Widget HTML #1

Tetap Aman Mengendarai Mobil Ketika Musim Hujan Tiba Dengan Beberapa Tips Ini

Beberapa hari ini sejak pagi hujan sudah turun di beberapa daerah yang bertepatan dengan banyak orang berangkat kerja ke kantor. Tentunya ada banyak orang yang sedang berada di kendaraan roda empat saat hujan turun sehingga membuat pengemudi harus lebih waspada lagi. Ketika hujan, maka jarak pandang pengemudi menjadi terbatas ditambah dengan kondisi jalanan yang basah tentunya membuat pengendara harus lebih fokus lagi. 

Dengan mengemudikan kendaraaan secara fokus tentunya akan membuat semua orang dalam mobil akan aman. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dipelajari saat mengendarai mobil agar tetap aman ketika sudah masuk musim hujan.

tips mengendarai mobil di musim hujan
tips mengendarai mobil di musim hujan

Kurangi Kecepatan

Jika dalam kondisi tidak hujan dan jalanan kering bisa melaju dengan kecepatan tertentu maka harus dikurangi saat hujan mulai membasahi jalan. Apalagi jika intensitas hujan deras sehingga air tergenang pada beberapa titik di jalan bisa membuat ban berisiko kempes. Selain itu, kemungkinan terjadi aquaplanning yang berdampak pada daya cengkeram ban menjadi tidak normal. 

Alasan lain harus mengurangi kecepatan ketika hujan karena jarak pandang akan terbatas. Dengan kecepatan yang ideal maka pengemudi juga bisa melihat area sekitar dengan baik tanpa gangguan. Perlu diketahui bahwa kecepatan ideal saat terjadi hujan ada di angka 50 sampai 60 kilometer per jam saja.

Jaga Jarak dengan Mobil Lain

Dengan terbatasnya jarak pandang maka pengemudi harus bisa menjaga jarak aman dengan mobil yang lain. Cara efektif untuk bisa menjaga jarak yaitu dengan menurunkan kecepatan kendaraan. Pastikan mobil memiliki ruang yang cukup untuk bisa berhenti jika terjadi kecelakaan pada mobil yang berada di depan. 

Jarak yang ideal dengan mobil yang ada di depan ketika hujan yaitu 50 sampai 60 meter. Jangan ragu juga untuk mengubah jarak dengan mobil lain jika diperlukan seperti adanya genangan atau karena ada kondisi jalan yang berubah.

Selalu Nyalakan Lampu

Dengan jarak pandang yang terbatas tentu setiap pengemudi akan terbantu dengan lampu mobil yang menyala untuk membantu pandangan. Jadi selalu disaankan ketika hujan maka semua mobil harus menyalakan lampu sehingga bisa meminimalisir terjadinya tabrakan atau kecelakaan. Selain lampu mobil, tentunya lampu sein yang ada di kedua sisi juga penting ketika ingin memutuskan untuk mendahului atau berpindah jalur di jalan.

Itulah beberapa tips penting naik mobil ketika hujan agar selalu aman sampai tujuan. Ketika hujan juga tentunya akan ada potensi kecelakaan seperti tabrakan antara dua mobil, apalagi setelah tabrakan membuat kondisi mobil jadi terganggu. 

Bahkan ada juga orang yang menjual mobil bekas tabrakan sehingga harus diwaspadai para pembeli. Agar tidak mendapatkan mobil bekas berkualitas tanpa pernah tabrakan atau kecelakaan maka bisa pilih di aplikasi mobbi. Di mobbi menjadi tempat jual beli mobil bekas anti tabrakan dan juga anti banjir sehingga mesin kendaraan juga dijamin dalam keadaan bagus, beli mobil di mobbi sekarang.

Guritno Adi
Guritno Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Tetap Aman Mengendarai Mobil Ketika Musim Hujan Tiba Dengan Beberapa Tips Ini"