Widget HTML #1

Cara Mempelajari Bahasa Jawa dan Keuntungannya

Bahasa Jawa adalah salah satu bahasa daerah yang unik. Selain karena digunakan luas oleh masyarakat Jawa dimanapun mereka berada, baik di Pulau Jawa maupun di luar Pulau Jawa, bahasa ini juga punya banyak sekali elemen yang membuatnya terasa sangat indah.

Keuntungan Mempelajari Bahasa Jawa

keuntungan mempelajari Bahasa Jawa
keuntungan mempelajari Bahasa Jawa

Dalam Bahasa Jawa dikenal adanya tingkatan, yakni Bahasa Jawa Ngoko, Bahasa Jawa Madya dan Bahasa Jawa Krama.


Ketiga varian tersebut dibedakan berdasarkan tingkatan penggunaannya. Ketika berkomunikasi dengan teman sebaya, seseorang bisa menggunakan Bahasa Jawa Ngoko. Ketika berkomunikasi di acara yang lebih formal, maka sebaiknya menggunakan Bahasa Jawa Madya. Saat berkomunikasi dengan atasan atau orang yang dituakan, maka bahasa yang dipilih adalah Bahasa Jawa Krama.


Apakah di jaman digital yang sarat dengan globalisasi seperti sekarang ini mempelajari Bahasa Jawa masih menguntungkan? Jawabannya tentu saja masih.


Ada beberapa hal yang membuat Bahasa Jawa tetap layak untuk dipelajari. Beberapa alasan tersebut antara lain adalah : 


  1. Bahasa Jawa adalah bahasa dengan jumlah penutur yang sangat besar. Perlu diketahui, menukil dari Intisari, Bahasa Jawa adalah bahasa terbesar ke-11 di dunia dengan jumlah penutur mencapai 85 juta lebih. Dengan mempelajari Bahasa Jawa maka seseorang akan mudah berkomunikasi dengan para penutur bahasa ini.

  2. Bahasa Jawa tidak hanya digunakan di Jawa Tengah, Jawa Timur atau Yogyakarta saja. Di beberapa daerah seperti Sumatera Selatan, Lampung, Sumatera Barat, Sulawesi Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat dan lainnya yang merupakan basis transmigrasi, terdapat banyak juga penutur Bahasa Jawa. Luasnya penyebaran bahasa ini tentu memberikan keuntungan tersendiri jika seseorang mampu menguasainya. Selain itu orang Jawa sudah tersebar ke seluruh dunia, termasuk Belanda, negara-negara Timur Tengah, Malaysia, Amerika bagian Utara, Suriname dan Singapura. Bahkan menurut situs Catatan Adi, orang Jawa juga memiliki komunitas yang cukup besar di Kaledonia Baru, sebuah negeri di Pasifik selatan. 

  3. Masih banyak pekerjaan yang berkaitan dengan Bahasa Jawa, misalkan Pranatacara atau MC pernikahan dalam upacara pernikahan adat Jawa, Guru Bahasa Jawa dan peneliti di bidang kebahasaan Jawa. Ini akan membuka peluang dan keuntungan untuk mereka yang mempelajari bahasa ini.

Tentu masih banyak sekali keuntungan mempelajari Bahasa Jawa. Khusus di Indonesia, orang Jawa banyak menempati posisi penting, baik di pemerintahan, swasta maupun lembaga politik. Wikipedia mencatat bahwa suku Jawa adalah bagian terbesar di Indonesia. 


Apa artinya ini? Dengan mempelajari Bahasa Jawa maka orang akan lebih mudah mendekatkan diri dengan komunitas ini. Terlebih orang Jawa juga dikenal sebagai suku yang masih gemar menggunakan bahasa daerah mereka.


Cara Mempelajari Bahasa Jawa


cara belajar Bahasa Jawa
cara belajar Bahasa Jawa

Lantas bagaimana cara yang benar untuk mempelajari Bahasa Jawa? Sebenarnya sebagai sebuah bahasa, Jawa juga sama seperti Inggris, Indonesia, Mandarin atau bahasa-bahasa lainnya. Sehingga cara mempelajarinya juga hampir mirip. 


Berikut adalah beberapa cara untuk mempelajari Bahasa Jawa dengan baik : 

  • Sering berkumpul atau berada di tengah-tengah komunitas masyarakat yang menggunakan Bahasa Jawa. Hal ini merupakan cara terbaik karena akan terjadi absorbsi bahasa secara langsung. Selain itu mempelajari Bahasa Jawa langsung dari orang Jawa di masyarakat juga memiliki beberapa keuntungan seperti akan mudah melakukan praktek percakapan, mempelajari dialek atau kata khusus yang beredar di masyarakat dan juga mengetahui budaya orang Jawa.
  • Menggunakan kamus Bahasa Jawa juga merupakan ide yang baik. Kamus ini bisa ditemukan di banyak toko buku. Dengan kamus, maka seseorang akan lebih mudah untuk memahami kosakata yang ada. 
  • Berlangganan konten berbahasa Jawa, misal di Instagram, Youtube maupun membaca cerkak (cerita cekak, cerita pendek berbahasa Jawa) dari majalah-majalah Jawa seperti misalnya Penyebar Semangat

Guritno Adi
Guritno Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Cara Mempelajari Bahasa Jawa dan Keuntungannya"