Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Aman Meningkatkan Daya Ingat Tanpa Suplemen Apapun

Dalam kondisi dan level tertentu, beberapa orang merasa punya masalah dengan daya ingat mereka. Ada yang menganggap kemampuan mengingat mereka menurun ditandai dengan sering lupa pada janji, tanggal, ataupun kejadian-kejadian penting.

Hal tersebut tentu saja akan mempengaruhi kinerja dan produktivitas, baik Anda sebagai mahasiswa, pelajar ataupun seorang profesional. Daya ingat yang terus menurun akan menghambat mobilitas dan kesempatan untuk memaksimalkan peluang.

Pada dasarnya ada sebagian ahli yang menganjurkan mengkonsumsi suplemen ataupun makanan tertentu untuk meningkatkan daya ingat.

Dilansir dari situs kesehatan terpercaya, healthline.com, beberapa makanan seperti minyak ikan akan sangat membantu mempertahankan kinerja memori Anda.

Selain itu, dikutip dari helpguide.org, beberapa ahli percaya makan buah, sayur dan minum teh hijau juga berpotensi untuk dapat meningkatkan kinerja otak dan daya ingat.

Dalam kesempatan kali ini, Esai Edukasi akan berbagi 7 tips alternatif untuk meningkatkan daya ingat tanpa harus mengkonsumsi suplemen ataupun makanan tambahan apapun.

meningkatkan daya ingat - esaiedukasi.com
Mempertajam daya ingat


1. Olahraga Rutin

Menjaga kesehatan melalui olahraga rutin banyak sekali manfaatnya, termasuk salah satunya adalah menjaga fokus dan kinerja otak.

Bahkan situs health.harvard.edu menempatkan opsi olahraga rutin sebagai hal yang utama untuk Anda yang ingin meningkatkan kemampuan berpikir secara maksimal, menghindari beberapa penyakit berbahaya yang berkaitan dengan daya ingat dan tetap menjaga kondisi tubuh selalu fit.

2. Fokus 

Cobalah untuk fokus. Jika Anda selama ini susah mengingat pelajaran ataupun materi dalam presentasi, cobalah untuk memfokuskan diri Anda ketika orang lain bicara. Ulangi poin-poin penting dan tanamkan dalam pikiran.

3. Meditasi 

Meditasi akan sangat membantu dalam mengurangi stress serta mengelola kemampuan pengendalian emosi. Dua hal tersebut akan sangat berpengaruh bagi produktivitas Anda.

Cobalah untuk mengikuti kelas-kelas yoga ataupun melihat tutorial meditasi di media online. Lakukan dengan porsi yang ringan dan durasi pendek terlebih dahulu.

4. Rutin Mencatat

Rutin mencatat momen penting juga akan membuat ingatan Anda menjadi lebih tajam. Biasakan membuat catatan ketika mengikuti rapat, presentasi, ataupun perkuliahan. Anda tidak harus mencatat di buku, beberpaa aplikasi seperti Google Keep juga akan sangat membantu dalam menyimpan ide-ide.

5. Hindari Makanan Tidak Sehat

Banyak para ahli menarik hipotesis bahwa menurunnya daya ingat juga disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti terlampau sering mengkonsumsi junkfood, merokok, hingga obat-obatan.

Cobalah untuk mengurangi konsumsi garam dan gula. Selain itu atur pola makan agar kesehatan dan kebugaran tubuh bisa makin terjaga.

6. Melatih Kinerja Otak 

Ternyata otak kita bisa melakukan jauh lebih dari apa yang kita bayangkan, asal mampu untuk memaksimalkannya.

Dilansir dari artikel menarik di situs mentalfloss.com, ada 11 permainan klasik yang bisa Anda coba untuk meningkatkan kemampuan mengingat otak. Beberapa antara lain adalah crosswords, jigsaw, puzzle dan catur.

7. Kurangi Tekanan

Mengapa Anda sering melupakan hal penting? Jangan-jangan karena ruang dalam pikiran Anda sudah dipenuhi hal-hal lain yang sebenarnya 'tidak begitu penting' namun tersimpan lama di sana.

Untuk mengatasinya, maka Anda bisa melakukan beberapa cara berikut :

🔘 Kelola emosi.

🔘 Kurangi stress.

🔘 Cobalah santai dengan menonton komedi, berjalan-jalan atau bercanda dengan rekan kerja.

🔘 Hindari pembicaraan yang mengarah pada topik berat dan memicu perdebatan.

🔘 Jangan suka memendam masalah.

🔘 Jangan tidur dengan banyak pikiran berat.

Kesimpulan

Berkurangnya daya ingat bisa diatasi dengan beberapa tips praktis seperti di atas. Lakukan daftar cara aman meningkatkan daya ingat tanpa suplemen tersebut.

Ada baiknya jikalau masalah daya ingat tersebut ternyata berkaitan dengan kesehatan Anda, segera konsultasikan ke dokter atau psikiater untuk mendapat penanganan lebih lanjut.
Adi
Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "7 Cara Aman Meningkatkan Daya Ingat Tanpa Suplemen Apapun"

Berlangganan via Email