Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CARA TEPAT BERPINDAH GIGI

Bagi beberapa orang, mobil manual dinilai lebih repot karena pengemudi harus bermain gigi dan menginjak pedal kopling saat berkendara. Namun sebenarnya mobil manual memiliki keunggulan yaitu akselerasi yang lebih baik ketimbang mobil matic. Hal ini dikarenakan saat mengendarai mobil manual, pengemudi bisa lebih leluasa mengatur kecepatan yang diinginkan. 


Faktor ini juga yang menjadi alasan banyak orang yang lebih memilih mengendarai mobil manual daripada mobil matic. Tapi sayangnya, masih banyak pengemudi mobil manual yang belum paham cara perpindahan gigi di mobil yang tepat agar tarikan mobil terasa halus. Padahal dengan teknik perpindahan gigi yang tepat, berkendara akan menjadi semakin nyaman. Simak tips di bawah ini untuk cari tahu cara berpindah gigi yang tepat. 


Oper Gigi Saat Berpindah Kecepatan


Saat kecepatan ingin menambah atau mengurangi kecepatan, lakukan perpindahan gigi di mobil! Pindahkan ke gigi lebih rendah saat kecepatan mobil menurun, misalnya saat melewati jalur menanjak begitupun sebaliknya. Gunakan gigi tinggi saat ingin menambah kecepatan, misalnya saat sedang berkendara di jalan tol yang sepi. Roda gigi akan menentukan jumlah daya yang tersedia dari mesin. Gigi paling rendah memiliki daya tarikan besar, namun potensi kecepatannya sangat kecil. Sementara gigi tertinggi tidak memiliki daya tarikan, namun bisa menggerakan mobil dalam kecepatan tinggi. 


Mainkan Pedal Rem & Gas Dengan Seimbang


Tentunya Anda sudah tahu, rem berfungsi untuk mengontrol laju kendaraan sedangkan gas untuk menggerakkan mobil dalam kecepatan tertentu. Perpindahan gigi membutuhkan keseimbangan dari pengemudi tentang kapan Ia harus menginjak pedal rem dan pedal gas. 

Saat ingin menambah kecepatan, Anda bisa pindah ke gigi lebih tinggi untuk kemudian menginjak gas lebih dalam lagi. Sementara saat ingin melakukan perpindahan ke gigi yang lebih rendah, Anda perlu menginjak rem terlebih dahulu. 


Ganti gigi pada saat torsi maksimum


Salah satu cara membuat konsumsi BBM yang efisien adalah pergantian gigi saat mesin mencapai torsi maksimum. Untuk mengetahui torsi maksimum pada mobil Anda, lihatlah data teknis mobil yang ada di buku manual. Biasanya angka tersebut akan tertulis dengan satuan feet/lbs, feet-pounds, atau Newton meter (Nm). Masing-masing mesin memiliki torsi maksimum yang berbeda. Biasanya, angka torsi (momen) selalu dikaitkan dengan angka putaran mesin (RPM). Jadi, misalnya jika pada buku manual tertulis adalah 200 Nm pada 3750 rpm, berarti torsi tertinggi mobil tersebut adalah 200 Nm dan terjadi saat mesin berputar sebanyak 3750 per menit. Pada RPM 3750 inilah saat yang tepat untuk Anda melakukan perpindahan gigi. 


3 Tips Agar Perpindahan Gigi di Mobil Terasa Lebih Halus


cara ganti gigi untuk mobil
cara ganti gigi untuk mobil

  1. Perhatikan kondisi jalan 

Sebelum mengganti gigi, pastikan jalan di sekeliling Anda sudah aman. Hindari mengganti gigi saat berada pada posisi yang mengharuskan untuk memegang kemudi dengan dua tangan, seperti di tengah jalan yang menikung. Pastikan sebelum melakukan perpindahan gigi di mobil Anda sudah dalam kondisi siap dengan jalanan yang aman, satu tangan di kemudi dan satu tangan pada tuas gigi atau tombol geser.


  1. Lepas pedal gas dan injak pedal kopling

Ketika ganti gigi, setelah menginjak kopling dan menggeser tuas ke posisi gigi yang diinginkan jangan langsung melepas pijakan pada pedal secara tiba-tiba. Lakukan dengan perlahan sambil kaki kanan Anda menginjak pedal gas sedikit demi sedikit. Lakukan ini dalam waktu yang hampir bersamaan agar perpindahan gigi terasa halus. 


  1. Pilih gigi dengan tangan kiri

Setelah pedas gas dilepas dan kamu sudah menginjak pedal kopling, saatnya untuk memilih gigi. Pilih gigi yang sesuai dengan kebutuhanmu menggunakan tangan kiri. Sambil melakukannya, pastikan tatapan matamu tetap tertuju ke depan. Jangan sampai kamu mengalihkan pandangan dan beralih melihat tuas persneling, karena ini berbahaya. 


Dengan mengetahui cara berpindah gigi yang benar, akan membuat berkendara jadi lebih nyaman dan tentunya menjaga komponen transmisi jadi lebih awet. Lakukan juga pengecekan komponen transmisi mobil Suzuki Anda secara berkala di bengkel resmi Suzuki terdekat di kota Anda. Klik www.suzuki.co.id/services untuk booking jadwal service Anda!


Adi
Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "CARA TEPAT BERPINDAH GIGI"