14 Hari Libur Karena Corona, Ini Kegiatan Seru untuk Kamu Lakukan di Rumah

Halo pelajar Indonesia, iya kita tahu kok kalian sedih khan harus belajar di rumah selama 14 hari? Namun ini semua penting dilakukan mengingat penyebaran wabah Corona yang sedang terjadi.

Seperti yang sudah kamu ketahui dari media massa ataupun instruksi sekolah, virus Corona atau Covid-19 sedang menjadi masalah serius. Bukan hanya di Indonesia saja, melainkan juga negara-negara lain.

Virus yang mulai menyerang sejak akhir tahun 2019 itu sekarang bahkan sudah tersebar ke lebih dari 100 negara. Dampak yang ditimbulkan cukup besar, namun bukan berarti kamu harus panik. Dengan menjaga kesehatan dan kontak sosial untuk sementara, kamu sudah bisa mengurangi potensi untuk terkena virus Covid-19 tersebut. Salah satunya, seperti instruksi pemerintah, yaitu meliburkan sekolah selama 14 hari. :)

Lalu ngapain aja nih, 2 minggu di rumah? Apa lagi ternyata juga dihimbau menjauhi pusat keramaian. Takut mati gaya? Jangan khawatir, kali ini Esai Edukasi akan kasih kamu semua beberapa alternatif kegiatan yang bakalan bikin 14 hari ini menjadi seru. Yuk kita mulai.

1. Mereview materi pelajaran yang lalu.

Mereview materi
(Mereview materi / sumber)

Nah, ini kesempatan buat kamu yang kemaren merasa cukup ketinggalan pelajaran. Materi apa ya yang belum kamu pahami dengan baik? Perkembang-biakan hewan, menghitung kecepatan suatu benda atau sejarah perang Diponegoro? Nah ayo buka-buka lagi buku pelajaranmu supaya makin inget dan paham..

2. Menyiapkan materi pelajaran berikutnya.

Belajar materi selanjutnya
(Belajar materi selanjutnya / sumber)

Kamu juga bisa kok curi start. Ups, apaan itu? Maksudnya belajar bab yang akan dibahas besok. Lumayan, khan. Jadi waktu nanti masuk sekolah kamu sudah lebih paham deh. Kalau ada quiz atau pertanyaan langsung aja nanti disamber.

3. Menulis cerita. Siapa tahu dilirik penerbit.

enulis cerpen atau novel
(Menulis cerpen atau novel / sumber)

Eits, jangan-jangan dalam dirimu tersimpan potensi seorang penulis. Mau keren seperti J.K Rowling, Pramoedya Ananta Toer atau Andrea Hirata? Maka jangan sia-siain waktu kamu. Mulailah menulis. Jaman now, menulis ga cuma di satu tempat aja. Kamu bisa coba aplikasi saling tukar cerita ataupun bikin blog. Seru khan. Nanti kalau tulisanmu bagus, siap-siap didatangin penerbit loh!

4. Crafting sama papa mama.

bikin karya
(bikin karya / sumber)

Pendidikan ga cuma tentang akademis aja, tetapi juga harus bisa meningkatkan psikomotorik dan afektif. Gimana kalau crafting. Gunting-gunting, nempel-nempel atau gambar-gambar. Ntar kamu bisa tunjukin hasilnya ke sekolah. Kalau kamu masih duduk di sekolah dasar, buat prakarya sama mama pasti seru deh.

5. Bikin vlog keren.

belajar buat vlog
(belajar buat vlog / sumber)

Hayo, siapa yang belum tahu Youtube? Itu loh, aplikasi share video. Nah, kenapa ga coba jadi vlogger? Yuk bikin konten. Misalnya 'Petualangan 14 Hari'. Trus kamu ceritain deh kegiatan seru kamu. Ini bisa sangat menantang sih, tetapi kalau hasilnya bagus, dijamin puas deh.

6. Iya, bisa maen game online kok.

Sekali-kali maen game
(Sekali-kali maen game  / sumber)

Boleh-boleh. Kamu sesekali boleh sih main game online. Apalagi jika pilihan game kamu ada hubungannya sama pelajaran. Nah jangan sampai lupa waktu ya, main terus sampai lupa makan sama belajar. Oke?

7. Belajar coding.

belajar koding
(Belajar koding / sumber)

Ini dia, salah satu kegiatan yang bisa kamu coba buat ngisi 14 hari libur kamu. Tahu game online? Nah semua itu diciptakan oleh tim programmer. Asal kamu tahu, programer merupakan salah satu jenis pekerjaan yang bakal booming di masa depan. Pingin jadi kaya mereka? Kamu bisa memulainya dengan cara belajar koding atau bahasa pemrograman. Mulai dari tahap paling mudah dulu ya biar ga cepet bosen. Semangat!

