Panduan Membuat Judul Skripsi

Panduan Membuat Judul Skripsi

[Skripsi | Panduan Memilih dan Membuat Judul Skripsi] Jika pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai apa itu skripsi serta berbagai tips dalam mengerjakan skripsi maka kali ini, esai edukasi dot kom akan memberikan beberapa panduan dalam menentukan judul skripsi yang bisa anda pergunakan dalam proposal anda. Ada baiknya sebelum membaca artikel ini anda baca terlebih dahulu artikel sebelumnya mengenai 11 sumber ide skripsi. 

Banyak dosen atau pembimbing skripsi meminta (menekan) mahasiswa untuk menciptakan sesuatu yang baru, sesuatu yang autentik, visioner dan belum pernah dibahas sebelumnya. Padahal, dengan jumlah mahasiswa Indonesia yang jutaan, jelas sangat sulit untuk benar-benar menemukan sesuatu yang autentik dan orisinil.

Bahkan dosen andapun belum tentu bisa melakukannya, benar atau benar?

Lalu bagaimana? Bukankah dengan jumlah skripsi yang mungkin sudah belasan juta eksemplar itu, untuk menciptakan suatu ide yang orisinil dan disetujui?

Hal yang paling umum, memungkinkan dan efektif adalah mencari judul skripsi yang sudah ada dan mengembangkannya sesuai dengan trend terkini, kondisi yang dihadapi serta karakter dan cita-cita kita sendiri.
Jangan khawatir, jikalau memang terlampau sulit untuk menemukan sesuatu yang otentik dan baru, setidaknya anda bisa pilih judul skripsi yang menarik, sesuai dengan passion anda dan tidak terlalu sulit untuk dikerjakan nantinya.
Itu adalah salah satu alasan mengapa skripsi kakak-kakak anda terpajang di perpustakaan, bukan?
Supaya bisa anda baca dan kembangkan sesuai dengan konteks dan karakter anda sendiri, serta dinamika yang sedang anda hadapi.

That’s it!

Tetapi di sini esai edukasi dot com tidak menyarankan untuk melakukan plagiarisme.
Sama sekali tidak.

Plagiarisme atau mencontoh dan mencuri mentah-mentah karya orang lain adalah sebuah kanker yang akan menghancurkan generasi muda serta membunuh jiwa intelektual anda. Itu adalah tindakan tidak terpuji yang tidak layak untuk dilakukan siapapun. Jangan sekali-kali untuk melakukannya. Itu sama saja anda menyembelih dan menyerahkan seseorang untuk jadi tumbal kesuksesan anda.

Don’t do that!


Lalu bagaimana?

Jangan khawatir, jikalau memang terlampau sulit untuk menemukan sesuatu yang otentik dan baru, setidaknya anda bisa pilih judul skripsi yang menarik, sesuai dengan passion anda dan tidak terlalu sulit untuk dikerjakan nantinya.

Ya, itulah tiga kata kuncinya:

  • Menarik
  • Sesuai dengan passion
  • Tidak sulit untuk dikerjakan.



Menarik berarti sesuatu yang kekinian dan ada relevansinya dengan perkembangan dan dinamika dunia saat ini. Contoh saja :

“Penerapan Metode E-Learning Menggunakan LMS Untuk Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas  XI SMA International British School, Jarakan, Kebumen T.A 2019-2020”

atau

“Using DuoLingo to Improve Students’ Speaking Skill for Grade VII SMP East Grashington Palace,  Kabupaten Banyuwangi 2019-2020”

Selain menarik setidaknya skripsi anda juga match dengan passion anda. Jangan sampai anda tidak suka dan tidak mengerti dengan fintech tetapi memilih untuk meneliti perkembangan dan dinamika fintech sepanjang 2018. Atau tidak memiliki ketertarikan pada novel mbak mas Tere Liye tetapi memaksa untuk menganalisanya dan menjadikannya sebagai obyek penelitian.

Hampir dipastikan, anda akan mengalami kesulitan nantinya.

Selain itu haruslah skripsianda itu bisa dikerjakan. Ya, bisa dikerjakan. Jangan sampai judulnya menarik serta sesuai dengan passion anda tetapi dalam kenyataannya sangat sukar untuk dilakukan.

Perhatikan beberapa hal yang harus anda butuhkan/keluarkan/korbankan nantinya dalam menyusun skirpsi: biaya, waktu, ketersediaan sarana, referensi yang mendukung.

Jangan sampai karena suka dengan pinguin lalu akhirnya membuat judul skripsi

“Mengamati Perilaku Pinguin Selama Musim Kawin”

atau

“Perbandingan Keadaan Sosial Ekonomi Masyarakat Bosnia-Herzegovina Paska Merdeka dari Yugoslavia dalam kurun waktu 15 tahun terakhir”

Untuk yang pertama, tentu sangat sulit untuk pergi ke kutub dan meneliti pinguin secara langsung bukan.

Untuk yang kedua, walau memang bisa mendapat referensi dari berbagai sumber (internet, koran, tv, atau berkorespondensi dengan warga Bosnia, tentu sangat tidak afdol jika anda sebagai penulis ternyata tidak pernah menginjakan kaki ke sana).

Bahkan beberapa faktor sepele berikut juga harus diperhatikan
  • Cuaca
  • Keadaan politik
  • Tingkat inflasi
  • Jadwal Kompetisi Sepakbola
  • Perayaan Hari Besar
  • Dll.
Tentu tidak semua hal di atas akan memberi pengaruh pada anda. Semua tergantung skripsi andamasing-masing. Tetapi jangan sampai hal-hal tersebut akhirnya membuat pengerjaan skripsi menjadi tidak lancar.

Konklusi: Bahwasanya sangat sulit untuk membuat judul skripsi yang benar-benar “baru”. Dalam memilih judul skripsi, ada tiga faktor utama yang perlu mendapat perhatian penuh, yakni menarik, sesuai passion dan tingkat kesukarannya.

Selanjutnya esai edukasi dot com akan memberikan 20 judul skripsi untuk mahasiswa FKIP Bahasa Inggris.




Rock you as always


Adi.Fun.Learning
www.esaiedukasi.com
-read, change, grow-


Post a Comment

1 Comments

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)