Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ketahui Cara Kredit Mobil Bekas yang Benar dan Legal!

Mobil bekas memang punya penggemarnya sendiri, selain karena harganya terjangkau, tak semua mobil bekas berada dalam kondisi buruk. Untuk membeli mobil bekas bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari tunai hingga kredit.

Membeli mobil bekas dengan cara kredit punya banyak kelebihan, misalnya promo uang muka yang ringan, cicilan bulanan terjangkau, serta tenor yang panjang. Kamu bisa memilih berbagi promo yang tersedia sesuai kebutuhan dan budget yang dimiliki.

cara kredit mobil bekas
cara kredit mobil bekas

Cara Melakukan Kredit Mobil Bekas

1. Pilih Merk dan Tipe Mobil

Langkah awal dalam kredit mobil bekas adalah memilih tipe dan merk terlebih dahulu. Harga mobil bekas tergantung dengan tipe, variasi model, dan kondisinya. Pertimbangkan sesuai kebutuhanmu dan berapa budget yang sudah kamu siapkan.

2. Tentukan Bank atau Leasing

Jika sudah menetapkan pilihan untuk mobil bekas, selanjutnya kamu bisa memilih bank atau leasing sebagai lembaga pembiaya. Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, bank atau leasing haruslah yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Ikuti proses survey yang dilakukan pihak bank atau leasing sesuai ketentuan.

3. Lakukan Survey Mobil

Kini setelah syarat sudah terpenuhi, pihak pemberi kredit akan melakukan survey pada mobil. Sebagai informasi, mobil tertua yang bisa dibeli secara kredit punya usia maksimal 10 tahun. Dengan melihat tipe dan umur mobil, nantinya tenor pembayaran akan ditetapkan.

 4. Ajukan Kredit ke Pihak Bank atau Leasing

Setelah kamu memilih mobil idaman dan mengajukan asuransi jika diperlukan, selanjutnya kamu bisa membawa berkas yang dibutuhkan ke bank atau leasing. Nantinya dokumen yang kamu bawa akan diproses dan proses kredit mobil bisa dilakukan.

Syarat untuk Mengajukan Kredit Mobil Bekas

Jika sebelumnya sudah diketahui mengenai cara kredit mobil bekas, ada baiknya kamu juga tahu apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk mengurusnya. Tiap bank atau leasing mungkin punya aturan yang berbeda, namun secara umum, berikut adalah syarat yang harus kamu penuhi.

  • Kartu identitas diri, bisa berupa kartu tanda penduduk, SIM atau passport. 
  • Dokumen kartu keluarga milik sendiri, slip gaji, serta bukti pajak bumi dan bangunan, pihak bank kadang juga meminta rekening listrik atau PDAM.
  • Bagi pengusaha, diharuskan memberikan kopian akta pendirian perusahaan, keterangan izin praktik untuk professional, serta tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir jika ada.
  • Terakhir, kamu juga harus menyiapkan nomor pokok wajib pajak milik sendiri.

Kalau kamu sudah menyelesaikan persyaratan, kamu bisa memilih promo atau paket kredit mobil yang disediakan. Kamu bisa pilih yang cicilan ringan dengan tenor panjang atau cicilan besar dengan tenor pembayaran yang lebih pendek.

Ingin melakukan kredit untuk membeli mobil bekas? Kamu bisa gunakan platform mobbi. Platform jual beli mobil ini akan membantumu mendapatkan mobil idaman secara transparan dan professional.

Guritno Adi
Guritno Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Ketahui Cara Kredit Mobil Bekas yang Benar dan Legal!"