Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mencegah Pencurian, Inilah Fungsi Kamera Pengintai di Pasar Tradisional

Bukan hal yang tidak mungkin jika area publik seperti pasar tradisional akan terpasang kamera pengintai di berbagai sudutnya. Hal tersebut dilatarbelakangi karena banyaknya tindakan pencurian hingga penjambretan yang tentu saja meresahkan masyarakat yang berbelanja di pasar.

Ke depannya kamera pengintai terbaik yang dipasang di pasar tradisional fungsinya tidak hanya sebagai pemantau visual saja. Akan tetapi, diharapkan akan menjadi alat pencegahan yang efektif. Sehingga akan tercipta lingkungan pasar yang aman dan nyaman.

Ini Dia Fungsi Pemasangan Kamera Pengintai di Pasar Tradisional

kamera cctv terbaik

https://www.pexels.com/photo/assorted-color-clothes-display-on-street-1745747/

Kamera pengintai atau CCTV kini tidak hanya ditemui di gedung-gedung besar, mall, perumahan atau area perkantoran saja. Untuk mencegah adanya tindak kejahatan yang meningkat serta menjaga keamanan, pasar tradisional saat ini pun mulai dipasang CCTV. Tidak berbeda jauh dengan area publik lainnya, pemasangan kamera ini memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah;

1. Memantau Aktivitas

Fungsi pertama dari kamera pengintai terbaik yang terpasang di pasar tradisional adalah untuk memantau aktivitas perdagangan yang ada di dalam pasar. Diharapkan dengan adanya CCTV tersebut aktivitas setiap orang di area pasar dapat diperhatikan.

Apabila di dalam pasar terdapat aktivitas yang kurang wajar atau mencurigakan bisa dicegah secepat mungkin agar tidak merembet menjadi permasalahan besar yang akan mengganggu aktivitas pasar.

2. Menjaga Keamanan

Hingga saat ini semakin banyak laporan terjadi tindak kejahatan di dalam pasar tradisional. Seperti umum yang terjadi adalah pencurian dan penjambretan. Pasar yang menjadi tempat padat serta berkumpul banyak orang untuk bertransaksi memang potensial terjadi tindak kejahatan.

Memasang kamera pengintai di beberapa sudut strategis akan membantu pihak pengelola pasar untuk menjaga keamanan di area yang terpantau. Dari hasil rekaman yang ada, Anda bisa melihat dengan jelas aktivitas apa saja yang terjadi. Anda juga bisa mendapatkan pemberitahuan berupa alarm dari rekaman secara langsung.

3. Menyediakan Barang Bukti Berupa Video Rekaman

Fungsi penting lain dari pemasangan CCTV adalah untuk menyediakan barang bukti berupa video yang dilengkapi dengan tanggal serta jam berapa terjadi. 

Dengan adanya kamera pengintai yang dipasang di sudut-sudut strategis, apabila terdapat tindak kejahatan akan lebih mudah mengetahui detail kejadian serta dapat menjadi barang bukti yang valid. Tentu saja dengan rekaman tersebut akan lebih mudah untuk menangkap pelaku.

4. Mempercepat Penyelidikan Kejahatan

Sebagai salah satu sentra transaksi ekonomi, pasar tradisional selalu menjadi lahan empuk melakukan kejahatan. Tak heran laporan pencurian kerap kali diterima.

Kini, dengan adanya kamera pengintai terbaik yang mulai digalakkan terpasang di pasar tradisional akan lebih mudah melihat tindak kejahatan melalui rekaman yang ada. Adanya rekaman valid tersebut akan memudahkan pihak berwajib untuk mempercepat penyelidikan. 

Wajah pelaku kejahatan yang lebih detail dapat dilihat melalui kamera pengintai tersebut. Bukti rekaman yang ada juga akan membuat pelaku tidak bisa menghindar dari hukuman.

5. Memberikan Rasa Aman pada Para Pengunjung Pasar

Dengan banyaknya kejadian pencurian serta penjambretan yang kerap terjadi di pasar tradisional membuat pengunjung pasar merasa tidak aman dan enggan untuk belanja di sana. Padahal pasar tradisional adalah pusat perputaran ekonomi yang sangat diandalkan pemerintah.

Sebagai solusi, akhirnya kamera pengintai pun mulai diusulkan untuk terpasang di pasar tradisional. Diharapkan dengan adanya CCTV tersebut semua aktivitas di dalam pasar dapat terpantau dan terekam dengan baik. 

Pengunjung pun lambat laun tidak lagi enggan untuk datang ke pasar karena adanya kamera pengintai terbaik yang banyak terpasang di berbagai sudut strategis.

6. Untuk Memaksimalkan Pengamanan yang Ada

Di setiap pasar tradisional biasanya terdapat petugas keamanan yang selalu memantau dan bersiaga apabila terjadi tindak kejahatan. Jika pasar tradisionalnya besar pasti akan membutuhkan petugas keamanan dalam jumlah banyak agar bisa menjaga pasar dengan maksimal. Semakin banyak petugas yang dikerahkan tentu berdampak pada banyaknya pengeluaran untuk keamanan pasar.

Untuk menyiasatinya serta memangkas anggaran pengeluaran untuk keamanan pasar, maka dipasanglah kamera CCTV di pasar untuk membantu memantau aktivitas di dalam pasar.

Dengan adanya kamera tersebut keamanan pasar pun dapat dimaksimalkan sehingga pengunjung merasa aman dan nyaman.

7. Menjaga Barang

Bukan hanya keamanan pengunjung saja, keamanan barang di pasar perlu di jaga. Tidak cukup dengan mengerahkan petugas keamanan, pemasangan kamera pengintai terbaik pun akan turut membantu.

Apabila terjadi pencurian barang di pasar, maka akan lebih mudah mengetahui dan melacak melalui rekaman CCTV.

Menjaga Keamanan Pasar Tradisional dengan CCTV ColorVu Terbaik dari Hikvision

kamera-cctv-untuk-menjaga-pasar

https://www.freepik.com/free-photo/home-security-camera_28740088.htm#query=CCTV&position=44&from_view=search&track=sph&uuid=7bb059dd-73df-4223-bffc-ae6402d5ac97

Keamanan dalam pasar tradisional tidak jarang menjadi pertimbangan bagi para pengunjung pasar. Pihak pemerintah pun pada akhirnya turun tangan dengan mulai memasang kamera pengintai untuk memantau aktivitas di dalam pasar.

Namun, tidak semua kamera pengintai terbaik yang mampu berfungsi dengan baik sesuai fitur serta mampu bertahan untuk jangka waktu yang lama. Hanya Hikvision ColorVu yang dapat memberikan rekaman terbaik yang terjadi di luar dan di dalam pasar. 

Pemasangan CCTV ini dapat juga menjadi investasi jangka panjang karena manfaatnya dapat didapatkan dalam waktu yang lama. Hikvision ColorVu memiliki beberapa keunggulan, salah satunya adalah  hasil rekaman CCTV dalam warna yang cerah, bahkan dalam kondisi minim cahaya sekalipun.

Alhasil akan lebih mudah untuk melihat detail dan jelas memudahkan dalam memanfaatkan hasil rekaman untuk melakukan pengawasan atau penyelidikan.

Kamera pengintai dari Hikvision dapat diandalkan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan di dalam pasar tradisional yang selama ini jadi momok menakutkan bagi para pengunjung. Untuk info lebih detail bisa cek informasinya di sini.

Guritno Adi
Guritno Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Mencegah Pencurian, Inilah Fungsi Kamera Pengintai di Pasar Tradisional"