8. Belajar bahasa baru.

Belajar bahasa baru
(Belajar bahasa baru / sumber)

Tahu enggak kalau mempelajari bahasa baru bisa meningkatkan kreatifitas dan kecerdasan loh? Yuk, gunain waktu libur yang lumayan panjang ini dengan mempelajari bahasa asing. Ga usah terlampau serius, satu hari inget 10 kata aja udah bagus kok. 14 hari berarti kamu bisa dapat 140 kata. Lumayan, khan? Kalo emang udah jago Bahasa Inggris, cobain deh Bahasa Jerman, Mandarin, Rusia, atau bahkan bahasa daerah. Kan seru banget itu.

9. Ikut online course.

Ikut bimbingan belajar online
(Ikut bimbingan belajar online / sumber)

Banyak lo situs yang nawarin short course, mulai dari versi gratis maupun berbayar. Atau kamu bisa ikut bimbingan belajar online gitu. Ya, lumayan sih buat bantu inget pelajaran di sekolah.

10. Olahraga di rumah.

Olahraga di rumah
(Olahraga di rumah/ sumber)

Mungkin seabrek aktivitas akademis membuatmu lupa gerak. Yuk, kita olahraga di rumah. Ada banyak pilihan kok, mulai dari tenis meja, main badminton sama papa atau senam asyik bareng mama. Olahraga juga bisa bantu kamu jaga kesehatan biar ga gampang sakit.

11. Menggambar.

Menggambar dan mewarnai
(Menggambar dan mewarnai / sumber)

Siapa sih yang ga suka gambar. Seru loh. Selain bisa membuatmu kreatif juga latihan telaten. Kalau ga terlalu suka gambar di buku gambar, coba aja aplikasi. Atau main edit photo yuk. Mungkin kamu ada bakat jadi desain grafis. Wah, pasti seru banget itu.

12. Baca buku sampai tuntas.

Baca buku
(Baca buku / sumber)

Suka beli buku tapi ga pernah dibaca? Ini saat yang tepat buat melahap semua buku yang numpuk di kamar kamu. Seru khan? Novel-novel populer atau klasik akan menambah perbendaharan kosakatamu. Plus, kalau kamu baca cerita luar negeri, wawasanmu bisa bertambah juga deh.

13. Nyoba main musik.

Belajar alat musik
(Belajar alat musik / sumber)

Dari dulu pengen bisa maen gitar tapi ga punya waktu? Pingin banget bisa main lagu-lagu klasiknya Bach atau Mozart? Kenapa ga belajar sekarang. Asal tekun dan tidak mudah putus asa, kamu pasti bisa kok. Semangat ya.

14. Family Time

Quality time bareng keluarga
(Quality time bareng keluarga / sumber)

Mungkin kamu anak yang aktif di sekolah. Ikut les dan ekskul sampai pulangnya sore-sore. Nah, kalau liburan gini, coba deh manfaatin buat family time. Ngobrol bareng papa atau bantuin mama ngajak main adek. Kan seru.

Itu dia 14 aktivitas yang bisa kamu lakuin supaya hari libur tetep seru dan anti gabut. Ohya, jangan lupa terus berdoa ya semoga semua ini bisa segera teratasi dan kita bisa sekolah lagi.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat, share juga ke temen kamu melalui sosmed atau whatssap agar makin banyak orang mendapat manfaatnya dan ga terlalu sedih. Selamat seru-seruan. :)

4 Responses to "14 Hari Libur Karena Corona, Ini Kegiatan Seru untuk Kamu Lakukan di Rumah"

  1. Penyampaian gaya bahasanya asik banget, aku suka bacanya ...,sampai-sampai aku lupa statusku bukan pelajar lagi 😁🤭.

    Kesemua pilihan aktivitasnya dirumah bagus ...

    ReplyDelete
  2. sayangnya aku gak ngerasain libur ataupun wfh.. hehe.. kerjaaa jalan teroosss.. huhu

    ReplyDelete
  3. Kegiatan-kegiatan yang bagus dan bermanfaat semua tuh, apalagi di rumah doang seringnya bikin bosen.

    ReplyDelete
  4. Tambahan: ngeblog. Lumayan kan, tulisannya bisa langsung dibaca orang banyak.

    ReplyDelete

Artikel Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel