Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

9 Peluang Usaha Untuk Anak SMA

Sebenarnya ada banyak peluang usaha yang bisa dicoba untuk kamu yang masih SMA. Memang benar tugas utama seorang pelajar adalah belajar. Tetapi jika ternyata mampu berprestasi secara akademik plus sudah punya pengalaman menjalankan bisnis atau sebuah usaha, tentu akan menjadi modal yang bagus buat kamu ke depannya.

peluang usaha untuk anak SMA
peluang usaha untuk anak SMA

Berikut Esai Edukasi, sebagai blog yang berfokus pada dunia pendidikan dan pengembangan diri, merangkum 9 peluang usaha yang bisa kamu lakukan sebagai anak SMA.

1. Menjadi Blogger

Menjadi blogger merupakan salah satu peluang usaha yang bagus, bahkan untuk anak SMA. Keuntungan dari menjadi blogger sebagian besar berasal dari adsense. Lakukan kegiatan ngeblog di sela-sela kegiatan belajar kamu.

Jangan takut kehabisan ide. Sebagai anak SMA, tentu kamu memiliki banyak hal untuk dibagikan. Ceritakan dan kemas itu menjadi artikel yang menarik.

Dalam dunia blog, umur sebuah blog sangat berpengaruh. Jika blogmu belum sukses, setidaknya kamu sudah berpengalaman dan blogmu sudah memiliki jam terbang yang cukup banyak.

Jangan kaget, walau masih SMA, tetapi peluang usaha menjadi blogger sudah merupakan hal yang umum di luar sana. Banyak blogger yang memulai blognya ketika mereka masih SMA, atau bahkan SMP.

Jika kamu tertarik mencari uang dari internet, baca cara menghasilkan uang secara online sebagai pekerjaan sambilan. 

Tips : pilihlah satu dari 3 paltform blog yang paling umum; wordpress gratis, wordpress berbayar dan blogspot. Tidak perlu meributkan tema dan bahasa pemrograman, Fokuslah pada bagaimana cara membuat artikel yang menarik. 

2. Menjadi Youtuber

Dewasa ini, peluang usaha menjadi seorang youtuber makin menjanjikan. Banyak sekali contoh youtuber yang kemudian sukses dan menjadi kaya raya. Tapi ingat, jika kamu belum sukses, setidaknya kamu sudah memiliki pengalaman untuk mencoba.

Keuntungan youtuber, sama seperti blog, sebagian besar juga dari adsense. Tetapi adsense untuk youtube secara umum lebih besar dibanding untuk blog. Maka dari itu menjadi youtuber merupakan salah satu peluang usaha yang baik untuk kamu anak SMA.

Tips : Tidak perlu memaksakan diri memiliki kamera atau laptop dengan spesifikasi tinggi, pakai saja Handphone dan laptop dengan spesifikasi yang secukupnya. Cari panduang bagaimana cara membuat video dengan segala keterbatasan yang mungkin kamu miliki. Efek memang penting, tapi alur dan nilai dari video kamu akan tetap menjadi yang utama.

3. Menjadi Selebgram

Berbeda dengan blog atau youtube, instagram tidak memberikan ruang untuk adsense. Tetapi tetap kamu bisa mengais rupiah dari sini. Caranya yaitu menerima tawaran untuk meng-endorse suatu produk.

Kamu harus membuat akun instagram dan mengisinya dengan foto yang berkesan. Membeli follower dan like merupakan suatu jalan pintas untuk bisa meningkatkan popularitas instagrammmu. Tetapi tetap kamu harus punya foto-foto yang membuat orang suka dan memberi like.

Tips : pilihlah sebuah tema, seperti misal harajuku. Unggah foto-foto kamu dengan tema harajuku secara konsisten. Orang akan lebih menyukai dan ingat pada instragam kamu. Pelajarilah strategi membuat konten dari channel Youtube terbaik di dunia. 

