Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Syarat dan Kriteria Mendaftar Jadi Guru Penggerak

Ingin menjadi Guru Penggerak? Maka ketahui terlebih dahulu syarat dan kriteria, seperti yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. 

Kriteria terbagi menjadi dua jenis, yakni kriteria umum dan seleksi. Jika memang sudah memenuhi keduanya, maka silahkan mendaftar untuk mengikuti seleksi Program Guru Penggerak

syarat mengikuti Program Guru Penggerak
syarat mengikuti Program Guru Penggerak
Daftar Isi:

Berikut ini adalah syarat dan kriteria yang harus dipenuhi oleh calon Guru Penggerak yang ingin mengikuti Program Guru Penggerak sesusai dengan ketetapan dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Perguruan Tinggi: 

Kriteria Umum

  1. Guru ASN maupun NON ASN baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta, pada satuan pendidikan formal jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB yang memiliki SK Mengajar.
  2. Kepala sekolah yang belum memiliki Nomor Registrasi Kepala Sekolah (NRKS),berstatus definitif dari ASN maupun NON ASN baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta, pada satuan pendidikan formal jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB.
  3. Memiliki akun guru di Data Pokok Pendidikan (Dapodik);
  4. Memiliki kualifikasi pendidikan minimal S1/D4;
  5. Memiliki pengalaman mengajar minimal 5 (lima) tahun;
  6. Memiliki masa sisa mengajar tidak kurang dari 10 (sepuluh) tahun atau memiliki usia tidak lebih dari 50 tahun saat registrasi.

Kriteria Seleksi

  1. Menerapkan pembelajaran yang berpusat pada murid
  2. Memiliki kemampuan untuk fokus pada tujuan
  3. Memiliki kompetensi menggerakkan orang lain dan kelompok
  4. Memiliki daya juang (resilience) yang tinggi
  5. Memiliki kompetensi kepemimpinan dan bertindak mandiri
  6. Memiliki kemampuan untuk belajar hal baru, terbuka pada umpan balik, dan terus memperbaiki diri.
  7. Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan efektif dan memiliki pengalaman mengembangkan orang lain
  8. Memiliki kedewasaan emosi dan berperilaku sesuai kode etik

Lebih jauh lagi, sebelum mengikuti PGP, setiap calon peserta akan melaksanakan seleksi. Selain mengunggah data diri, calon peserta juga harus menuliskan esai serta menceritakan pengalaman dan prestasi yang pernah diraih. 

Guritno Adi
Guritno Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Syarat dan Kriteria Mendaftar Jadi Guru Penggerak"