Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tahapan Proses Sertifikasi ISO

Bagaimana Tahapan Dalam Sertifikasi ISO?

Bagi anda yang baru pertama kali akan menerapkan sistem manajemen ISO di organisasi perusahaan anda, maka perlu lebih dahulu mengetahui tahapan-tahapan dalam pelaksanaan untuk mendapatkan sertifikasi ISO. Untuk kemudahaan dalam mendapatkan sertifikat ISO anda bisa menghubungi konsultan ISO agar lebih mempercepat proses penerapan diperusahaan.

Pelaksanaan implementasi ISO dalam perusahaan melalui berbagai tahapan. Apa saja tahapan yang dilalui oleh perusahaan agar mendapatkan sertifikasi ISO?

Berikut adalah tahapan yang dilalui untuk mendapatkan sertifikasi ISO.

Melakukan Gap Analysis

Tahapan pertama dalam penerapan ISO di perusahaan adalah dengan melakukan analisis proses bisnis dan prosedur yang berlaku dan berjalan dalam suatu organisasi dengan persyaratan ISO. Konsultan ISO akan menentukan seberapa besar gap atau perbedaan antara proses operasi ataupun produksi perusahaan. 

Tahapan dalam ISO
Tahapan ISO


Melakukan pelatihan dan persiapan implementasi ISO

Tahapan ini dilakukan oleh konsultan ISO dengan mengajarkan bagaimana caranya memberikan pemahaman yang jelas kepada karyawan tentang persyaratan dan prosedur ISO. Di sini, pihak perusahaan dapat menanyakan apa saja terkait dengan implementasi ISO kepada konsultan.

Membuat dokumentasi dan pengembangan sistem di perusahaan

Tahapan ini konsultan ISO akan melakukan pembenahan pada perusahaan terkait dengan mutu, prosedur yang wajib, instruksi kerja, dan juga form-form yang harus dibuat. Perusahaan juga akan mendapatkan laporan dari konsultan jika terdapat masalah yang perlu ada nya perbaikan.

Implementasi sistem perusahaan sesuai dengan persyaratan di dalam ISO

Tahapan ini biasanya disebut “Kick Off” atau tahapan dimulainya implementasi ISO di perusahaan. Perusahaan sudah mulai melakukan implementai sistem yang sudah dibuat bersama konsultan ISO.

Proses internal audit dan tinjauan manajemen

Tahapan ini Konsultan ISO akan melakukan pemantauan ulang di perusahaan yang menerapkan persyaratan ISO. Penilaian atau audit internal ini akan dilakukan oleh internal perusahaan dengan terlebih dahulu mendapatkan training atau pelatihan cara melakukan audit internal dan tinjauan manajemen.

Sertifikasi pada perusahaan

Setelah Konsultan melakukan penilaian secara menyeluruh , maka perusahaan akan dinilai kesiapan sistem manajemen ISO oleh Lembaga Sertifikasi ISO yang terakreditasi untuk mendapatkan label kelayakan perusahaan untuk mendapatkan sertifikat ISO.

Demikian beberapa tahapan untuk mendapatkan sertifikat ISO. Anda bisa menghubungi Jumbo Consulting untuk memperoleh sertifikasi ISO di Indonesia.

Jumbo Consulting adalah lembaga Konsultan ISO terpercaya. Silahkan hubungi Jumbo Consulting di +62 81235792800 / email : triopamungkasjjbf@gmail.com / website : www.letstalkwith.us


Ditulis oleh : Trio Pamungkas.

Penulis adalah seorang konsultan bisnis dan sistem manajemen ISO/Mutu. Memiliki keahlian khususnya di bidang sistem manajemen, human resource dan accounting finance. Untuk layanan seputar bisnis dan konsultasi sistem manajemen ISO, silahkan hubungi triopamungkasjjbf@gmail.com

Adi
Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

Posting Komentar untuk "Tahapan Proses Sertifikasi ISO"