4. Menjadi Dropshipper

Menjadi dropshipper juga merupakan sebuah peluang usaha yang baik untuk kamu yang bahkan masih SMA.

Dropshipper berarti kamu menjadi seorang perantara antara produsen dan pembeli. Manfaatkan salah satu platform toko online. Kamu tidak perlu menyetok barang. Biarkan produsen yang mengirimkan barangnya ke pembeli kamu.

Tips : Buatlah toko di lebih dari satu toko online. Fokuslah pada barang-barang yang kamu suka atau yang memang memiliki banyak pembeli potensial. Selalu responsif dan jawab semua pertanyaan dari pembel/calon pembeli kamu.

5. Menjadi Penulis

Ini adalah salah satu peluang usaha yang sangat baik untuk kamu pilih, walau kamu masih SMA.

Buat tulisan yang menarik dan kirim ke berbagai media, baik offline maupun online.

Ada banyak sekali media yang sudah tidak sabar menanti tulisan dari kamu. Salah satu media itu adalah kami, esai edukasi. Kami menyediakan ratusan ribu rupiah untuk setiap tulisan yang kami tayangkan. Klik halaman ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Atau jika kamu mau tau media-media lain yang siap menerima tulisan kamu, kamu bisa lihat di artikel ini.

Tips : Baca dan kenali dulu media yang akan kamu kirimi artikel. Pastikan artikel kamu cocok dengan topik yang mereka sediakan. Percantik artikel kamu dengan foto original. Latihlah keterampilan menulismu. Baca panduan-panduan untuk membuatmu makin luwes dalam menulis seperti cara menulis esai yang menarik

6. Menjadi Penyiar Radio

Walau kini masa kejayaan radio sudah lewat, tetapi platform yang satu ini tetap memiliki pendengar loyal. Selalu ada orang-orang yang mendengarkan radio setiap harinya. Yang perlu kamu lakukan adalah menawarkan dirimu untuk menjadi penyiar dengan nuansa dan rasa yang berbeda.

Cobalah mendengar dan berlatih menjadi seorang penyiar yang baik. Banyak sekali contoh penyiar yang akhirnya sukses menjadi artis, penyanyi, penyiar berita di televisi ataupun pengisi suara. Menjadi penyiar radio tetaplah merupakan suatu peluang usaha yang harus kamu pertimbangkan.

Tips : Rajinlah berlatih. Milikilah karakter yang unik sehingga pendengar dengan mudah mengenali dan mengingatmu.

7. Usaha Makanan

Sudah menjadi rahasia umum jika usaha makanan adalah usaha yang paling menjanjikan. Mengapa? Karena semua orang butuh makan. 

Kamu juga bisa terjun ke bisnis ini. Mulai dari memproduksi kue-kue kecil hingga makanan-makanan kekinian. Jangan takut, malu atau gengsi. Jika sudah sukses, kamu sendiri yang senang, bukan?

Tips : Tontonlah berbagai tips memasak dan membuat makanan. Pastikan makananmu memiliki ciri khas. Tawarkan ke orang terdekat atau maksimalkan media sosial kamu.

8. Menjadi Part-timer

Menjadi part-timer atau bekerja paruh waktu bukanlah hal yang umum. Di negara-negara yang sudah maju, Jepang dan Amerika misal, banyak anak-anak SMA yang magang di kafe, konveksi, usaha kerajinan atau makanan. 

Untuk kultur negeri kita, kalian bisa coba melamar di konter pulsa, toko fotokopi, atau distro.

Tips : Sambil menyelam minum air. Pelajari semua yang bisa kamu ambil, baik cara produksi, sistem pemasaran atau manajemen keuangannya. Ini akan menjadi modal berharga bagi kamu selanjutnya. 

9. Menjadi Peternak

Mungkin kamu belum bisa membuat peternakan skala besar, tetapi kamu bisa memulai dari level yang paling sederhana.

Pilih salah satu, bisa join dan membantu peternak lainnya sebagai tenaga serabutan atau membuka usaha sendiri.

