Widget HTML #1

Ini Dia Jamu untuk Memperlancar Haid

Haid bukan hanya bikin perut melilit, tapi juga tubuh lemas dan badan terasa tidak enak. Selain itu untuk kebanyakan wanita, saat haid datang, mood jadi cepat sekali berubah. Seperti tanpa hujan atau angin, tiba-tiba inginnya marah-marah tanpa alasan. Itu memang wajar.

Untuk membantu menangani itu semua, banyak orang akhirnya mengkonsumsi jamu berupa minuman untuk memperlancar haid. Untungnya di negara kita, ada banyak sekali bahan herbal alami yang bisa digunakan sebagai bahan baku utama jamu untuk melancarkan haid tersebut. 

Bahan-bahan alami yang dimaksud, selain aman dan murah juga bisa dengan mudah didapatkan. Bahkan sekarang, seiring dengan semakin majunya teknologi, ada juga yang sudah berbentuk jamu sachet yang tentu saja ini menjadikannya semakin praktis untuk dikonsumsi.

Memahami Siklus Menstruasi dan Gejalanya

jamu memperlancar haid
jamu memperlancar haid

Wanita dan pria memiliki perbedaan, khususnya dalam hal organ reproduksi. Khusus untuk wanita, normalnya mereka akan mengalami apa yang dinamakan menstruasi. Secara singkat, menstruasi atau haid adalah keluarnya darah melalui organ vagina. Hal ini terjadi secara berulang sehingga membentuk suatu siklus. 

Perlu diketahui bahwa siklus menstruasi ini pastinya tidak sama antara satu wanita dengan yang lain. Adapun lama siklus menstruasi bisa tergantung dari banyak hal, seperti stress, kelelahan, kondisi hormonal, makanan yang dikonsumsi hingga hal-hal lainnya seperti konsumsi obat-obatan. 

Darah yang keluar dari vagina saat menstruasi sebenarnya berasal dari peluruhan dinding endometrium. Apabila tidak terjadi pembuahan (kehamilan), makan endometrium akan luruh bersama dengan darah melalui vagina. Jadi haid adalah suatu hal yang normal yang terjadi pada wanita ketika tidak terjadi kehamilan. 

Mengenal 4 Fase dalam Menstruasi

Ada empat fase dalam proses menstruasi, yakni: 

  • Fase menstruasi: Fase ini ditandai dengan keluarnya darah dan lendir melalui vagina dan umumnya berlangsung antara 3 - 7 hari. 
  • Fase Folikuler : Di fase ini, terjadi pembentukan folikel berisi sel telur yang belum matang. Pada fase folikel juga terjadi penebalan dinding rahim. Fase ini bisa berlangsung antara 11-27 hari.
  • Fase Ovulasi: Ketika wanita mengalami fase ini berarti ia memasuki masa subur. Fase ini adalah saat dimana sel telur sudah matang dan siap dibuahi oleh sperma. 
  • Fase Luteal: Ketika tidak terjadi pembuahan, maka sel telur akan menjadi corpus luteum dan akan kembali diserap oleh rahim. Pada fase ini pula, biasanya wanita mengalami PMS atau premenstrual syndrome. 

Gejala yang Dialami Menjelang Menstruasi

Ketika menjelang haid, kondisi tubuh mengalami perubahan hormon yang cukup signifikan. Hal tersebut memberikan beberapa dampak yang dirasakan oleh wanita, antara lain: 

  1. Payudara terasa nyeri dan kencang.
  2. Muncul jerawat.
  3. Perut kembung.
  4. Mood swing.
  5. Sakit kepala.
  6. Nafsu makan meningkat.

Gejala saat Fase Menstruasi

Sedangkan saat haid tiba, wanita akan mengalami gejala-gejala seperti: 

  1. Nyeri pada perut.
  2. Terasa seperti ditekan di bagian perut.
  3. Terasa nyeri pada bagian pinggul, punggung bagian bawah, dan paha bagian dalam.
  4. Sakit kepala.
  5. Mual.
  6. Diare.

Tips Saat Menstruasi 

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan terkait untuk meredakan gejala-gejala yang timbul saat atau menjelang menstruasi: 

Olahraga ringan 

Lakukan olahraga ringan selama 15 hingga 30 menit setiap hari. Beberapa aktivitas yang bisa dipilih seperti jalan-jalan di pagi maupun sore hari ataupun yoga. Hal ini akan membantu membuat tubuh menjadi lebih rileks dan segar.

Hindari makanan tinggi lemak

Beberapa makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi seperti gorengan, kue-kue kaya gula dan olahan susu sebaiknya dihindari. Hal ini untuk mencegah terjadinya kram. 

Perbanyak minum air putih

Air putih banyak khasiatnya. Saat haid, jangan lupa untuk tetap mengkonsumsi air putih dengan kadar yang cukup agar tubuh tidak kekurangan cairan. 

Konsumsi Jamu untuk Melancarkan Haid

Sudah sejak lama masyarakat kita mengenal berbagai bahan herbal alami yang bisa digunakan sebagai jamu untuk melancarkan haid. Ini bisa juga menjadi opsi yang layak dipertimbangkan. Salah satu jamu yang cukup dikenal khasiatnya adalah Kunyit Asam dari Sidomuncul. 

Kunyit Asam Sidomuncul, Minuman Herbal Memperlancar Haid

Kunyit Asam Sidomuncul, minuman memperlancar haid
minuman memperlancar haid

Saat ini sudah banyak sekali tersedia minuman untuk memperlancar menstruasi dengan berbagai varian dan bentuk. Salah satu minuman yang sangat direkomendasikan adalah Kunyit Asam dari Sidomuncul. 

Minuman Kunyit Asam dari Sidomuncul ini mengandung bahan-bahan alami yang sudah terkenal khasiatnya, khususnya dalam membantu memperlancar haid. Kandungannya berupa Curcuma Domestica Rhizoma Extract, Tamarindi Indica Pulpa Extract sudah sangat dipercaya bisa membantu wanita dan dijadikan bahan utama dalam pembuatan jamu untuk melancarkan haid. 

Selain itu Kunyit Asam dari Sidomuncul juga punya khasiat lainnya, yakni membantu menurunkan berat badan. Dengan bentuknya yang praktis dan rasanya yang enak, Kunyit Asam Sidomuncul adalah pilihan paling tepat untuk Anda yang mencari jamu memperlancar haid yang aman, alami serta nyata khasiatnya.

Lalu bagaimana cara mendapatkan Kunyit Asam Sidomuncul? Sangat mudah! Anda bisa mendapatkannya di berbagai marketplace ataupun apotek dan toko obat terdekat. Selain itu, Anda bisa juga memesannya langsung melalui platform Sidomuncul Store yang bisa diakses melalui ponsel Anda. Sangat praktis, bukan? Segera dapatkan Kunyit Asam Sidomuncul untuk persediaan dalam menghadapi siklus bulanan Anda sekarang juga. 

Guritno Adi
Guritno Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Ini Dia Jamu untuk Memperlancar Haid"