Widget HTML #1

4 Cara Memilih Peluang Bisnis Terbaik

Tidak mudah atau bahkan mustahil untuk mendeskripsikan apa itu peluang bisnis terbaik mengingat hal ini berkaitan dengan banyak hal.

Seorang agen properti misalnya, tentu saja menganggap bisnis jual beli rumah maupun unit apartemen adalah yang terbaik karena terbukti mampu memberikan penghasilan yang besar baginya.

Sebaliknya, bisa saja orang-orang yang sukses di bidang bisnis makanan akan punya pendapat berbeda. Bagi mereka, bisnis terbaik adalah menjual makanan, sesuatu yang tentu dibutuhkan orang setiap waktu.

Meski sulit menemukan definisi absolut tapi bisa disepakai bahwa peluang usaha dan bisnis yang baik adalah yang mampu memberikan potensi keuntungan yang besar.

Daftar Isi:

Evolusi Dunia Bisnis

ide peluang bisnis
4 Cara Memilih Peluang Bisnis Terbaik

Bisa jadi sebuah peluang usaha yang terdengar legit saat ini kemudian lenyap dan usang di masa depan. Hal serupa berkali-kali terjadi pada banyak sekali bidang di masa lalu.

Misalkan agen perjalanan, dimana sekarang dengan keberadaan berbagai aplikasi yang bersifal nasional atau global orang sudah makin sedikit yang menggunakan jasa tersebut.

Padahal dahulu, agen perjalanan dan wisata adalah pilihan utama dalam mencari hotel, membeli tiket pesawat atau penyediaan akomodasi perjalanan. Sekarang orang bisa melakukannya sendiri dan tentu saja dengan biaya yang lebih murah dan waktu yang lebih singkat.

Empat Cara Memilih Peluang Bisnis 

Jadi jangan sampai salah dalam memilih bidang usaha, terlebih jika modal yang dimiliki tidak terlalu besar. 

Lalu bagaimaa cara memilih peluang bisnis maupun usaha yang tepat? Berikut ini ada 4 langkah yang bisa dipertimbangkan. 

Pelajari Sistem dan Pangsa Pasarnya

Banyak-banyaklah belajar dari kanal Youtube, website ataupun blog, misalkan situs Rita Elfianis yang rajin memberikan konten terkait Ide Peluang Bisnis yang terpercaya, yang mampu menjelaskan sebuah potensi usaha secara lengkap dan komprehensif, khususnya tentang besarnya pangsa pasar yang ada.

Sebuah bisnis yang baik adalah yang punya pembeli atau dibutuhkan masyarakat. Makin banyak orang yang membutuhkan, makin besar potensi untuk sukses.

Selain memastikan bahwa memang akan ada orang yang menjadi customer atau klien di bidang tersebut, hal lain yang harus menjadi perhatian pertama adalah mengenai sistem yang ada.

Misalkan ingin membuka usaha makanan dengan membeli lisensi atau franchise. Pastikan bahwa Anda benar-benar memahami sistem yang ada secara detail dan menyeluruh. Ini juga merupakan ujian untuk melihat sejauh mana Anda bisa menjadi seorang pengusaha yang cermat. 

Belajar dari Mentor 

Keberadan mentor atau coach juga akan sangat mendukung dalam memilih peluang bisnis dan usaha yang tepat. 

Benar, terkadang memang kita butuh orang-orang profesional yang mampu memberikan insight yang tepat agar tidak salah langkah.

Meski begitu, tetaplah diingat bahwa kendali berada di tangan Anda sebagai penentu keputusan. Konsultan, mentor maupun coach hanya sebagai pemberi saran semata. 

Belajar dari Pendahulu

Kodak, Nokia dan Blackberry gagal total bersaing dan mempertahankan kedudukannya. Kenapa? Karena gagal dalam berinovasi. 

Kegagalan pendahulu Anda bisa dijadikan pelajaran berharga untuk memulai dan mimilih peluang bisnis yang terbaik. 

Passion, Skill dan Modal

Hal keempat yang bisa menjadi panduan dalam memilih mana peluang bisnis yang paling cocok adalah 3 hal berikut: passion, skill dan modal.

Ketiganya bersifat unik dan kondisional, dimana satu orang dengan yang lain pasti berbeda. Mengetahui apa passion Anda juga bisa dijadikan salah satu pertimbangan dalam memilih bidang usaha. 

Pun demikian dengan skill. Bisa jadi Anda tidak suka berbisnis furniture, tetapi Anda memiliki keterampilan dan pengetahuan yang mumpuni tentang hal ini. Jadi, mengapa tidak dicoba?

Sedangkan yang terakhir adalah terkait modal. Tidak ada bisnis yang tidak disertai modal, sekecil apapun itu. Bahkan startup yang sekarang berjaya juga menyisihkan modal mereka untuk bakar uang demi bisa mendapatkan posisi mereka seperti sekarang. 

Kesimpulan: Jangan Takut Mencoba tapi Bijaklah dalam Memilih

panduan memilih ide bisnis
panduan memilih ide bisnis

Memilah dan memilih merupakan salah satu aktivitas yang tidak mudah. Namun keempat hal di atas bisa jadi pijakan berharga dalam memilih peluang bisnis yang paling tepat untuk Anda.

Pelajaran yang bisa dipetik dari ini semua adalah, tidak ada bisnis yang bersifat universal. Semua orang punya kondisi, pengetahuan, modal, dan passion yang berbeda. Apa yang cocok untuk Elon Musk belum tentu cocok untuk Anda. Begitupula sebaliknya. Semoga beruntung!

Guritno Adi
Guritno Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "4 Cara Memilih Peluang Bisnis Terbaik"