Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Memilih Universitas Untuk Kuliah Jurusan Psikologi

Pendidikan memang dapat menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan seseorang. Tentunya semakin tinggi pendidikan yang diampu oleh seseorang, maka akan ada peluang kerja yang lebih terbuka luas. Saat ini setidaknya prodi psikologi memang masih menjadi salah satu prodi dengan nilai peminatan yang begitu tinggi.

Baik universitas negeri maupun universitas swasta juga sudah mulai merasakan adanya hal tersebut. Namun tentunya setiap universitas pastinya memiliki grade tersendiri. Nah dalam hal ini Anda sebagai calon mahasiswa psikologi juga harus mengerti tentang strategi memilih universitas untuk kuliah jurusan psikologi yang baik.

Cara Memilih Jurusan Kuliah Psikologi

Berikut ini adalah tips memilih universitas untuk kuliah jurusan psikologi yang dapat Anda pakai:

Tentukan kampus negeri atau swasta

Di Negara Indonesia sudah banyak sekali kampus bergengsi yang sudah berdiri sejak lama. Dalam hal ini Anda bisa mencoba untuk menentukan pemilihan jalur kampus negeri atau kampus swasta. Dalam segi kualitas sebenarnya setiap kampus memang mengedepankan kualitas yang diberikan.

Namun, jika dilihat dari segi biaya terjangkau, maka kampus negeri dapat menjadikan pilihan terbaik Anda. Namun tak menutup kemungkinan juga jika kampus swasta juga akan memberikan biaya yang lebih terjangkau. Hal ini dikarenakan adanya fasilitas beasiswa yang diberikan oleh kampus swasta.

Kampus Psikologi terbaik
Sumber : Unsplash


Adanya prodi yang dituju

Jika memang Anda sudah menentukan kampus pilihan. Maka hal berikutnya adalah mencari informasi terkait dengan prodi yang dituju. Dalam hal ini Anda harus memastikan jika prodi psikologi memang benar-benar ada di dalam kampus yang akan Anda gunakan.

Meskipun Anda bercita-cita ingin menjadi mahasiswa kampus tersebut. Namun jika memang tak ada prodi yang Anda inginkan. Maka mau tidak mau Anda harus berganti haluan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika semua kampus akan selalu memberikan kualitas terbaiknya kepada para mahasiswanya.

Ranking kampus

Ketika Anda sudah menentukan kampus yang sudah memiliki prodi psikologi. Maka mengetahui ranking atau peringkat kampus dari universitas dengan jurusan psikologi yang dituju. Apakah peringkat yang dimiliki kampus dan juga prodi tersebut memang masuk kedalam daftar kampus terbaik maupun prodi terbaik.

Tentunya jika memang kampus tersebut benar-benar memiliki peringkat terbaik, maka Anda juga akan diuntungkan dengan reputasi kampus tersebut setelah lulus.

Program beasiswa

Tak bisa dipungkiri jika biaya kuliah memang sedikit lebih besar dibandingkan sekolah dengan tingkat di bawahnya. Hal ini dikarenakan fasilitas dan berbagai hal pendukung di dalam kampus memang lebih besar dibandingkan jenjang sebelumnya.

Meskipun banyak orang yang memiliki mimpi untuk kuliah, namun tak semua sanggup menangani permasalahan biaya. Dalam hal ini sebenarnya banyak sekali alternatif yang dapat digunakan. Salah satunya adalah menggunakan jalur beasiswa.

Maka dari itu tak ada salahnya bagi Anda untuk mengetahui kampus yang dituju apakah memiliki jalur beasiswa atau fasilitas beasiswa kepada para mahasiswanya.

Lokasi kampus

Apakah ingin mengambil kampus yang dekat, atau ingin merantau? Jika memang Anda ingin hemat akan biaya, maka kampus dengan prodi psikologi dalam kota adalah pilihan terbaik.

Namun jika memang pilihan Anda jatuh pada kampus luar kota, maka Anda juga harus memikirkan biaya hidup seperti kost dan juga kebutuhan makan. Tentunya pertimbangan lokasi kampus memang perlu dilakukan dengan baik dan benar. Tak ada salahnya untuk berdiskusi dengan orang tua akan hal ini.

Sebab jika memang Anda masih bergantung akan biaya kuliah pada orang tua. Maka keputusan orang tua memang harus turut andil dalam poin ini.

Biaya yang dibutuhkan

Biaya kuliah dari setiap kampus yang ada di Negara Indonesia selalu berbeda-beda. Ada yang terbilang cukup terjangkau hingga dengan harga yang cukup tinggi. Meskipun saat ini sudah banyak sekali bantuan seperti beasiswa.

Namun tak semua orang bisa mendapatkan fasilitas tersebut. Maka dari itu perhitungan biaya yang dibutuhkan adalah hal yang perlu dilakukan. Terlebih jika Anda memutuskan menggunakan kampus luar kota. Maka penjelasan poin ini adalah pelengkap dari poin sebelumnya, yaitu Anda harus memperhitungkan biaya kuliah selama menjadi mahasiswa, biaya kehidupan seperti makan, kost jika memang Anda ingin berkuliah di luar kota, hingga biaya transportasi.

Dengan mengetahui biaya yang dibutuhkan. Maka Anda akan memiliki persiapan yang lebih ketika akan memasuki perkuliahan yang dilangsungkan.

Tidak ikut teman

Anda pasti sadar jika lingkungan mempengaruhi perjalanan hidup. Namun, sebaiknya keputusan yang Anda ambil merupakan keputusan pribadi. Meskipun teman Anda ingin memasuki prodi yang sama, namun Anda tetap harus memiliki pilihan kampus yang ditentukan oleh keputusan pribadi. Dengan begini Anda akan lebih nyaman dalam menjalankan proses belajar selama masa perkuliahan.

Beberapa penjelasan diatas merupakan tips memilih universitas untuk kuliah jurusan psikologi. Anda dapat menggunakan tips diatas agar kampus yang digunakan tidak salah pilih.

Adi
Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Universitas Untuk Kuliah Jurusan Psikologi"