Tips Memaksimalkan Potensi Bisnis Online Anda

Semakin hari jumlah pengguna internet di Indonesia semakin meningkat. Tahun lalu saja, menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, jumlah warga yang aktif di dunia maya mencapai 171, 17 juta jiwa. Sungguh sebuah angka yang besar.

Apa artinya itu? Artinya bisnis Anda harus terintegrasi dengan internet. Jika tidak, maka bukan tidak mungkin nantinya Anda akan makin tertinggal oleh para kompetitor Anda.

Ya benar, Anda harus mulai serius menggarap digital marketing. Bisnis Anda harus terintegrasi dengan internet. Apalagi hasil penelitian dari Euromonitor mengungkapkan bahwa penjualan dan transaksi dari bisnis online di Indonesia sudah mencapai US$ 1.1 miliar.

Meningkatkan potensi bisnis dengan domain yang tepat


Transformasi Menuju Digital Marketing

Apa bisnis Anda? Apakah selama ini hanya mengandalkan transaksi fisik dan pemasaran yang konvensional? Maka Anda harus segerah berbenah. Tak peduli produk dan jasa yang Anda jual, Anda harus bertransformasi dan mulai menggunakan digital marketing berbasis internet.

Terlebih data dari Biro Pusat Statistik menyebutkan, pertumbuhan bisnis online di Indonesia sedang dalam trend yang tinggi, yakni selalu mengalami peningkatan lebih dari 17%.

Ini adalah kesempatan yang tak boleh Anda lewatkan. Segeralah manfaatkan digital marketing dan manfaatkan internet untuk mengembangkan bisnis secara online.

Lalu bagaimana cara memaksimalkan potensi bisnis online Anda? Dalam kesempatan kali ini, Esai Edukasi akan memberikan tips dan cara jitu agar profit bisnis yang Anda miliki dapat meningkat dengan sempurna.

Memilih Layanan Domain

Jika benar ingin serius membangun bisnis di era digital seperti sekarang ini, Anda harus memiliki web. Terlebih jikalau Anda punya visi untuk memiliki bisnis yang besar. Apa fungsi dari web tersebut?

1. Sebagai sarana memajang produk Anda secara digital.

2. Penghubung antara pemilik bisnis dan customer / calon customer.

3. Meningkatkan kepercayaan masyarakat pada bisnis Anda.

4. Tempat transaksi digital bagi customer yang ingin membeli produk Anda.

Hampir semua bisnis kini memiliki web. Anda bisa memilikinya dengan mudah, seperti menggunakan jasa seorang pembuat web atau membangunnya sendiri. Namun satu hal yang perlu Anda pikirkan masak-masak adalah .... domain.

Apa itu Domain?

Jika Anda belum memahami atau bahkan mendengar kata 'domain', jangan khawatir. Kami akan menjelaskan secara gamblang dan terperinci.

Domain adalah alamat yang akan memandu orang untuk menuju web atau situs Anda. Sebagai contoh, blog yang sedang Anda baca ini memiliki domain Esaiedukasi.com

Ada beberapa hal penting yang wajib diketahui dalam memilih sebuah domain. Apa saja itu?

Merepresentasikan Identitas Bisnis

Ini hal yang sangat penting yang harus Anda pertimbangkan. Domain untuk situs Anda haruslah mewakili identitas bisnis atau idealisme Anda. Hindari menggunakan nama domain yang aneh, kelihatan bagus namun tak ada hubungannya dengan produk, jasa atau sesuatu yang Anda tawarkan.

Sebagai contoh, Anda bisa langsung membeli nama domain yang sesuai dengan nama perusahaan atau usaha Anda. Tahu Kompas.com? Ya, itu adalah nama domain dari situs berita kompas. Atau facebook.com yang adalah alamat dari media sosial terbesar di dunia, Facebook?

Unik Namun Simpel

Tips selanjutnya adalah, jangan pilih nama domain yang terlampau panjang. DataGenetics.com menyarankan untuk tidak lebih dari 12 karakter. Ingat, shorter is better. Makin pendek makin bagus. Contoh : tirto.Id, ugm.ac.id, atau kpu.go.id. Esai Edukasi sendiri memiliki 11 karakter dalam nama domainnya, yakni esaiedukasi.com - blog pendidikan, parenting dan pengembangan diri.

Pilih Ekstensi Yang Tepat

Ekstensi adalah akhiran dari sebuah domain yang (seharusnya) menunjukkan bentuk bisnis / organisasi pemilik situs tersebut. 

Ada beberapa ekstensi yang cukup terkenal, antara lain : .com, .net, .web, .club, .org, .ac, dll. 

Lalu Dimana Saya Bisa Membeli Domain?


Ada banyak sekali jasa penyedia domain, baik dalam maupun luar negeri. Anda bisa memilih mana yang Anda mau. Beberapa tips yang bisa kami berikan untuk Anda adalah :

1. Pilih Penyedia Domain yang Terpercaya.

Sayangnya banyak penjual domain yang memiliki track record buruk. Mereka menjual domain dengan harga sangat murah namun pada akhirnya bermasalah, baik secara hukum maupun ketika ingin melakukan perpanjangan masa aktif domain.

2. Support Penuh

Ini juga hal yang penting. Pilih penyedia domain yang bersedia memberikan support dan bimbingan bagi Anda. Terlebih jika bisnis Anda cukup besar dan menjanjikan.

3. Harga Bersaing

Tentu sebagai pebisnis Anda paham bahwa sebuah jasa atau produk juga membutuhkan biaya. Namun pilihlah yang wajar dan kompetitif. Jangan tergiur dengan harga murah namun pelayanan buruk.

4. Layanan Lengkap

Tips lainnya adalah pilih penyedia domain yang memberikan layanan lengkap. Selain domain, beberapa penyedia domain juga memberikan layanan lainnya, seperti hosting dan email bisnis. 

Salah satu penyedia domain di Indonesia yang sudah terkenal baik dan terpercaya adalah rumahweb.com.

Selain menyediakan nama domain untuk bisnis Anda, rumahweb.com juga adalah penyedia hosting murah dan sudah terbukti berkualitas.

Kesimpulan

Indonesia telah memasuki era Industri 4.0 yang ditandai dengan makin tak terpisahkannya internet dengan kehidupan masyarakat. Pola pikir dan kebiasaan masyarakat Indonesiapun sudah sangat erat dengan dunia maya. Ini adalah kesempatan yang tak boleh Anda lewatkan.

Segeralah kembangkan bisnis Anda dan integrasikan dengan internet serta digital marketing. Pilih domain yang benar-benar merepresentasikan bisnis serta mampu tertanam kuat di benar calon kustomer Anda.

Semoga artikel sederhana ini bisa bermanfaat dan membantu memaksimalkan bisnis online yang Anda miliki.

Post a Comment

0 Comments