Widget HTML #1

Mudahnya Mendapatkan Konten Menarik dan Bermanfaat di Era Digital

Salah satu privilege yang didapatkan oleh masyarakat kita dewasa ini dibanding dengan generasi sebelumnya adalah kemudahan dalam mendapatkan berbagai informasi. Dengan adanya internet, setiap orang kini bisa mengakses berbagai konten dan info yang dibutuhkan secara up-to-date. 

Bayangkan, sekarang tidak perlu menunggu berhari-hari untuk mengetahui suatu kejadian yang sedang hype, karena dalam hitungan detik, apapun yang terjadi di belahan bumi manapun akan dengan mudah diketahui. Inilah hebatnya internet, karena dengannya, jarak dan waktu menjadi tidak berarti sama sekali.

Ketika Informasi Meleset Melampaui Batas Imajinasi Manusia

Hal ini tentu sangat berarti bagi manusia karena pada dasarnya manusia selalu memiliki sifat ingin tahu yang besar. Lebih dari itu, dengan mengetahui berbagai hal penting yang terjadi, manusia dapat memanfaatkan untuk berbagai kepentingan, seperti untuk pengembangan ilmu pengetahuan, meningkatkan keterampilan, mengembangkan bisnis hingga untuk hiburan. 

Sebelum era internet datang, manusia mengandalkan informasi dari para pembawa berita. Mereka melintasi tempat-tempat yang jauh untuk membagikan berita melalui surat ataupun lisan. Tentu itu era yang sudah lama berlalu.

Lalu muncullah era radio. Terima kasih atas kerja keras mereka yang dengan tidak kenal lelah mengembangkan sistem yang canggih di masanya itu. Dengan radio, maka manusia mampu mengabarkan banyak hal kepada para pendengar di manapun berada, sejauh mana sinyal itu dapat terpancar dan diterima.

Menyaksikan Dunia Lewat Layar Kaca

Era radio berakhir begitu cepatnya setelah televisi hadir. TV hadir sebenarnya bukan untuk mengakhiri era radio, namun lebih dari itu, untuk membuat rasa dahaga manusia akan konten dan informasi menjadi lebih terpuaskan. Kehadiran televisi yang bersifat audio sekaligus visual membuat informasi bisa tersaji dengan lebih menarik dan mendetail.

Industri televisi kemudian berkembang dengan pesatnya, melahirkan banyak lapangan pekerjaan yang bahkan sebelumnya tidak pernah terpikirkan dalam benak manusia.

Agensi berita bermunculan, perang informasipun akhirnya dimulai. Banyak pihak yang punya kepentingan di berbagai bidang, termasuk iklan dan hiburan, mulai serius 'bertempur' di bidang ini. Pada akhirnya yang terjadi adalah banjir informasi. Dunia dipenuhi oleh berita-berita dari berbagai perspektif. Atau lebih tepatnya dari perspektif mereka yang menguasai media. 

Keterbukaan dan Kemudahan dengan Hadirnya Internet

Portal Media Online yang positif dan menarik
Portal Media Online yang positif dan menarik

Seiring dengan semakin menggilanya informasi, maka manusia terpaksa pada akhirnya harus menjadi konsumen yang cerdas. Tetapi pada dasarnya, itupun bukan sesuatu yang terlampau mewah, karena di beberapa negara dengan sistem pemerintahan diktator, delik pers diterapkan secara terstruktur dan masif. Pada akhirnya warga hanya bisa menyaksikan apa yang memang diijinkan oleh pemerintahan mereka untuk mereka nikmati. 

Lalu datanglah internet. Sebuah terobosan besar muncul. Cara orang berkomunikasi semakin variatif. Berita dan konten bermunculan, mengalir tidak terbendung. Usaha untuk memblokir kebenaran menjadi sia-sia. Masyarakat bebas yang diidam-idamkan seperti sudah akan lahir. 

Pada awal 2010, media berupa blog dan media digital bermunculan. Tetapi nyata-nyatanya manusia yang sebenarnya sudah berada di pintu gerbang kebebasan itu juga mengalami berbagai ujian juga. 

Banyak sekali portal media yang berat sebelah, tidak memberikan konten positif serta hanya melulu lahir untuk meraup keuntungan semata. 

Portal Media Beranda, Inspirasi Bisnis dan Wirausaha

Beranda, inspirasi bisnis generasi muda
Beranda, inspirasi bisnis generasi muda

Namun jangan khawatir, karena di tengah banjir portal media, ada juga banyak yang konsisten memberikan informasi yang valid, positif dan bermanfaat. Salah satunya adalah Beranda.co.id, sebuah media online tanah air yang mulai mendapat perhatian dari para netizen. 

Meski terbilang baru, tetapi Beranda layak untuk diperhitungkan sebagai salah satu media online pilihan. Dengan mengusung konten-konten terkait bisnis dan wirausaha untuk generasi milenial dan Gen-Z, portal ini benar-benar serius untuk menjadi sumber informasi masyarakat. 

Sebagai warga dunia maya, kita seharusnya tidak tinggal diam. Kita bisa ikut berkontribusi dengan cara memilih portal media yang positif sehingga mampu menaikkan engagement media tersebut. Hal ini penting karena dengan demikian, ekosistem digital kita akan makin positif. 

Guritno Adi
Guritno Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Mudahnya Mendapatkan Konten Menarik dan Bermanfaat di Era Digital"