Widget HTML #1

Situs Resmi PAFI Kabupaten Probolinggo

Ahli farmasi adalah salah satu profesi penting yang tidak boleh dianggap sebelah mata. Meski mungkin secara umum namanya kalah tenar dengan profesi sejenis di bidang kesehatan seperti dokter maupun perawat, tetapi keberadaan ahli farmasi tetaplah sangat dibutuhkan masyarakat, khususnya di ranah medis. 

Mengetahui hal tersebut, maka tak salah bila para ahli farmasi kemudian berhimpun dalam suatu badan bersama. Nama organisasi itu kemudian di sebut PAFI. Organisasi ini sudah memiliki banyak cabang di berbagai kota, salah satunya adalah PAFI Kabupaten Probolinggo

Mengenal PAFI

logo PAFI
logo PAFI

PAFI sendiri adalah kependekan dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia. Untuk melihat seperti apa sekilas sejarah PAFI, kita bisa mengetahuinya dari profil organisasi ini seperti yang tertulis di laman website resmi PAFI Kabupaten Probolinggo, yakni: 

Sesungguhnya Ahli Farmasi Indonesia ada sejak di Proklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, telah berjuang bahu membahu dengan semua golongan masyarakat, untuk melenyapkan penjajahan dari muka bumi Indonesia, serta turut aktif mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kemudian ikut serta dalam Pembangunan Masyarakat dan Negara.

Oleh karena itu Ahli Farmasi Indonesia merupakan salah satu potensi pembangunan yang tidak pernah absen dalam perjuangan pembangunan Negara. Sebagai salah satu potensi pembangunan sesuai Fungsinya, Ahli Farmasi Indonesia disamping tugas keseharian, tetap ikut serta mempertinggi taraf kesejahteraan umum, khususnya dibidang Kesehatan Masyarakat dan Farmasi.

Pada tanggal 13 Februari 1946, di Yogyakarta dibentuklah suatu Organisasi yang dinamakan “Persatuan Ahli Farmasi Indonesia “ sebagai wadah untuk menghimpun Semua Tenaga yang Bakti Karyanya di bidang Farmasi, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia selanjutnya disingkat “PAFI.

PAFI dan Pengurus Pusat PAFI berkedudukan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berazaskan Pancasila, Organisasi PAFI adalah Organisasi Profesi yang bersifat Kekaryaan dan Pengabdian.

Sungguh mulia bagaimana PAFI memiliki potensi yang cukup besar untuk ikut mensukseskan pembangunan, terlebih dalam membina para ahli farmasi Indonesia agar lebih mandiri, kuat, profesional dan sejahtera. 

Meski memang terbilang baru dibanding IDI (Ikatan Dokter Indonesia) yang sejarahnya bisa dirunut hingga tahun 1911, tetapi PAFI juga telah mengalami perjalanan panjang, mengingat organisasi ini dibentuk 1946 atau baru setahun setelah Indonesia merdeka. 

Masih dari laman PAFI Kab Probolinggo, tujuan organisasi tertera jelas, yakni: 

  • Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
  • Mewujudkan Derajat Kesehatan yang Optimal bagi Masyarakat Indonesia
  • Mengembangkan dan meningkatkan Pembangunan Farmasi Indonesia
  • Meningkatkan Kesejahteraan Anggota

PAFI Kabupaten Probolinggo

Keseriusan PAFI bisa dilihat dari semakin gencarnya setiap cabang di berbagai kota di Indonesia untuk terus berbenah dalam menghadapi era digital. Salah satunya dengan cara meluncurkan website resmi yang akan membantu masyarakat luas lebih mengenal organisasi ini. 

Seperti yang diketahui, PAFI punya banyak cabang di berbagai kota di Indonesia, salah satunya adalah di Probolinggo.

Diharapkan para anggota dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kabupaten Probolinggo dapat makin berperan dengan adalah website resmi tersebut. 

Dalam situs resmi tersebut, masyarakat dapat mengetahui berbagi informasi yang bermanfaat dan penting dari organisasi, semisal adalah kantor cabang PAFI Probolinggo.

Kantor PAFI Kab Probolinggo terletak di Jl. Raya Bantaran, Selamet, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur dengan no telepon +6285930813419.

Keputusan para pengurus Persatun Ahli Farmasi Indonesia cabang Kabupaten Probolinggo dalam meluncurkan website resmi, sangatlah tepat. Keberadaan website resmi akan membantu mereka untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan. 

Seperti kita ketahui bersama, website atau situs  memiliki peran yang krusial dalam membantu sebuah organisasi menjalankan operasinya dan mencapai tujuannya. Berikut adalah beberapa fungsi utama website dalam konteks tersebut:

  1. Komunikasi: Website merupakan platform utama untuk berkomunikasi dengan stakeholder, baik itu anggota organisasi, pelanggan, mitra bisnis, atau masyarakat umum. Melalui website, organisasi dapat menyampaikan informasi terkini, pengumuman, dan pesan-pesan penting kepada audiensnya.
  2. Mengenalkan organisasi kepada masyarakat: Website berperan penting dalam memperkenalkan organisasi kepada publik dan membangun citra merek. Dengan desain yang menarik dan konten yang informatif, website dapat menjadi alat pemasaran yang efektif untuk menarik minat calon anggota, pelanggan, atau donatur.
  3. Penyedia Informasi: Website menyediakan saluran untuk menyebarkan informasi terkait visi, misi, dan program organisasi. Dengan menyediakan konten yang relevan dan bermanfaat, organisasi dapat meningkatkan pemahaman audiens tentang tujuan dan kegiatan yang dilakukan.
  4. Pendaftaran dan Pelayanan: Website dapat digunakan sebagai platform untuk menerima pendaftaran anggota, pesanan produk atau layanan, atau bahkan untuk menerima sumbangan atau donasi. Ini memudahkan proses administratif dan memberikan kemudahan akses bagi para pihak yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan organisasi. Dalam hal ini, PAFI sudah sangat baik mengoptimalkannya. Para ahli farmasi seperti dimudahkan bisa ingin bergabung dengan PAFI Kabupaten Probolinggo secara online.
  5. Interaksi dan Keterlibatan: Melalui fitur seperti formulir kontak, komentar, atau forum diskusi, website memungkinkan interaksi dua arah antara organisasi dan audiensnya. Hal ini dapat meningkatkan keterlibatan anggota atau pelanggan, serta memberikan kesempatan untuk mendengar umpan balik dan masukan dari mereka.
  6. Analisis dan Evaluasi: Website juga dapat menjadi sumber data berharga untuk menganalisis kinerja organisasi. Dengan menggunakan alat analisis web, organisasi dapat melacak lalu lintas situs, perilaku pengguna, dan tingkat keterlibatan, sehingga dapat melakukan evaluasi terhadap strategi dan mencari cara untuk meningkatkan efektivitasnya.

Dengan memanfaatkan website secara optimal, sebuah organisasi dapat memperluas jangkauan dan dampaknya, memperkuat hubungan dengan stakeholder, serta meningkatkan efisiensi dalam menjalankan kegiatannya.

Mari kita senantiasa mendukung program dan tujuan persatuan ahli farmasi Indonesia kabupaten Probolinggo agar senantiasa makin dinamis, profesional dan memiliki dedikasi yang tinggi dalam melayani masyarakat.  

Guritno Adi
Guritno Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Situs Resmi PAFI Kabupaten Probolinggo"