Widget HTML #1

Cara Memulai Usaha dari Nol untuk Pemula

Menjalankan usaha jadi salah satu pilihan yang dilakukan banyak orang. Alasannya pun bermacam-macam, mulai dari mencari pengalaman, memenuhi kebutuhan sehari-hari, hingga mencapai tujuan finansial. Pertanyaannya adalah, bagaimana cara memulai usaha dari nol untuk pemula hingga sukses?

memulai-usaha-dari-nol

Lantas bagaimana cara untuk memulai usaha dari nol bagi pemula? Apabila kamu saat ini berencana untuk memulai usaha, namun bingung memulainya bagaimana, berikut cara memulai bisnis dari nol untuk pemula yang bisa kamu coba, yaitu:

1. Mencari Ide Bisnis

Langkah pertama yang perlu dilakukan tentunya mencari ide bisnis. Dalam proses ini, kamu bisa mempertimbangkan ide bisnis yang sedang ramai, dibutuhkan banyak orang, dan kamu punya kemampuan serta keterampilan di bidang itu.

Pertimbangan-pertimbangan seperti itu sangat perlu dilakukan. Karena bila salah satu menentukan ide bisnis, kamu akan sulit menjalaninya. Perhatikan juga soal modal dan keperluan lain yang harus disiapkan.

2. Melakukan Riset Market

Melakukan riset market akan membantu kamu mengenali target market, orang-orang yang berpotensi menjadi pelanggan dalam bisnismu. Misalnya kamu memilih usaha catering diet, maka target market adalah orang-orang yang sedang melakukan program diet, dan memerlukan asupan yang sesuai dengan kebutuhan makanan mereka.

3. Membuat Rencana Bisnis

Sebagai pebisnis pemula, kita perlu mempertimbangkan kelangsungan bisnis jangka panjang. Ini bisa dilakukan dengan membuat rencana bisnis secara sederhana. Kamu bisa menentukan visi-misi, tujuan yang ingin dicapai, keuangan hingga manajemen bisnis seperti pengelolaan produk dan promosi online.

4. Mengikuti Komunitas Bisnis

Bila kamu ingin terus berkembang dan mengikuti tren bisnis terkini, bergabung dengan komunitas bisnis bisa jadi pilihan terbaik. Kamu akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki tujuan sama, juga belajar dari mereka tentang mengelola bisnis dan melakukan promosi untuk tingkatkan penjualan.

5. Mulai dengan Modal Kecil

Salah satu kendala pebisnis pemula adalah keterbatasan modal. Tapi kamu bisa memulai bisnis dengan modal kecil terlebih dahulu. Bila sudah yakin dengan usaha tersebut, kamu bisa menambah modal dengan mengajukan pinjaman modal, yang nantinya bisa dibayarkan dari keuntungan yang didapat.

Kamu bisa mengajukan pinjaman kelompok mingguan dari Amartha untuk tambahan modal usaha. Program ini memungkinkan kamu mendapatkan pinjaman mulai dari 3 juta rupiah dengan lama pinjaman 50 minggu. Proses pengajuannya pun bisa dilakukan melalui handphone.

Pengajuan pinjaman bisa dilakukan tanpa agunan atau jaminan khusus. Namun tetap harus memiliki rencana usaha yang jelas dan penanggung jawab laki-laki dari keluarga inti sebagai penjamin mitra.

6. Manfaatkan Sosial Media

Hal yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah memaksimalkan sosial media. Selain rutin membuat konten secara berkala, kamu juga bisa mengandalkan fitur-fitur yang tersedia di platform media sosial yang digunakan, termasuk menjalankan iklan berbayar bila memang diperlukan untuk pertumbuhan bisnis.

Dengan memahami siapa target market bisnismu, kamu akan lebih mudah menjalankan iklan dan menyasar audiens yang tepat. Sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Sekarang apa yang masih menjadi keraguanmu untuk memulai usaha dari nol? Pembahasan cara memulai usaha dari nol untuk pemula ini, merupakan rangkuman tips yang bisa membantu usahamu berkembang dengan lebih cepat, dengan catatan bahwa kamu melakukannya dengan serius dan konsisten.

Sudah saatnya untuk bergerak dan membangun usaha yang sudah kamu rencanakan sejak lama. Setiap kendala pasti akan menemukan jalan keluar, tergantung bagaimana kita menghadapi tantangan tersebut, hingga akhirnya bisnis yang kita bangun bisa sukses dan bertahan lama.


Guritno Adi
Guritno Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Cara Memulai Usaha dari Nol untuk Pemula"