Cobalah beternak lele, ayam atau burung. Pastikan semua itu tidak mengganggu kegiatan belajarmu. Pastikan juga lahan atau lingkungan kamu mendukung. 

Tips : Belajarlah dari peternak atau orang yang sudah pernah beternak. Jika lahanmu sempit, bisa dengan mulai beternak kelinci, burung kicauan atau ayam 

Guritno Adi
Guritno Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

15 komentar untuk "9 Peluang Usaha Untuk Anak SMA"

Admin Auto Paham 26 Februari 2019 pukul 21.19 Hapus Komentar
terimakasih artikelnya sangat bermanfaat.
dan saya sepertinya sebagai mahasiswa memilih ngeblog untuk kerja sampingan. hehehe
Admin S.D.S 28 Februari 2019 pukul 17.41 Hapus Komentar
Inspiratif banget gan, jadi inget dulu waktu sma pernah jadi dropshipper kaos dan sweater, lumayan buat nambah2 uang jajan.... Dan sekarang alhamdulillah naik pangkat jadi penyedia barang untuk para dropshipper anak sma di daerahku 😊👌
ij-software 28 Februari 2019 pukul 19.05 Hapus Komentar
Inspiratif... top markotop
nanang alfan 28 Februari 2019 pukul 21.36 Hapus Komentar
Mau tanya gan? Itu di poin 1, emang klo bikin blog wordpress bisa gratis ya? Bukannya kita harus beli hosting juga,,?
Guritno Adi 1 Maret 2019 pukul 07.20 Hapus Komentar
Ada 2 jenis wordpress, yakni
1. Gratis dengan memakai subdomain (dot) wordpress (dot) com dan hostingnya masih gratis.
2. Berbayar jika membeli hosting dan domain sendiri, yakni wordpress (dot) org
Hariyanto 1 Maret 2019 pukul 08.04 Hapus Komentar
Berkreasi dan berinovatif itu penting bagi anak muda, karna kalau otak tdk prnh diasah dia tdk akan bisa berkreasi dn tak akan kuat bersaing dgn org lain;)
Azrael Community 1 Maret 2019 pukul 09.39 Hapus Komentar
sewaktu masa SMA dulu,saya sering kali menuangkan ide - ide di mading(majalah dinding)sekolah. Kebiasaan ini membuat saya menjadikannya hobi sebagai penulis. Finally,hobi itu sekarang berbuah manis. Menjadi seorang penulis di salah satu web terkenal di Indo :D.
Yang terpenting asalkan hobi itu tersalurkan,rezeki pun datang :D
Great artikel.
Syarif 2 Maret 2019 pukul 10.11 Hapus Komentar
Thanks gan infonya, lebih enakan jadi blogger & youtubers sih menurutku...
Admin 4 Maret 2019 pukul 14.41 Hapus Komentar
jadi blogger pilihan yang terbaik jika menguasai bidang it, mantap gan nice info.
fikalmyid 4 Maret 2019 pukul 15.25 Hapus Komentar
keren artikelnya, dulu waktu saya masih SMA yang paling tertarik atau bisa dikatakan hobby adalah menjadi blogger sekaligus menjadi penulis. Dan sampai sekarang saya melakukan itu.
Hazira Azza Faroni 4 Maret 2019 pukul 19.20 Hapus Komentar
Sebenernya bukan hanya utk ank SMA hehe ane juga kuliyah juga ngeblog kok
Bagus Untung Saputra 4 Maret 2019 pukul 20.43 Hapus Komentar
Nice Info gan
Riskysar 4 Maret 2019 pukul 21.49 Hapus Komentar
Mantap tuh artikelnya gan
ANEKA CARA BLOG 5 Maret 2019 pukul 16.44 Hapus Komentar
Berwirausaha sebaiknya memang dilatih sedari dini agar kelak bisa mendiri.
TVWARGA 9 Maret 2019 pukul 13.01 Hapus Komentar
Mangap gan artikel nya..bermanfaat