sekali untuk memilih sekolah bagi orang tua terhadap anaknya

    BalasHapus

Silahkan Baca

Artikel Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel