Blog Tentang Pendidikan Dan Pengembangan Diri

Breaking

06 August 2017

Give more, Get More

Insight: Artikel ini membahas mengenai salah satu kunci kesuksesan hidup. 
Walau sebenarnya remeh, tetapi tidak semua orang tahu akan rahasia ini. Lebih jauh dari itu, tidak semua orang mau melakukannya. Maka jika anda melakukannya, selamat, anda adalah calon orang sukses yang sesungguhnya.



Hal yang mendasar yang perlu diketahui adalah; hanya ada beberapa perbedaan ‘kecil’ antara orang sukses dengan orang biasa. Apa saja perbedaan tersebut? Jawabannya adalah kebiasaan dan sudut pandang. Mari kita lihat salah satu perbedaan diantara orang sukses dan orang biasa-biasa tersebut melalui ilustrasi berikut.

Suatu saat seorang pengusaha yang sudah tua dan berniat untuk pensiun, mengumpulkan semua orang anaknya. Ia lalu berkata bahwa semua perusahaannya akan diserahkan pada si bungsu. Anak lainnya serentak protes.

Kemudian si Ayah memanggil anak yang pertama lalu berkata, “Pergilah ke salah satu supplier kita dan katakan apa dia bisa memberikan jumlah barang dua kali lipat pada kita.” Si anak langsung berangkat. Tak berselang lama ia kembali, lalu berkata, “Supplier kita bisa memberikan apa yang kita minta ayah.” Sang ayahpun senang, lalu mengucapkan terima kasih karena si anak sulung karena sudah melakukan tugasnya dengan baik.

Tetapi kemudian ia memanggil anak-anaknya yang lain dan memberinya tugas yang hampir sama seperti si anak sulung. Mereka semuanya juga menunaikan tugas itu dengan baik dan jawaban mereka semua sama seperti si anak sulung. Si ayah puas, lalu tak lupa berterima kasih pada mereka.

Terakhir, giliran si anak bungsu yang dipanggil. Seperti sebelumnya, ia mendapat tugas yang sama dengan kakak-kakaknya. Ia lalu pergi dan kemudian kembali dengan jawaban atas tugasnya pada si ayah, “Supplier kita bisa memberikan apa yang kita minta ayah.” Kemudian ia melanjutkan, “Selain itu, jika kita meminta jumlah yang lebih banyak dan memberikan waktu yang lebih panjang, mereka bersedia memberi kita diskon 15%. Bahkan mereka bersedia untuk mengantarkan sendiri barang itu kepada kita tanpa tambahan biaya”. Sang pengusaha sepuh itu kemudian berkata pada semua anaknya yang lain, “Kalian lihat? Itulah alasannya”.

Give more!

Apa yang dilakukan oleh si anak bungsu dalam ilustrasi di atas sebenarnya sangat sepele. Namun dari yang sepele itu, ayahnya bisa menilai, bahwa dia memberikan lebih dari yang lain. Dia memberi lebih dari yang diminta.

Inilah kunci pertama yang harus didapatkan oleh mereka yang ingin sukses. Melakukan apa yang diminta memang baik, tetapi melakukan lebih dari yang diminta itu luar biasa. Itu adalah faktor pembeda yang membuat orang lain menggarisbawahi nama kita dan memberi kesan yang sangat positif.

Ini bukan hanya tentang berpikir lebih dari yang seharusnya. Ini tentang bertindak lebih maju dari yang lain. Inilah daya pembeda yang akan menaikan bargaining position kita.

Walau sebenarnya remeh, tetapi tidak semua orang tahu akan rahasia ini. Lebih jauh dari itu, tidak semua orang mau melakukannya. Maka jika anda melakukannya, selamat, anda adalah calon orang sukses yang sesungguhnya.

Ask more

Jangan pernah malu dan malas untuk bertanya. Never stop to ask. Maybe you are fool and stupid today, but later, you smarter than them. Mungkin kita akan jadi tertawaan dan terlihat sangat bodoh karena terus menerus bertanya. Tetapi esok, ketika kesuksesan sudah ada di genggaman kita, semua kebodohan itu akan disesali oleh mereka yang menertawakan kita.

Aktif bertanya adalah ciri mereka yang akan sukses. Walau begitu, harus diingat, dalam bertanyapun, ada perbedaan antara orang sukses dan orang gagal. Tujuan anda bertanya adalah untuk mendapatkan informasi yang relevan, bukan yang lain. Melenceng dari itu, akan membawa kita pada kegagalan akut dan hal-hal lainnya yang bertele-tele.

Menjelaskan dengan gamblang

Be clear. Itulah langkah selanjutnya. Info yang anda bawa sangat dinantikan oleh mereka yang membutuhkan.

Jangan sampai keberhasilan anda untuk mengambil inisiatif dan mendapatkan informasi lantas menjadi sia-sia karena kecerobohan dalam menyampaikannya. Hal yang diperlukan dalam kasus ini adalah keterampilan berkomunikasi. Tidak ada satupun buku yang bisa membuat anda terampil berkomunikasi kecuali anda melatihnya setiap saat.

Komunikasi adalah sebuah proses, bukan melulu teori. Anda perlu mempertajam skill yang satu ini setiap saat. Jadilah efektif dan efisien. Sampaikan informasi dengan jelas dan jangan biarkan ada misspersepsi.

Di abad 21 yang sangat ketat dan kompetitif ini, kemampuan berkomunikasi menjadi sangat penting. Siapapun anda, haruslah menguasainya, jika tidak ingin tersingkir. Terutama jika anda adalah salah satu dari mereka yang sedang menggebu ingin meraih kesuksesan.

Disukai kawan dan atasan

Ketika anda bersedia memberi lebih dari yang diminta, maka jangan heran anda akan begitu mendapat perhatian. Baik dari atasan maupun rekan-rekan anda, bahkan siapapun yang merasa begitu terbantu dengan anda. Anda akan menjadi sosok yang istimewa.

Kesediaan anda adalah modal utama. Sekali lagi, walau remeh, itu adalah daya pembeda. Mengapa? Karena tidak semua orang mengetahuinya, bahkan bagi yang tahu, tidak semua mau melakukannya. Anda adalah salah satu dari sedikit orang yang bersedia melakukannya dengan baik. Maka jangan kaget kalau orang-orang nantinya begitu mengandalkan anda. Dan secara otomatis, kinerja anda akan makin diperhatikan.

Meningkatkan konfidensi

Menjadi percaya diri adalah juga kunci dari kesuksesan. Tapi bagaimana langkah pertama untuk mendapatkan kepercayaan diri yang baik dan bukan sekedar nekat bercampur ngawur? Memiliki pemahaman yang benar, mempunyai informasi yang valid dan tahu akar permasalahan sebenarnya, sehingga kita punya alasan untuk bertindak.

Dalam ilustrasi sebelumnya, si anak bungsu sudah memiliki modal yang baik, yaitu inisiatif dan sifat aktif. Dia juga sudah mendapatkan senjata yang ampuh, yaitu informasi. Maka sudah sewajarnya ia begitu percaya diri menghadap sang ayah.

Demikianpun kita. Apa yang sudah kita bahas di atas, jika kita lakukan dengan benar, seharusnya mampu menerbangkan konfidensi kita. Konfidensi yang benar, yang berdiri di atas informasi yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan.

Menjaring relasi baru

Orang yang sukses tidak akan keberatan untuk membuka dirinya. Kesuksesan identik dengan pikiran yang terbuka, dinamis dan selalu ingin berteman dengan siapa saja. Karena pada dasarnya, kesuksesan kita datang dari orang lain.

Menjaring relasi baru tidak berarti kita harus menjadi lebay, penjilat dan memaksa diri untuk disukai semua orang. Cukup menjadi pribadi yang menyenangkan, maka orang akan dengan senang hati menerima kita. Karena pada dasarnya orang yang menyenangkan adalah seperti bunga bagi semua madu.

Setelah anda mendapatkan kepercayaan dari atasan dan teman anda, jangan berhenti. Pancarkan aura kesuksesan anda. Fokus untuk terus mempertahankan daya pembeda anda sekaligus tidak ragu untuk menjaring relasi baru. Layanilah semua orang tanpa pandang bulu dan biarlah semua teman di sekitar anda kagum dengan kinerja anda.

Be creative

Giving more is the first step, being clear is the next but being creative is the most important. Kreatifitas adalah jaminan bagi keberlanjutan diri anda di dunia yang makin gila persaingannya ini. Hanya orang yang kreatif yang bisa bertahan.

Kembangkan kreatifitas anda. Modifikasi setiap skill anda. Lampaui tantangan dalam diri anda.

Ketika anda sudah mampu memberi lebih dari yang diminta, maka sebenarnya anda adalah orang kreatif. Orang kreatif adalah mereka yang melakukan hal biasa dengan cara yang unik. Dengan cara yang berbeda.

Manfaatkan daya pembeda yang sudah anda miliki. Latih dan tajamkan terus. Jaring relasi sebanyak-banyaknya. Tapi jangan lupa untuk terus kreatif.

Giving more, knowing more

Dengan menjadi aktif dan memberi lebih dari yang diminta, anda sebenarnya sudah menjadi seorang expert. Seorang pro! Anda mengetahui suatu masalah secara lebih mendalam. Inilah ciri dari mereka yang sukses.

Maka jangan ragu untuk giving more, karena anda akan knowing more and getting more. Ketika nanti anda sudah be on the next level, maka pengetahuan yang anda miliki akan sangat membantu. Disamping skill leadership, maka informasi yang valid sekaligus mendalam adalah senjata anda selanjutnya.

Apa yang kita pelajari bersama hari ini? Menjadi sukses adalah dambaan semua orang. Sayangnya hanya sedikit yang menyadari bahwa perbedaan antara mereka yang sukses dan yang biasa-biasa saja (atau gagal) hanyalah hal-hal sederhana dan remeh.

Sebagian kecil dari hal kecil itu adalah:
  • Give more
  • Be active
  • Be clear
Semua hal remeh diatas sebenarnya sudah merupakan makanan sehari-hari bagi mereka yang gemar :
  • Selalu berfikir kreatif
  • Menjaring relasi baru
Apa keuntungan dari itu semua. Sangat banyak, antara lain:
  • Kita memiliki daya pembeda dari orang lain.
  • Kita akan mendapatkan kepercayaan dari orang-orang di sekitar kita.
  • Kinerja kita diakui
  • Kepercayaan diri kita bertambah
  • Kita mengetahui permasalahan secara lebih mendalam

Dan yang paling penting, kita semakin dekat dengan kata sukses. Be Active, Be Clear and always Give more!

Artikel ini adalah salah satu dari artikel yang ada di kolom Building Yourself. Temukan artikel lainnya yang inspiratif, membangun dan mencerahkan di kolom Pengembangan Diri. 

Anda juga bisa mendapatkan update artikel lainnya dari Esai Edukasi Dot Com dengan subscribe dan mengirimkan email anda. Semua update artikel akan otomatis terjadi di surel anda.

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, maka sebenarnya tulisan ini akan bisa menjadi lebih bermanfaat jika anda share kepada orang lain.

Konklusi: Untuk benar-benar bisa meraih apa yang kita inginkan, kita harus memberikan 101% kekuatan yang kita miliki. 

Dukung kami
Kami butuh dukungan anda. Jika merasa artikel ini bermanfaat, silahkan komen dan share ke media sosial anda.

Subscribe juga ke blog kami untuk mendapatkan update post dan info menarik lainnya. 

 

Rock You As Always

Adi.Fun.Learning
-Read, Change, Grow-


No comments:

Post a Comment